HomeIde BisnisPemasaran Jasa: Pengertian, Karakter, Tujuan dan Strateginya

Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakter, Tujuan dan Strateginya

Pemasaran Jasa – Sebagai pelaku bisnis, penting untuk memahami tentang pemasaran. Tanpa pemahaman lebih lanjut maka proses untuk melakukan promosi akan lebih sulit nantinya. Karena berbeda produk berbeda pula cara pemasarannya. Kali ini kami akan membahas mengenai pengertian pemasaran jasa. Apa itu pemasaran jasa? Berikut pengertian, karakter, strategi beserta tujuannya. Simak ulasan di bawah ini, ya!


Pengertian Pemasaran Jasa 

Secara singkat, pemasaran jasa merupakan suatu proses untuk menawarkan produk berupa jasa kepada calon konsumen. Namun, agar lebih akurat lagi mari kita simak definisi pemasaran jasa menurut beberapa ahli.

  • Christopher Lovelock & Lauren K Wright

Pemasaran jasa didefinisikan oleh Christopher Lovelock & Lauren K Wright sebagai bentuk sistem dari pihak perusahaan dan pelanggan di mana terjadi sebuah kontak. Dalam hal ini kontak yang dimaksud adalah pengiklanan, penagihan dan juga hal lainnya pada saat pemasaran jasa.

  • Kotler

Pemasaran jasa bagi Kotler merupakan proses perencanaan atau pelaksanaan dari barang atau jasa. Porosesnya meliputi pemberian harga, promosi dan juga distribusi yang ditujukan agar dapat mengalami pertukaran pada kelompok konsumen atau organisasi tertentu.

  • Payne

Sedangkan menurut Payne, pemasaran jasa adalah sebuah kegiatan perekonomian di mana memiliki unsur tidak berwujud namun saling berkaitan. Misalnya ada interaksi dengan konsumen dan jasa tersebut dapat memberikan manfaat atau kepuasan.


Karakter Pemasaran Jasa

Menurut Kolter dan Armstrong, pemasaran jasa dibagi menjadi empat karakter. Diantaranya adalah:

  • Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa tidak memiliki wujud. Dalam artian jasa dapat dilihat, diraba, didengar maupun dicium sebelum adanya transaksi. Dengan kata lain manfaat dari jasa tersebut dapat dirasakan dengan kepuasan sebagai konsumen.

 

  • Tidak Terpisahkan (Inseparability)

Jasa tidak dapat dipisahkan antara penyedia jasa, konsumen dan juga jasa itu sendiri. Dalam hal ini akan terdapat interaksi pada saat proses transaksi dari membuat hingga menghasilkan dan menikmati jasa itu sendiri.

  • Bervariasi (Variability)

Jasa bersifat variatif dan bisa berubah. Semua ini tergantung kepada penyedia jasa, waktu dan juga tempat jasa itu dilakukan. Biasanya ketentuannya akan berubah sesuai dengan kepuasan konsumennya sendiri.

  •  Tidak Tahan Lama (Perishability)

Jasa merupakan hal yang tidak tahan lama dalam artian jasa ini tidak dapat disimpan untuk dipakai kembali. Namun, tidak masalah apabila permintaannya tetap. Apabila fluktuatif maka penyedia jasa dapat terkena masalah.


Tujuan Pemasaran Jasa

Tujuan pemasaran jasa dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu:


  1.   Commercial Services

Pada tujuan commercial services, jasa yang ada bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini jasa juga dapat memberikan keuntungan pada konsumen. Misalnya, jasa desain grafis atau jasa penulis lepas.


  1.   Non Profit Services

Pada jasa non profit services tujuan utamanya bukanlah meraih keuntungan, melainkan kepentingan sosial. Sebagai contoh, adanya musem yang bertujuan mengedukasi para konsumennya.


Strategi Pemasaran Jasa


  1.   Berikan Pelayanan Efisien

Pelayanan yang efisien sangat penting untuk para penyedia jasa. Tujuannya supaya konsumen puas dan akan menggunakan jasa itu kembali. Pastikan agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan tercepat untuk memudahkan konsumen.


  1.   Atasi Keluhan Konsumen dengan Baik

Bukan hanya memberikan pelayanan efisien, tapi penting juga sebagai penyedia jasa untuk terus mendengarkan keluhan konsumen bila ada dengan baik. Pastikan untuk selalu menyelesaikan permasalahan yang ada hingga tuntas agar dapat memberikan kesan baik pada konsumen.


  1.   Manfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran jasa dengan baik adalah hal yang tepat. Bagaimana tidak? Adanya teknologi justru dapat mempermudah baik penyedia jasa maupun konsumen dalam berinteraksi. Pastikan untuk selalu beradaptasi dan melibatkannya di setiap prosesmu.


  1.   Perhatikan Peran Karyawan

Untuk memberikan pelayanan yang tepat tentunya dimulai dari pelayanan yang baik, bukan? Oleh karena itu perhatikan bagaimana peran karyawanmu kepada konsumen. Pastikan performa mereka baik sehingga memuaskan bagi konsumen.


  1.   Tentukan Harga dengan Rasional

Bukan rahasia lagi jika harga terjangkau menjadi pertimbangan bagi para konsumen untuk memilih suatu jasa. Ya, mentapkan harga dengan rasional juga dapat membantu penyedia jasa untuk mempertahankan eksistensinya. Pastinya persaingan di pasar pun akan lebih mudah untuk dilalui.

Itulah pembahasan mengenai pemasaran jasa, lengkap dengan pengertian, karakter, tujuan dan juga strateginya. Apakah kamu mendapatkan inspirasi? Jika iya dan berniat untuk segera memulai bisnis pertamamu, KoinWorks siap hadir untuk membantumu. Lewat KoinBisnis kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha online dengan mudah.

Melalui satu aplikasi kamu dapat melakukan pinjaman hingga limit Rp 2 miliar dan juga bunga cicilan yang terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Prosesnya juga muda, cukup download aplikasi KoinWorks dan daftarkan bisnismu. Kamu akan langsung terintegrasi secara otomatis tanpa harus bertatap muka ke bank.


Temukan berbagai inspirasi tips memulai bisnis  dan ide bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!