7 Tips Bijak Memakai Uang Pribadi Agar Anda Bisa Kaya – Ada banyak cara untuk mengumpulkan banyak uang. Tapi menjadi kaya bukan hal yang instan.

Meski penghasilan bulanan dari bisnis Anda sudah besar, belum tentu Anda bisa menjadi orang yang kaya raya. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millenial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Ingat, mengumpulkan harta yang berlimpah tidak bisa dalam waktu cepat, kecuali Anda berasal dari keluarga miliarder. Jika Anda terlahir dari keluarga biasa, maka Anda harus bekerja keras dan bijaksana dalam mengelola finansial.

Oleh sebab itu, perhatikan pemakaian uang Anda dengan tepat. Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan agar Anda lebih bijaksana dalam menggunakan uang.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Banyak Anak Muda Gagal Saat Berbisnis


7 Tips Memakai Uang Pribadi dengan Tepat

1Jangan Boros di Awal Bulan

gambar: smart-money.co

Orang cenderung berfoya-foya saat memegang banyak uang di awal bulan. Kebiasaan pemakaian uang yang tidak bijak dan bisa membuat Anda boros sekali.

Namun, pastikan pemakaian uang diatur dan dikontrol sejak awal bulan. Jangan mudah tergoda untuk menghamburkan duit karena merasa sedang memiliki banyak uang.

Baca Juga: Alasan Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak

2Ambil Uang di ATM Seperlunya

Kartu debit membuat Anda bisa dengan mudah mengambil uang di mesin ATM bank kapanpun dan di manapun. Namun, penarikan uang tunai jangan berlebihan.

Sebaiknya, Anda mengambil uang dengan jumlah seperlunya. Belajar menahan hasrat untuk tidak menarik duit dalam jumlah banyak, tapi sesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, jika biaya hidup Anda selama seminggu hanya satu juta, maka tariklah uang satu juta rupiah saja setiap minggu. Jangan menarik lebih banyak untuk menghindari pemakaian uang yang tidak diperlukan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

3Buat Prioritas Pengeluaran

Belanja harus sesuai kebutuhan bukan keinginan. Buatlah prioritas pengeluaran bulanan Anda dan membagi jatah uang Anda untuk hal-hal yang penting.

Ini akan membantu Anda dalam mengendalikan diri saat tergoda untuk membeli barang yang bukan kebutuhan utama, meski barangnya sedang diskon besar-besaran. Sehingga Anda lebih berpikir dua kali sebelum berbelanja.

Baca Juga: Selain Uang, Berikut 9 Contoh Reward untuk Karyawan Berprestasi

4Catat Pengeluaran Harian

gambar: indonesiaexpat.biz

Catatlah pengeluaran harian Anda secara konsisten. Memang agak merepotkan, tapi berguna untuk mengontrol Anda saat memakai uang pribadi Anda.

Sehingga Anda akan ingat uang Anda habis untuk apa saja. Nantinya, catatan ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk menilai sejauh mana Anda telah berhemat.

Baca Juga: Rahasia Kebahagiaan Hidup Pengusaha Terletak pada 5 Hal Ini

5Jangan Nafsu Membeli Barang Mewah

Keinginan untuk membeli barang mewah yang bermerek pasti ada. Anda boleh saja membeli barang yang harganya sangat mahal. Namun, perhitungkan kondisi keuangan Anda baik-baik.

Sebaiknya, hindari pembelian barang mewah dengan menggunakan tabungan Anda. Apalagi sampai memaksakan diri dengan membelinya secara kredit demi memamerkan gaya hidup semata.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan!

6Miliki Asuransi

Anda tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Lebih baik Anda berjaga-jaga dengan menyiapkan suatu hal yang dapat meminimalisir risiko keuangan, seperti jika Anda sakit atau kecelakaan.

Untuk itu, Anda perlu memiliki asuransi yang dapat menanggung biaya kesehatan saat Anda berobat. Pilihlah asuransi dengan pelayanan terbaik dan memberikan Anda berbagai manfaat.

Baca Juga: 7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula

7Lakukan Investasi

Melakukan investasi tidak harus setelah kaya. Ada banyak jenis investasi dengan modal kecil yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Jika dana terbatas, Anda bisa mulai berinvestasi reksadana atau saham. Sekecil apapun investasi, nantinya juga akan membuat nilainya bertambah. Yang pasti, Anda harus cermat saat memilih dan mengelola investasi tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Jaman Now dalam Memulai Bisnis


Nah, itulah tips memakai uang pribadi dengan tepat. Ingat, menjadi orang kaya tidak bisa secara instan. Jadi, pastikan Anda terus mengontrol keuangan secara bijaksana setiap hari, hingga akhirnya tabungan Anda menjadi berlimpah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.