HomeManajemen BisnisKepemimpinanApa itu Public Relation? Ini Pengertian dan Tugasnya

Apa itu Public Relation? Ini Pengertian dan Tugasnya

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing dengan apa itu public relation atau PR. Apalagi profesi ini menjadi salah satu jenis pekerjaan favorit di era digital seperti sekarang. Public relation juga merupakan salah satu profesi yang memiliki masa depan yang menjanjikan dengan jenjang karir yang tinggi.

PR memang profesi yang sangat menarik. Namun, mungkin beberapa dari kamu masih belum memahami dengan baik pengertian sebenarnya dari PR. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai pengertian, tugas, dan manfaat public relation yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Public Relation (PR)?

Terdapat banyak sekali pengertian yang mendefinisikan apa itu public relation. Namun, menurut Coulsin-Thomas public relation adalah proses atau aktivitas interaksi untuk menjalin komunikasi antara perusahaan atau organisasi dengan pihak luar.

Peran Public Relation

PR juga memiliki pengertian sebagai proses yang dilakukan untuk menciptakan opini dan membangun citra yang baik bagi sebuah perusahaan. Meskipun terdengar sepele, pekerjaan ini sebenarnya cukup sulit. Membangun dan mempertahan citra yang positif sama sekali tidak mudah dan membutuhkan banyak usaha untuk mewujudkannya.

Public relation sendiri memiliki peran yang sangat signifikan bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Keberadaannya juga memberikan pengaruh atas keberlangsungan sebuah perusahaan. Perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat luas dengan kesan dan citra yang baik atau tidak, semua itu akan bergantung pada PR.

Umumnya sebuah perusahaan akan memiliki tim PR tersendiri. Tim akan dituntut untuk dapat menangani setiap krisis dan konflik yang terjadi dan mampu menjaga citra baik perusahaan di mata masyarakat. Public relation yang baik dan cakap adalah salah satu tonggak perusahaan untuk dapat mencapai kesuksesan.

Tugas Public Relation (PR)

Setelah mengetahui apa itu public relation, kamu juga perlu mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Pekerjaan populer ini memang menjanjikan dan menarik, namun tentu saja tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang PR juga sangat menantang. Berikut adalah ulasan tentang tugas public relation:

1. Menganalisis Media

Media memiliki peran penting bagi perusahaan. Karena dengan bekerja sama dengan media, perusahaan mampu dikenal oleh masyarakat. Biasanya perusahaan akan menggunakan media seperti koran dan televisi, namun seiring dengan teknologi yang terus berkembang tentu ini dapat berubah.

PR berperan untuk memilih jenis media yang akan digunakan, tergantung pada tujuan dan segmentasi berita. Karena itulah, PR harus dapat menganalisa karakteristik dari setiap media hingga dirinya mampu memilih media mana yang paling tepat untuk kepentingan perusahaan.

2. Menjadi Penanggung Jawab Perusahaan

Tugas public relation selanjutnya adalah menjadi penanggung jawab. Tanggung jawab di sini adalah peran PR sebagai seorang juru bicara dari perusahaan. Umumnya ketika perusahaan harus berbicara di depan umum dan menyampaikan pesan tertentu yang maju bukanlah para petinggi perusahaan, melainkan seorang PR.

Hal inilah di mana seorang PR akan menjadi cerminan dan perwakilan dari perusahaan yang tampak di depan masyarakat luas. PR dituntut untuk mampu menyampaikan pesan secara baik dan benar, tanpa merusak atau membahayakan citra perusahaan.

Umumnya peran PR ini juga akan sangat terlihat ketika sebuah bisnis atau perusahaan mengalami krisis. Kelangsungan sebuah bisnis dan pemulihan citra perusahaan ada di tangan seorang PR.

3. Merencanakan dan Membuat Publikasi

Tugas yang satu ini juga berhubungan dengan media atau pers. PR harus dapat merencanakan dan membuat publikasi yang isinya tergantung pada kepentingan perusahaan. 

Umumnya publikasi ini akan dilakukan ketika terjadi krisis atau masalah. Namun, tak jarang publikasi dilakukan ketika perusahaan melakukan launching produk baru dan sebagainya.

Public relation adalah yang bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan pers. Seorang PR juga wajib untuk membangun hubungan baik dengan pers. Tujuannya adalah untuk kepentingan citra perusahaan.

4. Mengelola Event dan Promosi

Banyak perusahaan menggabungkan peran seorang public relation dan marketing menjadi satu. Karena itu, tugas dan tanggung jawab perusahaan seringkali berhubungan dengan marketing

Umumnya PR akan memiliki tanggung jawab untuk mengelola sebuah event atau mengelola dan melakukan promosi. Namun, bentuk promosi di sini berbeda dengan bentuk promosi pada umumnya. PR biasanya akan melakukan press release dan company visit.

Manfaat Public Relation dalam Bisnis

Mungkin setelah mengetahui apa itu public relation serta tugas-tugasnya, kamu sudah memiliki gambaran tentang betapa pentingnya memiliki seorang PR bagi sebuah perusahaan. PR memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis, berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Reputasi dan Image Terjaga

Seperti yang sudah tercantum dalam pengertiannya, PR bertanggung jawab untuk menjaga citra baik sebuah bisnis atau perusahaan. Bisnis akan selalu menghadapi krisis, tidak ada satupun bisnis yang mampu terhindar dari krisis. Karena itu, salah satu cara perusahaan agar tetap bertahan adalah dengan memiliki PR.

Hal ini dapat terjadi karena PR akan menangani jika bisnis mengalami krisis. Adanya seorang PR akan membuat perusahaan dapat mempertahankan dan memulihkan citra atau image yang positif. Sehingga reputasi perusahaan akan tetap terjaga.

2. Tercipta Hubungan Baik dengan Stakeholder

Salah satu tugas penting dari public relation adalah menjalin hubungan baik tidak hanya dengan publik, namun dengan semua stakeholder. Stakeholder yang dimaksud adalah karyawan, pemegang saham, dan masyarakat.

Ketika perusahaan mampu memiliki hubungan baik dengan setiap stakeholder, semua itu adalah berkat kerja keras seorang PR. Koneksi bisnis juga akan semakin luas dengan adanya hubungan baik yang berkelanjutan yang akan sangat menguntungkan perusahaan.

3. Mendapatkan Dukungan Publik

Terakhir, adanya PR akan mendatangkan dukungan dari publik atau masyarakat luas. Karena PR mampu menjalin komunikasi timbal baik hingga image perusahaan juga akan semakin positif. Hal ini membuat publik memiliki kesan yang baik hingga terjadi upaya untuk saling mendukung.

Selain itu, PR profesional umumnya harus mampu mengidentifikasi kemungkinan terjadinya krisis. Agar perusahaan mampu menghindari krisis tersebut dan memilih kebijakan yang paling tepat untuk menyukseskan dan meningkatkan nilai perusahaan.

Karena itu, dengan memiliki seorang PR, perusahaan dapat menentukan kebijakan seperti apa yang akan memiliki peluang mendapatkan reaksi positif dari masyarakat yang paling besar. Hal inilah yang akan semakin membuat dukungan dan kepercayaan masyarakat pada perusahaan semakin kuat.

Sudah Memahami Apa itu Public Relation?

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu public relation beserta tugas dan manfaatnya. Kesimpulannya, public relation memiliki peran yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan citra positif bagi perusahaan. Karena perannya yang sangat signifikan itulah, seorang PR harus memiliki kecakapan yang memadai.

Menjadi seorang PR berarti harus memiliki wawasan luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, kemampuan untuk berpikir kreatif dan problem solving juga sangat penting kamu miliki. Penguasaan akan bahasa asing juga akan sangat membantumu berkarir menjadi seorang PR.

Bagaimana, apa kamu tertarik menjadi seorang PR?


Temukan inspirasi lainnya seputar manajemen bisnis, kepemimpinan dan keuangan hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Jenis-jenis Kewirausahaan Ini Sebelum Memulainya!

Memiliki bisnis memang impian hampir semua orang. Namun tahukah kamu bahwa ada jenis-jenis kewirausahaan yang penting untuk diketahui? Selain membutuhkan skill, jiwa pantang menyerah, dan...

Pentingkah Membuat Jurnal Penghapusan Piutang dalam Perusahaan?

Dalam menjalankan bisnis, ilmu akuntansi merupakan fundamental yang perlu kamu ketahui bahkan kuasai. Banyak aspek dari ilmu tersebut yang akan membantu kamu menjalankan bisnis...

Pentingnya Tujuan Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing telah menjadi strategi pemasaran yang terkenal di masa kini. Banyak perusahaan memanfaatkan keuntungan yang diberikan dan berlomba-lomba dengan kompetitor untuk menjangkau lebih...

Pengertian Inventaris dan Manfaatnya dalam Mengelola Bisnis

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis, termasuk ketika melakukan pendataan inventaris. Hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Kamu mungkin...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!