7 Tips Memilih Lokasi Meeting di Luar KantorMeeting dengan klien mungkin bisa jadi rutinitas sehari-hari di dunia kerja. Bagi seorang pebisnis, lokasi meeting pun dinilai penting karena bisa berdampak pada suasana diskusi dengan klien itu sendiri.

Baca juga: 4 Zodiak Kurang Beruntung di Tahun 2018, Semoga Bukan Anda Salah Satunya…

Kebanyakan, diskusi memang dilakukan di kantor karena sudah ada ruang meeting sendiri dan pastinya fasilitasnya lebih lengkap.

Namun, bila Anda bosan terus-terusan meeting dengan klien di kantor yang suasananya begitu-begitu saja, ini dia 7 tips memilih lokasi meeting di luar kantor.

7 Tips Memilih Lokasi Meeting di Luar Kantor

1Fasilitas lengkap

Fasilitas menjadi hal penting yang perlu dipikirkan. Pilihlah lokasi meeting yang memiliki koneksi Wi-Fi cepat dan lancar sehingga Anda bisa berselancar di internet dengan mudah.

Baca juga: Jangan Panik, Ikuti 7 Tips Ini agar Meeting dengan Klien Tak Berakhir Sia-sia

Selain itu, pilihlah juga yang lahan parkirnya luas. Anggaplah klien Anda membawa kendaraan pribadi, jadi mereka bisa memarkirkan kendaraannya dengan mudah.

Tidak ada salahnya juga memilih lokasi meeting yang memiliki layanan parkir valet. Siapa tahu klien Anda membutuhkannya.


2Akses mudah dijangkau

Tentukan lokasi meeting yang aksesnya mudah dijangkau, misalnya dekat dengan stasiun kereta atau halte TransJakarta. Atau, pilih saja yang berada di tengah kota. Dengan demikian, baik Anda maupun klien dapat menjangkau lokasi meeting dengan mudah.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

Pastikan juga transportasi menuju tempat tersebut mudah dicapai. Hindari memilih lokasi meeting yang jalannya sempit atau masuk gang kecil karena bisa menyulitkan.


3Kapasitas ruangan

Sebelum meeting, Anda perlu tahu Anda akan bertemu dengan berapa orang. Pilihlah ruangan yang tidak terlalu sempit, meski Anda hanya akan berbicara empat mata dengan klien.

Jika Anda akan meeting dengan banyak orang, alangkah baiknya untuk booking tempat terlebih dahulu sebelum meeting, supaya Anda kebagian tempat.

Baca juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Anda Hindari

Di sisi lain, perhatikan juga suasana ruangan. Pilihlah yang tidak terlalu bising supaya Anda dan klien bisa berdiskusi dengan lebih fokus.


4Pilih tempat yang bersih dan nyaman

Lokasi meeting yang bersih mampu memengaruhi kenyamanan diskusi dengan klien. Selain itu, pastikan pula makanan dan minuman yang disuguhkan terjamin kebersihannya.

Baca juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

Saat meeting, Anda pun perlu tahu apakah klien Anda menyukai asap rokok atau tidak. Jika tidak, berbincanglah di tempat yang bebas asap rokok. Sebaliknya, jika Anda dan klien ingin berdiskusi sambil merokok, smoking area bisa jadi pilihan.


5Pilihan menu

Pilihan menu juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih lokasi meeting. Jangan sampai, makanan dan minuman yang dijual ternyata tidak bisa menjadi pendamping ngobrol yang asyik.

Jika Anda ingin meeting santai, pilihlah kedai kopi yang menyajikan beragam jenis kopi nikmat.


6Sesuaikan dengan budget

Biasanya, meeting memang menggunakan dana perusahaan. Karenanya, Anda harus menyesuaikan dengan biaya yang sudah diatur.

Baca juga: Bisnis Gagal? Simpan 5 Pepatah Bijak Tionghoa yang Bikin Anda Semangat Lagi!

Bijaksanalah saat menggunakan dana perusahaan supaya uang tersebut tidak terbuang percuma. Pilihlah lokasi meeting yang sesuai dengan budget perusahaan dan ketahui batas anggaran yang bisa Anda dikeluarkan per meeting-nya.


7Pilih lokasi yang sering dijadikan tempat meeting

Jika bingung ingin meeting di mana, pilihlah lokasi yang banyak diincar untuk dijadikan tempat meeting. Anda perlu memerhatikan kredibilitas dan pastikan Anda mendapatkan pelayanan yang maksimal. Jika tidak, Anda sendirilah yang akan kecewa.