8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda di Kantor – Apa saja yang Anda lakukan selama bekerja 8 jam di kantor? Jika masih banyak pekerjaan yang belum selesai, maka bisa jadi Anda belum produktif.

Apapun pekerjaan Anda, maksimalkan waktu kerja dengan baik. Jangan sampai ada tugas yang harus dan bisa selesai hari ini, tapi ternyata baru bisa beres di hari berikutnya.

Baca Juga: Pemimpin yang Berkualitas di Tempat Kerja Memiliki 5 Hal Ini

Sebanyak apapun tanggung jawab Anda, Anda bisa kok menjaga keproduktifan saat bekerja. Jadilah contoh bagi bawahan Anda dengan lebih produktif dalam beraktivitas.

Untuk itu, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk membantu Anda jadi semakin produktif saat berada di kantor.

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Seorang Jenius Ini Agar Anda Lebih Sukses

8 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

1Fokus, Jangan Multitasking

Melakukan multitasking atau beberapa tugas dalam waktu bersamaan, tampaknya bisa jadi solusi untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Seperti membalas email klien sambil membuat slide presentasi.

Padahal, fokus adalah kunci utama agar lebih produktif. Dalam produktivitas, kualitas yang paling penting bukan kuantitas. Sedangkan multitasking itu meningkatkan kuantitas, tapi mengurangi intensitas. Sehingga lebih baik Anda fokus mengerjakan tugas Anda satu per satu untuk hasil yang terbaik.

Baca Juga: Karyawan Anda Malas Bekerja? Ini 7 Cara Menghadapinya

2Hindari Sikap Terlalu Perfeksionis

Orang yang perfeksionis terlalu mengharapkan kesempurnaan dan ini dapat menghambat produktivitas. Sikap yang terlalu perfeksionis membuat Anda jadi lama memulai pekerjaan.

Saat Anda mengerjakan tugas pun, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan satu tugas, sementara tugas lain sudah menanti. Perfeksionis cenderung membuat waktu jadi tidak efektif dan efisien.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Selalu Datang Tepat Waktu dan Tidak Terlambat

3Datang ke Kantor Lebih Awal

Jangan terburu-buru datang ke kantor. Sekalipun jam kerja bebas, Anda jangan terbiasa datang siang. Lebih baik Anda datang ke kantor lebih awal supaya Anda bisa lebih menyiapkan diri untuk mengerjakan apapun yang menjadi kewajiban Anda. Kebiasaan yang baik ini akan mendorong produktivitas sepanjang hari.

4Rencanakan Jadwal Kerja Harian

Membuat rencana harian dapat meningkatkan produktivitas kerja. Buat jadwal kerja setiap hari agar Anda tahu aktivitas apa saja yang harus dijalankan. Hal ini akan membuat Anda belajar membagi waktu jadi lebih disiplin.

Rencanakan apa yang akan Anda kerjakan. Berikan tanda untuk pekerjaan yang sudah selesai, dan buat pengingat untuk yang belum selesai. Hidup Anda jadi lebih produktif lika segala hal sudah terjadwal sebelumnya.

Baca Juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

5Mengerjakan Tugas Menurut Prioritas

Kerjakan setiap tugas menurut prioritas. Jika prioritas Anda terstruktur, Anda dapat mengerjakan satu per satu tugas dengan fokus. Hal yang terpenting akan diutamakan seperti pekerjaan yang sudah mendekati deadline.

Prioritas akan mencegah Anda untuk menunda-nunda pekerjaan. Anda pun lebih mudah untuk mencapai target pada setiap pekerjaan, karena Anda bekerja dengan fokus menyelesaikan satu per satu menurut tingkat kepentingannya.

Baca Juga: Beban Kerja yang Berat Akan Terasa Ringan Jika Anda Melakukan Ini

6Hindari Hal yang Mengalihkan Perhatian

Hindari hal-hal yang dapat membuat konsentrasi Anda buyar. Misalnya, saat waktu bekerja Anda sama sekali mematikan telepon genggam dan fokus bekerja menggunakan komputer Anda. Anda bisa juga memasang tulisan peringatan “Tidak Ingin Diganggu” di pintu ruangan Anda. Pokoknya, buat tempat kerja Anda bebas dari bermacam gangguan.

7Delegasikan Tugas yang Kurang Penting

Sebaiknya, tugas-tugas kecil yang kurang penting bisa Anda delegasikan pada bawahan Anda. Ada banyak tanggung jawab yang harus Anda urus. Sehingga akan lebih baik jika Anda fokus mengerjakan hal-hal yang paling penting yang membutuhkan konsentrasi penuh dan menyita waktu Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

8Jaga Kesehatan Setiap Hari

Hal yang tidak kalah penting ialah menjaga kesehatan Anda. Dengan tubuh yang sehat, Anda punya energi yang maksimal untuk bekerja. Otomatis Anda dapat meningkatkan produktivitas kerja jika fisik Anda bugar.

Oleh sebab itu, jaga makanan Anda dan usahakan untuk berolahraga di tengah kesibukan Anda. Jalani gaya hidup sehat setiap hari agar Anda tidak gampang sakit dan dapat terus bekerja menyelesaikan tugas-tugas Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.