Tak Hanya Soal Gaji, 5 Hal Ini Mempengaruhi Kenyamanan Kerja Karyawan – Salah satu faktor yang membuat karyawan bertahan atau tidak bertahan di kantor adalah kenyamanan.

Bisa dipastikan bahwa karyawan yang berhasil dalam pekerjaannya, pasti merasa nyaman dengan pekerjaannya dan tempat kerjanya. Makanya, mereka dapat bekerja mencapai target yang diharapkan atau bahkan melebihi ekspektasi perusahaan.

Baca Juga: Selain Uang, Berikut 9 Contoh Reward untuk Karyawan Berprestasi

Karyawan yang nyaman pasti akan menunjukkan kinerja yang baik. Mereka mau menjalani proses dan akan menghadapi tantangan dengan penuh semangat. Perusahaan pun akan merasakan dampak positif karenanya.

Namun, rasa nyaman atau tidak nyaman memang rada subjektif. Salah satu yang mempengaruhinya ialah gaji yang layak, yakni besaran gaji yang sesuai dengan posisi dan kemampuannya.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama

Tak hanya itu, berikut beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi kenyamanan karyawan dalam bekerja.

Selain Gaji, 5 Hal Ini Pengaruhi Kenyamanan Kerja Karyawan

1Dihargai oleh Atasan

gambar: onehowto.com

Tidak ada karyawan yang mau diperlakukan dengan cara yang tidak baik. Sekalipun gajinya besar, mereka juga punya perasaan dan harga diri. Mereka ingin dipandang berarti oleh para pemimpin atau atasan di kantor.

Hargai keberadaan karyawan. Jangan cuma memerintah, tapi perlakukan mereka sebagai bagian dari tim kerja yang penting. Libatkan mereka dalam berdiskusi untuk memecahkan masalah penting.

Kemudian, jangan cuma mengkritik, tapi berikan juga apresiasi atas pencapaiannya. Hargai jerih payah mereka dalam menunaikan setiap tanggung jawabnya.

Baca Juga: Pemimpin yang Berkualitas di Tempat Kerja Memiliki 5 Hal Ini

2Teman Kerja yang Suportif

gambar: clickhowto.com

Mustahil jika tidak ada kompetisi di tempat kerja. Setiap karyawan biasanya ingin menjadi yang paling terbaik dari yang terbaik. Mereka ingin berprestasi dan menyenangkan atasannya.

Namun, bukan berarti setiap karyawan malah jadi saling menjatuhkan. Sebagai pemimpin, Anda harus dapat mengawasi hubungan kerja antar karyawan.

Pastikan mereka tetap belajar suportif, meski saling bersaing secara tidak langsung. Sebab setiap orang di kantor saling membutuhkan dan melengkapi. Hubungan kerja harus tetap sehat dan saling mendukung demi tercapainya tujuan bersama dalam perusahaan.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

3Fasilitas Kerja yang Memadai

Fasilitas kerja yang memadai mempengaruhi kenyamanan kerja karyawan. Setiap karyawan berhak mendapatkannya. Karena perusahaan tidak bisa hanya menuntut, tapi tidak memberikan dukungan berupa fasilitas yang layak.

Jadi, pastikan kebutuhan kerja karyawan tersedia. Misalnya, berikan fasilitas kendaraan atau uang transportasi untuk karyawan yang sering keluar kantor untuk bertemu klien. Sehingga karyawan merasa diperhatikan dan didukung untuk melakukan pekerjaannya.

Baca Juga: 7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Kerja Sama Tim yang Solid

4Ruang Kantor yang Rapi

Meja kerja menjadi tanggung jawab masing-masing. Setiap karyawan wajib memperhatikan kerapian meja kerjanya, supaya mereka dapat bekerja dengan nyaman dan tidak mengganggu meja kerja di sebelahnya.

Namun, ruangan kantor secara keseluruhan juga harus diperhatikan. Pastikan ada petugas yang selalu menjaga kebersihan, kerapian, dan keharuman ruangan.

Jika memungkinkan, ubahlah desain interior kantor Anda. Sebab tampilan kantor yang indah akan membuat mood karyawan menjadi lebih baik, sehingga mempengaruhi semangat kerjanya.

 Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

5Kesempatan untuk Berkembang

gambar: ramiro.hr

Karyawan akan bertambah nyaman jika perusahaan memberikan jenjang karier yang jelas. Karyawan tentu tidak akan betah jika kariernya stagnan dan tidak ada kesempatan berkembang.

Terutama bagi karyawan yang berprestasi, mereka sangat pantas mendapatkan promosi jabatan. Untuk itu, sebagai pemimpin, Anda harus bijaksana dalam memberdayakan setiap karyawan secara maksimal.

Baca Juga: Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini

Nah, itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan kerja karyawan. Perhatikan semua hal tersebut, sehingga karyawan Anda merasa diperhatikan. Jika mereka sudah merasa nyaman, maka bisa dipastikan mereka akan loyal dan berusaha melakukan yang terbaik untuk perusahaan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.