Mengenal Sejarah Hari Pelanggan Nasional Tanggal 4 September – Belum semua orang tahu bahwa setiap tanggal 4 September, Indonesia merayakan Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas.

Harpelnas memang bukan hari libur nasional, tetapi sudah diresmikan sejak tahun 2003 oleh Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri dan diperingati setiap tahun hingga saat ini.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa informasi menarik seputar Harpelnas berikut ini.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda


4 Fakta Menarik Tentang Hari Pelanggan Nasional

1Dicetuskan oleh Handi Irawan

handi irawan pencetus hari pelanggan nasional
gambar: handiirawan.com

Handi Irawan D adalah orang yang menggagas Harpelnas di tahun 2003. Beliau adalah pengusaha asal Solo dan pakar pemasaran di Frontier Consulting Group yang dirintisnya sejak tahun 1997.

Saat itu banyak pihak yang mendukung idenya agar Harpelnas dapat menjadi momentum bagi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan menghargai pelanggan.

Hingga akhirnya, Presiden Megawati kemudian meresmikan tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional di Indonesia.

Baca Juga: 4 Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

2Harpelnas adalah Milik Nasional

logo hari pelanggan nasional harpelnas
gambar: Senyum Pelanggan Indonesia (Logo Harpelnas)

Walau digagas oleh Handi Irawan, Harpelnas bukanlah milik Handi ataupun perusahaannya Frontier. Namun, Harpelnas adalah milik nasional.

Makanya, banyak perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ikut merayakan Harpelnas ini setiap tahunnya.

Baca Juga: Perlu Tahu! Ini Pengaruh Diskon, Promosi, dan Sampel Gratis Terhadap Perilaku Pembeli

3Makna Harpelnas Bagi Perusahaan

hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
gambar: automile.com

Melayani pelanggan adalah kewajiban setiap perusahaan, tapi belum semua perusahaan dapat memahami pelanggan dan mewujudkan pelayanan yang terbaik.

Maka dari itu, Harpelnas dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dan pelaku bisnis dalam memuaskan para pelanggannya dengan memberikan pelayanan yang berkualitas.

Jadi begitulah makna yang ingin diperingati dengan adanya Harpelnas pada tanggal 4 September di Indonesia.

Baca Juga: 6 Langkah Mengatasi Keluhan Konsumen Agar Konsumen Puas Setelah Kecewa

4Wujud Apresiasi Perusahaan kepada Pelanggan

Pada tanggal 7 September, ada banyak bentuk promosi menarik yang diadakan sejumlah perusahaan dari berbagai bidang usaha. Karyawan hingga jajaran direksi pun ikut turun melayani pelanggan.

Harpelnas ini memang benar-benar dirayakan spesial oleh banyak pengusaha untuk mengapresiasi pelanggan. Pelanggan pun menjadi senang karena mereka mendapatkan perlakuan istimewa saat berbelanja.

Baca Juga: 7 Cara Menjalin Relasi dengan Orang Lain di Lingkungan Bisnis


Nah, itulah sejumlah fakta menarik mengenai Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September.

Bagi para pebisnis, jadikan momen Harpelnas ini untuk membangkitkan semangat Anda dalam melayani dan meningkatkan kepuasan pelanggan setia Anda.

Sedangkan bagi pelanggan, ada banyak diskon menarik di Harpelnas yang jangan sampai terlewatkan. Jadi, manfaatkan hari spesial ini untuk berbelanja berbagai kebutuhan Anda.

Selamat Hari Pelanggan Nasional untuk kita semua!