Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konten Bisnis di Media Sosial Tepat Sasaran – Media sosial bisa menjadi sarana untuk mempromosikan dan memasarkan segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Media sosial dapat berperan besar untuk mengembangkan bisnis skala kecil maupun besar. Namun, bagaimana caranya agar dapat menjangkau pengguna media sosial yang menjadi target pasar Anda?

Tentunya, konten berperan penting dalam menjangkau audiens Anda. Namun, pemilihan media sosial yang tepat juga mendukung agar konten yang Anda bagikan dapat tepat sasaran dan menarik perhatian audiens yang sudah jadi incaran bisnis Anda. Ini berarti Anda tidak boleh asal membuat akun dan membagikan konten di media sosial.

Baca Juga: 4 Strategi Media Sosial untuk Meningkatkan Eksposur

Untuk itu, bagi Anda yang sangat bergantung pada penggunaan media sosial untuk kepentingan bisnis Anda, sudah sepatutnya Anda memperhatikan 3 tips berikut ini agar konten bisnis Anda bisa menjangkau target market yang lebih tepat sasaran.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

3 Tips Agar Konten Bisnis di Media Sosial Bisa Tepat Sasaran

1Kenali Demografi Setiap Media Sosial

Terdapat sejumlah media sosial populer yang memiliki banyak penggunanya, yakni Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, hingga YouTube. Anda harus mengenali demografi setiap media sosial tersebut agar Anda tahu siapa mayoritas penggunanya dan menyesuaikannya dengan target pasar Anda.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

Contohnya, Facebook adalah media sosial terpopuler yang umum digunakan oleh berbagai kalangan dan usia untuk membangun koneksi dengan keluarga dan teman. Sementara Instagram kebanyakan dipakai oleh anak muda dan LinkedIn adalah media sosialnya para profesional di dunia bisnis.

Anda bisa saja menggunakan semua jenis media sosial. Namun, jika hanya ingin fokus pada satu atau beberapa platform saja, maka lebih baik Anda cari tahu keunikan demografi pada setiap media sosial yang ada. Sehingga Anda tidak salah memilih media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis yang Efektif

2Sesuaikan Media Sosial dengan Jenis Bisnis

Tidak semua media sosial itu cocok untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda berbisnis online dengan menjual suatu produk atau menawarkan jasa, maka Anda bisa saja memanfaatkan platform apa saja. Namun, berbeda jika Anda fokus pada bisnis yang mementingkan konten video, maka YouTube adalah platform yang paling baik untuk Anda.

Baca Juga: 8 Strategi Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis

Lalu jika Anda mengutamakan konten fotografi, maka sangat cocok untuk menggunakan Instagram dan Pinterest. Sedangkan jika bisnis Anda berhubungan dengan konten editorial, maka lebih cocok menggunakan Twitter dan Facebook untuk membagikan tulisan atau link artikel bisnis Anda. Untuk itu, cari tahu keunggulan fitur setiap media sosial, dan kemudian Anda bisa tahu media yang mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

3Buatlah Konten yang Kreatif

Pastinya, kualitas konten itu yang paling penting. Sebelum mengunggahnya, perhatikan foto atau gambar, video, dan tulisan yang menjadi konten. Anda harus pandai membuat konten yang kreatif agar dapat menarik perhatian audiens yang menjadi target pasar Anda. Sesuaikan konten dengan kebutuhan audiens Anda agar mereka tetap merasa relevan dengan apa yang Anda bagikan.

Baca Juga: Ini 8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook

Perhatikan juga follower atau pengikut akun media sosial Anda. Berinteraksilah dengan mereka agar Anda memahami respons mereka terhadap konten yang telah Anda bagikan. Terima masukan dari mereka, karena dapat menjadi acuan Anda untuk membuat konten-konten kreatif lainnya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.