Cara Iklan di Tokopedia dengan Mudah agar Promosi Lebih Efektif!

217
Agar promosi lebih tertarget, kamu mungkin perlu mengetahui cara iklan di Tokopedia. Melalui iklan yang terpasang dengan benar, promosi produk di Tokopedia tentu jadi lebih efisien. Selain itu, iklan juga akan membuat jangkauan pasar dari produk yang kamu jual tersebut semakin luas. Fitur iklan di Tokopedia sendiri menggunakan tools TopAds. Melalui TopAds, kamu bisa mengelola merchant, toko, serta mengelola iklan dan promosi produk agar target audiens memiliki jangkauan yang luas. Lantas, bagaimana cara pasang iklan di Tokopedia? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk lebih jelasnya! Cara Iklan di Tokopedia Langsung saja, ini dia cara efektif iklan di Tokopedia, agar promosi produk jadi lebih efektif. Simak penjelasan lengkapnya berikut: 1. Login di Situs Tokopedia Seller Source: seller.tokopedia.com Langkah pertama untuk dapat memasang periklanan di situs belanja online ini, yaitu dengan mengunjungi situs resmi TopAds di Tokopedia Seller. Setelah itu, silahkan login dengan akun Tokopedia. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu telah memiliki akun Tokopedia agar dapat masuk ke situs ini. 2. Masuk ke Menu Iklan dan Promosi Source: seller.tokopedia.com Langkah dan cara pasang iklan di Tokopedia kedua, yaitu dengan cara masuk ke fitur iklan dan promosi. Dalam fitur ini, kamu dapat membuat serta mengelola iklan dengan sangat mudah dan praktis. Kemudian, setelah masuk ke fitur iklan dan promosi, silahkan pilih fitur TopAds untuk mulai mengaktifkan iklan tersebut. Namun, sebelum memasang periklanan, pastikan terlebih dahulu kamu telah mempunyai saldo di Tokopedia atau saldo m-banking guna keperluan pembayaran iklan yang akan kamu pasang tersebut. Selain itu, dalam fitur iklan dan promosi ini kamu juga bisa mengelola fitur lain. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah: Mengaktifkan flash sale untuk promosi toko bulanan, serta promosi produk tertentu dengan persentase diskon sesuai ketentuan toko. Menargetkan produk rilisan spesial untuk nantinya tampil di etalase toko sebagai produk andalan dan produk terlaris. Broadcast Chat, untuk promosi ke para konsumen melalui fitur chat otomatis. Facebook CPAS, untuk mengaitkan akun Tokopedia Seller milikmu ke platform media sosial Facebook. Sehingga promosi dan iklan bisa menjangkau audiens yang lebih luas. 3. Pilih Produk yang ingin Diiklankan Source: seller.tokopedia.com Cara iklan di Tokopedia selanjutnya, mulai masuk ke inti proses pembuatan iklan. Pertama, silahkan buat nama iklan produk atau iklan toko yang akan kamu jadikan sebagai target utama periklanan tersebut. Setelah itu, silahkan kelola iklan tersebut, dengan mengisi beberapa rekomendasi produk yang ingin kamu promosikan dalam bentuk iklan. Sebagai informasi tambahan, maksimal jumlah produk yang dapat dipromosikan melalui fitur iklan ini maksimalnya adalah 10 produk. Namun, kamu bisa saja mengisinya dengan 3 atau 4 produk menyesuaikan dengan budget dan juga jenis produk apa saja yang ingin kamu promosikan. 4. Kelola Iklan dan Promosi Produk Source: seller.tokopedia.com Selanjutnya, cara efektif iklan di Tokopedia adalah dengan mengelola iklan tersebut, lalu memberikannya promosi yang menarik. Pada tahapan ini, silahkan kamu isi pesan promosi produk yang berfungsi sebagai kalimat copywriting. Di mana kalimat ini nantinya akan tampil sebagai thumbnail iklan. Selain itu, jika kamu bingung memilih kalimat promosi apa yang sekiranya efektif untuk menarik minat konsumen. Tokopedia juga menyediakan template kalimat promosi yang bisa kamu gunakan untuk thumbnail iklan tersebut. Pastikan kamu memasukan kalimat promosi yang menarik agar meningkatkan minat konsumen. 5. Masukkan Kata Kunci Iklan Produk Source: seller.tokopedia.com Cara iklan di Tokopedia selanjutnya yaitu dengan menginput kata kunci iklan dan produk. Pada tahapan ini, pastikan kamu telah meriset kata kunci yang sesuai dengan jenis produk yang ingin kamu iklankan tersebut. Selain itu, kata kunci iklan ini berfungsi agar promosi produk tampil di urutan teratas pencarian. Jadi, ketika konsumen memasukan kata kunci saat hendak mencari suatu produk iklan kamu akan muncul. Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kemeja. Maka, kata kunci yang bisa kamu masukan dalam iklan produk adalah “kemeja pria”, “kemeja pria murah”, dan lain sebagainya. 6. Atur Biaya, dan Pengaturan Iklan Source: seller.tokopedia.com Setelah memasukan kata kunci, langkah selanjutnya adalah mengatur biaya iklan. Agar dapat mengetahui persentase biaya iklan yang akan kamu keluarkan, Tokopedia menyediakan layanan berlangganan iklan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Namun, besaran biaya iklan ini juga menentukan seberapa sering iklan tersebut akan tampil di pencarian kata kunci produk oleh konsumen. Biaya tersebut berkisar mulai dari Rp100.000,00 sampai dengan Rp500.000,00 per paket iklan. Selain itu, tersedia juga pilihan paket pembayaran per sekali iklan tayang. Kemudian, atur juga pengaturan iklan. Pengaturan iklan ini berisi jadwal iklan tersebut tampil, baik itu dalam pencarian, maupun dalam homepage konsumen. Kamu juga dapat mengatur anggaran harian untuk membatasi biaya iklan. Namun, jika kamu memilih anggaran harian tidak dibatasi, iklan tersebut tentu akan terus tampil dan membutuhkan budget lebih banyak untuk optimasinya. Oleh karena itu, pastikan kamu mengoptimalkan anggaran harian iklan agar budget dapat diminimalisir, namun iklan tetap tayang secara optimal. Manfaat Pasang Iklan di Tokopedia Setelah mengetahui cara iklan di Tokopedia, kamu juga wajib tau apa saja keuntungan dan manfaat iklan di platform marketplace satu ini. Simak penjelasannya berikut ini: 1. Promosi jadi Lebih Optimal Manfaat pertama dari pemasangan iklan Tokopedia adalah mengoptimalkan promosi jadi lebih tertarget, dan menjangkau banyak konsumen. Melalui iklan, produk yang kamu jual akan tampil dalam pencarian kata kunci produk, rekomendasi produk, dan homepage Tokopedia. Tentu, hal ini sangat bermanfaat agar produk tersebut dapat terlihat lebih sering oleh konsumen. Sehingga promosi jadi lebih optimal. 2. Jangkauan Audiens Lebih Luas Jika kamu mengetahui cara efektif iklan di Tokopedia, iklan tersebut akan mampu menjangkau audiens lebih luas dari target pasar aslinya. Mengapa demikian? Iklan yang tampil sebagai rekomendasi produk dan homepage, berpotensi dilihat oleh audiens secara umum. Meskipun audiens tersebut bukan masuk ke golongan target pasar dari produk kamu. 3. Meningkatkan Omset, dan Target Penjualan Bagi para pebisnis online, target dan omset penjualan adalah goals penting yang harus tercapai agar toko dapat terus beroperasi. Melalui iklan, produk memiliki potensi penjualan yang tinggi. Karena sifat iklan yang berfungsi sebagai media efektif untuk promosi produk. Tentunya, hal ini akan berdampak positif bagi omset dan target penjualan. Apalagi jika kamu berhasil mengelola iklan dengan kata kunci dan struktur yang tepat sasaran. Sudah Paham Cara Pasang Iklan di Tokopedia? Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang cara iklan di Tokopedia, beserta manfaat utamanya. Intinya, iklan merupakan sebuah media promosi yang memiliki tingkat efektivitas tinggi. Oleh karena itu, jika ingin sukses dalam dunia e-commerce, pastikan kamu punya skill untuk mengelola periklanan secara optimal.

Agar promosi lebih tertarget, kamu mungkin perlu mengetahui cara iklan di Tokopedia. Melalui iklan yang terpasang dengan benar, promosi produk di Tokopedia tentu jadi lebih efisien. Selain itu, iklan juga akan membuat jangkauan pasar dari produk yang kamu jual tersebut semakin luas.

Fitur iklan di Tokopedia sendiri menggunakan tools TopAds. Melalui TopAds, kamu bisa mengelola merchant, toko, serta mengelola iklan dan promosi produk agar target audiens memiliki jangkauan yang luas. Lantas, bagaimana cara pasang iklan di Tokopedia? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk lebih jelasnya!

Cara Iklan di Tokopedia 

Langsung saja, ini dia cara efektif iklan di Tokopedia, agar promosi produk jadi lebih efektif. Simak penjelasan lengkapnya berikut:

1. Login di Situs Tokopedia Seller

Login di Situs Tokopedia Seller

Langkah pertama untuk dapat memasang periklanan di situs belanja online ini, yaitu dengan mengunjungi situs resmi TopAds di Tokopedia Seller. Setelah itu, silahkan login dengan akun Tokopedia. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu telah memiliki akun Tokopedia agar dapat masuk ke situs ini.

2. Masuk ke Menu Iklan dan Promosi

Menu Iklan dan Promosi

Langkah dan cara pasang iklan di Tokopedia kedua, yaitu dengan cara masuk ke fitur iklan dan promosi. Dalam fitur ini, kamu dapat membuat serta mengelola iklan dengan sangat mudah dan praktis. 

Kemudian, setelah masuk ke fitur iklan dan promosi, silahkan pilih fitur TopAds untuk mulai mengaktifkan iklan tersebut. Namun, sebelum memasang periklanan, pastikan terlebih dahulu kamu telah mempunyai saldo di Tokopedia atau saldo m-banking guna keperluan pembayaran iklan yang akan kamu pasang tersebut.

Selain itu, dalam fitur iklan dan promosi ini kamu juga bisa mengelola fitur lain. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah:

  • Mengaktifkan flash sale untuk promosi toko bulanan, serta promosi produk tertentu dengan persentase diskon sesuai ketentuan toko.
  • Menargetkan produk rilisan spesial untuk nantinya tampil di etalase toko sebagai produk andalan dan produk terlaris.
  • Broadcast Chat, untuk promosi ke para konsumen melalui fitur chat otomatis.
  • Facebook CPAS, untuk mengaitkan akun Tokopedia Seller milikmu ke platform media sosial Facebook. Sehingga promosi dan iklan bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Pilih Produk yang ingin Diiklankan

Pilih Produk yang ingin Diiklankan

Cara iklan di Tokopedia selanjutnya, mulai masuk ke inti proses pembuatan iklan. Pertama, silahkan buat nama iklan produk atau iklan toko yang akan kamu jadikan sebagai target utama periklanan tersebut.

Setelah itu, silahkan kelola iklan tersebut, dengan mengisi beberapa rekomendasi produk yang ingin kamu promosikan dalam bentuk iklan. Sebagai informasi tambahan, maksimal jumlah produk yang dapat dipromosikan melalui fitur iklan ini maksimalnya adalah 10 produk. 

Namun, kamu bisa saja mengisinya dengan 3 atau 4 produk menyesuaikan dengan budget dan juga jenis produk apa saja yang ingin kamu promosikan.

4.  Kelola Iklan dan Promosi Produk

Kelola Iklan dan Promosi Produk

Selanjutnya, cara efektif iklan di Tokopedia adalah dengan mengelola iklan tersebut, lalu memberikannya promosi yang menarik. Pada tahapan ini, silahkan kamu isi pesan promosi produk yang berfungsi sebagai kalimat copywriting. Di mana kalimat ini nantinya akan tampil sebagai thumbnail iklan. 

Selain itu, jika kamu bingung memilih kalimat promosi apa yang sekiranya efektif untuk menarik minat konsumen. Tokopedia juga menyediakan template kalimat promosi yang bisa kamu gunakan untuk thumbnail iklan tersebut. Pastikan kamu memasukan kalimat promosi yang menarik agar meningkatkan minat konsumen.

5. Masukkan Kata Kunci Iklan Produk

Masukkan Kata Kunci Iklan Produk

Cara iklan di Tokopedia selanjutnya yaitu dengan menginput kata kunci iklan dan produk. Pada tahapan ini, pastikan kamu telah meriset kata kunci yang sesuai dengan jenis produk yang ingin kamu iklankan tersebut. 

Selain itu, kata kunci iklan ini berfungsi agar promosi produk tampil di urutan teratas pencarian. Jadi, ketika konsumen memasukan kata kunci saat hendak mencari suatu produk iklan kamu akan muncul.

Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kemeja. Maka, kata kunci yang bisa kamu masukan dalam iklan produk adalah “kemeja pria”, “kemeja pria murah”, dan lain sebagainya. 

6. Atur Biaya, dan Pengaturan Iklan

Atur Biaya, dan Pengaturan Iklan

Setelah memasukan kata kunci, langkah selanjutnya adalah mengatur biaya iklan. Agar dapat mengetahui persentase biaya iklan yang akan kamu keluarkan, Tokopedia menyediakan layanan berlangganan iklan sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

Namun, besaran biaya iklan ini juga menentukan seberapa sering iklan tersebut akan tampil di pencarian kata kunci produk oleh konsumen. Biaya tersebut berkisar mulai dari Rp100.000,00 sampai dengan Rp500.000,00 per paket iklan. Selain itu, tersedia juga pilihan paket pembayaran per sekali iklan tayang.

Kemudian, atur juga pengaturan iklan. Pengaturan iklan ini berisi jadwal iklan tersebut tampil, baik itu dalam pencarian, maupun dalam homepage konsumen. Kamu juga dapat mengatur anggaran harian untuk membatasi biaya iklan.

Namun, jika kamu memilih anggaran harian tidak dibatasi, iklan tersebut tentu akan terus tampil dan membutuhkan budget lebih banyak untuk optimasinya. Oleh karena itu, pastikan kamu mengoptimalkan anggaran harian iklan agar budget dapat diminimalisir, namun iklan tetap tayang secara optimal.

Baca Juga: Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!

Manfaat Pasang Iklan di Tokopedia

Setelah mengetahui cara iklan di Tokopedia, kamu juga wajib tau apa saja keuntungan dan manfaat iklan di platform marketplace satu ini. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Promosi jadi Lebih Optimal

Manfaat pertama dari pemasangan iklan Tokopedia adalah mengoptimalkan promosi jadi lebih tertarget, dan menjangkau banyak konsumen. 

Melalui iklan, produk yang kamu jual akan tampil dalam pencarian kata kunci produk, rekomendasi produk, dan homepage Tokopedia. Tentu, hal ini sangat bermanfaat agar produk tersebut dapat terlihat lebih sering oleh konsumen. Sehingga promosi jadi lebih optimal.

2. Jangkauan Audiens Lebih Luas

Jika kamu mengetahui cara efektif iklan di Tokopedia, iklan tersebut akan mampu menjangkau audiens lebih luas dari target pasar aslinya. 

Mengapa demikian? Iklan yang tampil sebagai rekomendasi produk dan homepage, berpotensi dilihat oleh audiens secara umum. Meskipun audiens tersebut bukan masuk ke golongan target pasar dari produk kamu.

3. Meningkatkan Omset, dan Target Penjualan

Bagi para pebisnis online, target dan omset penjualan adalah goals penting yang harus tercapai agar toko dapat terus beroperasi. Melalui iklan, produk memiliki potensi penjualan yang tinggi. Karena sifat iklan yang berfungsi sebagai media efektif untuk  promosi produk.

Tentunya, hal ini akan berdampak positif bagi omset dan target penjualan. Apalagi jika kamu berhasil mengelola iklan dengan kata kunci dan struktur yang tepat sasaran.

Baca Juga: Cara Membuat Diskon di Tokopedia untuk Menarik Minat Konsumen!

Sudah Paham Cara Pasang Iklan di Tokopedia?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang cara iklan di Tokopedia, beserta manfaat utamanya. Intinya, iklan merupakan sebuah media promosi yang memiliki tingkat efektivitas tinggi. Oleh karena itu, jika ingin sukses dalam dunia e-commerce, pastikan kamu punya skill untuk mengelola periklanan secara optimal.