5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang –¬†Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengisi waktu luangnya.

Coba perhatikan kebiasaan Anda sendiri. Apa yang biasa Anda lakukan ketika sedang luang, entah itu di malam hari setelah pulang bekerja atau di akhir pekan saat tidak bekerja?

Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang

Jika selama ini Anda memanfaatkan waktu senggang Anda hanya dengan bersantai atau bersenang-senang, mungkin Anda perlu mengubahnya. Cobalah memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan.

Hanya dengan beberapa jam saja, Anda bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Asalkan, Anda mau menggunakan waktu senggang Anda untuk menjalankan usaha atau pekerjaan sampingan.

Baca Juga: 3 Langkah Agar Anda Bisa Menjadi Orang Kaya 

Nah, berikut beberapa cara menghasilkan uang di waktu luang.


5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang

1Kerja Freelance

Daripada bingung mau melakukan apa, mendingan Anda menjadi freelancer. Anda bisa menentukan sendiri waktu kerjanya dan bisa menjalankan pekerjaan Anda dari rumah.

Jika Anda pandai menulis, Anda bisa coba menjadi penulis lepas di majalah atau website. Jika Anda ingin menjadi desainer lepas, Anda pun bisa melakukannya.

Coba saja kunjungi situs lowongan kerja untuk menemukan pekerjaan freelance apapun yang sesuai dengan keahlian Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website Khusus untuk Mencari Freelancer

2Kerja Part-time

gambar: lukihermanto.com

Waktu luang tanpa kegiatan yang berarti bisa membuat jenuh. Mengambil pekerjaan part-time atau paruh waktu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyibukkan diri daripada hanya berdiam di rumah.

Anda bisa mencoba kerja part-time, misalnya di Wedding Organizer. Biasanya, Anda hanya akan bekerja saat ada acara pernikahan saja di akhir pekan.

Selain itu, ada banyak pekerjaan part-time lainnya yang bisa dicoba. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, serta tidak bentrok dengan pekerjaan utama Anda.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha dan Kerja Sampingan Malam Hari yang Menjanjikan

3Membuka Usaha Sampingan

Lebih baik Anda memanfaatkan waktu luang untuk menjalankan usaha sampingan agar hidup Anda semakin produktif. Misalnya, membuka kedai kopi malam hari setelah Anda pulang bekerja.

Jika jam kerja Anda di kantor dari jam 8 pagi sampai 5 sore, maka Anda bisa memulai usaha Anda sekitar jam 7 malam sampai 11 malam.

Walau cuma 4 jam beroperasi, usaha kedai kopi Anda bisa saja menghasilkan. Apalagi jika tempat usaha berada di lokasi strategis dan kopi Anda rasanya nikmat, maka pasti akan ada pelanggannya.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sambilan untuk Karyawan yang Tak Ganggu Pekerjaan

4Mengelola Toko Online

gambar: herugan.com

Online shop atau toko online adalah jenis bisnis yang cukup fleksibel. Anda tidak harus online setiap saat, tapi Anda bisa mengelolanya kapan saja Anda sempat.

Anda bisa memulai bisnis online ini dengan menjadi reseller, memanfaatkan media sosial maupun platform marketplace untuk memasarkan produk jualan Anda.

Saat ada waktu luang, gunakan itu untuk melakukan promosi, meng-update media sosial, membalas chat dari calon pembeli, mengurus dan juga mengirimkan pesanan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Reseller Online yang Sukses Bagi Pebisnis Pemula

5Menjadi Influencer

Internet sekarang ini sudah sangat berkembang. Mudah sekali orang menjadi selebgram, youtuber, dan selebriti media sosial lainnya. Siapapun berkesempatan menjadi influencer digital yang berpengaruh.

Dengan menjadi seorang influencer, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Misalnya, mendapatkan bayaran dengan me-review produk atau melakukan endorsement. Menarik, bukan?

Maka dari itu, cobalah berkarya dengan menulis di blog, membuat konten video di youtube, memposting gambar di Instagram, dan sebagainya. Manfaatkan platform yang ada untuk menyebarkan karya Anda.

Baca Juga: 7 Cara Menjalin Relasi dengan Orang Lain di Lingkungan Bisnis


Nah, itulah cara-cara memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan uang. Jadikan waktu luang Anda sebagai waktu yang produktif. Sehingga waktu Anda tidak ada yang terbuang percuma, tapi Anda bahkan memperoleh penghasilan yang berguna untuk masa depan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.