5 Ketakutan dalam Berbisnis yang Harus Dilawan Sebelum Bisnis Dimulai – Rasa takut sering kali membayangi saat seseorang berencana untuk terjun ke dunia bisnis.

Ketakutan dalam berwirausaha adalah hal yang normal. Namun, jangan jadikan itu sebagai halangan untuk maju. Karena justru saat dijalani, ketakutan sering kali hanya di dalam pikiran saja dan berbeda dengan kenyataan.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Risiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

Untuk itu, jangan biarkan kekhawatiran sampai berlebihan. Anda harus melawan setiap rasa khawatir yang membuat Anda cemas dan akhirnya tidak berani memulai usaha untuk pertama kali.

Singkirkan setiap hal negatif yang menghancurkan keberanian Anda. Nah, berikut beberapa ketakutan yang harus Anda kalahkan sebelum membuka usaha sendiri.

Baca Juga: Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik


5 Ketakutan dalam Berbisnis yang Harus Dikalahkan

1Kehabisan Uang

Modal usaha yang tak cukup menjadi salah satu kekhawatiran terbesar bagi pebisnis pemula. Memulai bisnis membutuhkan banyak uang dan biasanya menggunakan tabungan pebisnis.

Hal ini kerap membuat Anda khawatir apabila kehabisan dana saat usaha baru berjalan. Sementara Anda juga butuh uang untuk makan dan kebutuhan lainnya.

Jika Anda mendapatkan investasi pun, ketakutan terkadang masih menghantui. Anda jadi terbeban karena takut mengecewakan para investor yang telah banyak memberikan pendanaan.

Jika Anda terus merasakan ketakutan tersebut, maka Anda jadi tidak tenang dalam berbisnis. Ini tidak baik, karena seorang pebisnis harus yakin dengan model bisnisnya dan optimis bahwa bisnisnya memiliki prospek, sehingga tidak akan kehabisan uang.

Baca Juga: Investasi untuk Bisnis Itu Perlu, Terutama pada 3 Hal Berikut Ini

2Merasa Tidak Cukup Baik

gambar: framepool.com

Ketidakpercayaan diri dapat melemahkan semangat juang Anda. Jika Anda merasa tidak cukup baik, bagaimana orang lain akan percaya dengan bisnis Anda?

Biasanya, perasaan ini timbul karena Anda menganggap bisnis Anda tidak sempurna. Anda menuntut kesempurnaan, karena saking perfeksionis dan menginginkan produk yang terbaik dibandingkan kompetitor.

Ingat bahwa butuh proses untuk menjadi lebih baik. Bisnis Anda pasti punya kelemahan. Anda juga masih perlu banyak belajar agar bisa menjadi pebisnis yang lebih andal.

Seiring berjalannya waktu, pengalaman akan mengajarkan Anda banyak hal untuk memperbaiki diri sendiri dan juga bisnis Anda. Anda harus melewati proses dan tak bisa langsung menjadi yang terbaik sejak awal.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

3Ditipu Orang

gambar: theconversation.com

Memang susah untuk percaya sama orang lain. Ada banyak kasus pengusaha yang tertipu oleh rekan bisnis. Akibatnya, mereka kehilangan banyak uang dan harus menempuh jalur hukum yang rumit untuk menyelesaikan masalahnya.

Jika Anda merasa sulit mempercayai siapapun, maka cobalah untuk memulai bisnis sendirian. Namun, jika ingin menjalin kerja sama dengan orang lain, maka berhati-hatilah.

Saat bekerja sama, buatlah surat perjanjian secara tertulis sebagai bukti hitam di atas putih. Ini demi keamanan, meski belum menjamin 100 persen bahwa kerja sama akan berjalan dengan lancar.

Namun, itulah risiko sebagai pebisnis. Bisa dibilang, setiap orang yang sukses pernah dikhianati dan dirugikan orang lain. Akan tetapi, memiliki surat perjanjian dapat mengurangi risiko ditipu oleh rekan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

4Kewalahan Menangani Bisnis

gambar: universityhealthnews.com

Kehidupan wirausaha penuh tantangan, stres, dan kerja keras, membuat Anda mungkin ketakutan dalam berbisnis. Sebagai pemilik usaha, Anda akan bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses bisnis dan ini bisa membuat Anda kewalahan.

Anda mungkin khawatir jika Anda tak sanggup menanganinya dengan baik. Ya, pada saat-saat tertentu Anda pasti akan kewalahan. Namun, lama-lama Anda juga terbiasa. Jadi, jangan terlalu khawatir akan hal ini.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

5Bangkrut atau Gagal

foto: linkedin.com

Siapa yang tidak takut jika bisnis terus merugi dan akhirnya gagal atau bangkrut? Semua pebisnis juga merasakan ketakutan yang sama. Namun, Anda harus melawannya. Jangan sampai membuat Anda paranoid sebelum bisnis dimulai.

Ingat bahwa orang-orang sukses saat ini pernah mengalami kegagalan. Mereka jatuh berkali-kali, tapi kembali bangkit untuk terus mencoba dan akhirnya berhasil.

Jadi, Anda jangan takut bangkrut. Jika nanti Anda gagal, maka jadikan sebagai pelajaran berharga. Jangan biarkan kebangkrutan menghentikan Anda. Sebab pengalaman dapat mengajarkan Anda untuk tidak jatuh ke lubang yang sama.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan


Nah, itulah ketakutan dalam berbisnis yang harus Anda atasi sebelum bisnis dimulai. Jadi, lawan setiap pikiran dan perasaan negatif yang menghalangi Anda untuk maju. Jangan biarkan kekhawatiran apapun membuat niat Anda untuk berbisnis menjadi hilang.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here