6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula – Terjun ke dunia bisnis adalah keputusan yang berani bagi pemula. Persaingan dunia bisnis yang sangat ketat, tentu menjadi tantangan yang besar bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha.

Meski merupakan seorang pemula, Anda punya kesempatan untuk membangun bisnis yang sukses. Anda tidak perlu minder ketika baru merintis bisnis. Semua entrepreneur yang telah sukses juga dulu pernah seperti Anda yang memulai segala sesuatunya dari nol.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Merilis Bisnis Baru

Lalu apa rahasianya agar pemula dapat sukses merintis bisnis sendiri? Tentu banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan seorang entrepreneur. Nah, berikut 6 tips sukses dalam merintis bisnis daru nol khususnya bagi para pemula.

6 Tips Bagi Pemula Agar Bisa Sukses Merintis Bisnis dari Nol

1Perluas Wawasan Bisnis

Anda harus memahami dunia bisnis terutama di bidang yang Anda pilih. Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu dengan membaca buku, mengikuti seminar, dan bergabung di komunitas entrepreneur. Terus perluas pengetahuan karena itu yang akan menjadi dasar Anda dalam berbisnis.

Baca Juga: 7 Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis Baru Anda

Pelajari bagaimana cara membuat business plan atau rencana bisnis, marketing, branding, manajemen finansial, administrasi perusahaan, dan sebagainya. Ketika Anda banyak belajar, pandangan Anda semakin terbuka. Pengetahuan akan menjadi investasi utama yang sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis Anda.

2Hidup Sederhana

Merintis bisnis membutuhkan modal. Seberapa banyak modal tersebut tergantung konsep bisnis yang Anda pilih. Maka dari itu, mulailah hidup sederhana agar Anda bisa punya uang yang cukup untuk memulai bisnis.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

Ketika bisnis sudah berjalan pun, Anda sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sederhana. Jangan merasa bahwa Anda akan menjadi entrepreneur yang sukses bergelimang harta, karena itu akan membuat Anda lupa diri dan hidup bermewah-mewah. Anda harus sadar bahwa menjalankan bisnis itu butuh modal yang tidak sedikit dan Anda harus selalu mengelola keuangan dengan benar.

3Fokus Pada Satu Bisnis

Semangat menjadi seorang entrepreneur akan sangat membara di awal-awal Anda memulainya. Jika Anda tertarik untuk langsung memulai beberapa bisnis, maka lebih baik Anda memikirkannya kembali.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif

Sebaiknya, fokus pada satu bisnis saja. Pikirkan dengan matang bisnis yang paling berpeluang untuk berkembang. Dengan menjalankan satu bisnis saja, Anda akan lebih mudah mengelolanya dan usaha Anda lebih maksimal.

4Pilih yang Anda Sukai

Melakukan apa yang Anda sukai akan membuat Anda bersemangat. Dalam berbisnis, Anda akan sepenuh hati bekerja. Meski tubuh merasa lelah, Anda tetap menjalankannya tanpa rasa tertekan karena Anda memilih bisnis yang Anda sukai.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Jika hobi Anda fitnes, maka coba Anda menjual alat untuk fitnes, membuka gym atau pusat kebugaran, atau suplemen fitnes. Dengan begitu, Anda berbisnis sekaligus menjalankan hobi. Ini akan terasa menyenangkan bagi pemula.

5Buat Konsep Bisnis yang Menarik

Menyusun konsep bisnis butuh waktu yang lama. Anda harus sabar dalam merencanakan bisnis Anda. Jangan terburu-buru merilisnya jika Anda merasa konsep bisnis Anda masih belum jelas.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Konsep bisnis yang menarik akan membuat bisnis Anda berbeda. Bisnis Anda bisa mencuri perhatian konsumen dan bahkan investor. Jadi, siapkan konsep bisnis Anda sebaik mungkin agar siap bersaing di pasaran.

6Perluas Pertemanan

Semakin banyak teman, semakin banyak Anda belajar hal baru. Membangun networking akan membantu keberlangsungan bisnis Anda ke depannya. Mereka bisa jadi orang pertama yang menjadi konsumen Anda, atau salah satu dari mereka bisa jadi mitra bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Cara Agar Kaum Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

Selain menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah Anda kenal, Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk para pengusaha dan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatannya. Kelak, mereka yang bisa membuat Anda termotivasi untuk terus memajukan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.