HomeManajemen BisnisAnalisis Peluang Pasar: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Analisis Peluang Pasar: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum menjalankan sebuah bisnis supaya bisa berkembang dan mencapai target. Hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan analisis peluang pasar. Manfaat analisis pasar tidak hanya mampu mengenali target, namun juga bisa memperkirakan risiko untung atau rugi.

Setiap perusahaan pasti akan melakukan kegiatan analisis pasar terlebih dahulu karena akan menjadi bahan pertimbangkan dalam menentukan strategi pemasaran. Kegiatan ini akan memungkinkan perusahaan untuk mencapai target dengan baik menggunakan strategi yang digunakan.

Supaya kamu memiliki pemahaman yang mendalam tentang analisis pasar, maka silakah ikut pembahasan di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar merupakan kegiatan riset yang dilakukan oleh perusahaan atau pelaku usaha pada lingkungan luar yang memberikan pengaruh terhadap kegiatan perusahaan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor luar lingkungan apa saja yang bisa memengaruhi kegiatan usaha.

Setelah mengetahui hasil analisis, maka kamu bisa menentukan apakah produk yang kamu pasarkan bisa diterima dengan baik atau sebaliknya. Hasil analisis tersebut juga akan menjadi pertimbangan perusahaan atau pelaku usaha dalam melanjutkan bisnis atau justru mengurungkannya.

Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan produk yang akan ditawarkan. 

Apabila perusahaan atau pelaku usaha tetap ingin memasarkan produk tersebut, maka harus mampu meningkatkan kualitas sesuai dengan permintaan pasar.

Manfaat Analisis Peluang Pasar

Secara sekilas, di atas sudah menyebutkan manfaat dari analisis peluang ini.

Nah, agar kamu lebih paham lagi dengan sejumlah manfaat lainnya, silakan simak ulasan dibawah ini.

1. Memprediksi Risiko 

Perusahaan atau pelaku usaha pasti akan menghadapi beberapa risiko yang muncul dalam menjalankan usaha. Meskipun demikian, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini secara berlebihan karena bisa meminimalisirnya dengan melakukan analisis peluang market.

Kamu bisa memanfaatkan hasil analisis tersebut untuk bahan evaluasi sehingga bisa memperbaiki bagian yang kurang, bijak menentukkan strategi, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa membuat persiapan lebih matang.

2. Mengenal Konsumen

Supaya target konsumen bisa menerima produk yang kamu tawarkan, tentu kamu perlu mengetahui selera dan kebutuhan konsumen. Upaya untuk mengenali konsumen yaitu dengan membuat riset.

Berangkat dari hasil riset terhadap konsumen, kamu akan mengetahui siapa yang paling banyak menggunakan produk tersebut. Alhasil, kedepannya kamu bisa lebih mengerucutkan target promosi sehingga benar-benar tepat sasaran.

3. Bisa Membuat Proyeksi Keuntungan Usaha

Perusahaan atau pelaku usaha lainnya penting untuk membuat proyeksi keuntungan atau kerugian di masa depan. Melalui hasil proyeksi ini perusahaan bisa menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka. Membuat proyeksi bisa dilakukan dengan melihat hasil analisis peluang pasar.

Apabila menunjukkan hasil proyeksinya positif dan perusahaan mendapatkan banyak keuntungan, maka keuntungan tersebut bisa dikelola dengan maksimal. Sedangkan jika hasil proyeksi kurang baik, perusahaan pun bisa lebih cermat dan hemat lagi dalam membuat anggaran.

4. Kelayakan Usaha

Sebelum meluncurkan produk di pasaran, kamu tentu harus melewati proses panjang terlebih dahulu. Melakukan analisis peluang market merupakan salah satu bagian terpenting karena dapat mengetahui kelayakan produk sebelum dipasarkan. 

Untuk bisa mengetahui produk tersebut sudah layak atau belum, maka harus memenuhi beberapa indikator. Contoh indikator tersebut misalnya apakah produk siap diluncurkan, apakah ada kompetitor yang menawarkan produk serupa, atau produk tersebut sudah memiliki peminat atau belum.

5. Bisa Menaksir Pertumbuhan Usaha

Manfaat analisis peluang pasar yang kelima yaitu bisa membuat penaksiran terhadap pertumbuhan bisnis tersebut. Hasil riset pasar juga memungkinan perusahaan untuk membuat taksiran apakah bisnis tersebut potensial dan mampu berkembang di masa depan.

Nah, apabila perusahaan sudah mengetahui potensi di masa mendatang, maka akan lebih mudah lagi dalam merancang strategi. Dengan demikian, perusahaan bisa menurunkan risiko-risiko yang rentan muncul. Selanjutnya perusahaan mampu berkembang dengan pesat dan bersaing dengan banyak kompetitor.

6. Mengetahui Kompetitor

Ketika melakukan analisis pasar, kamu tidak hanya fokus kepada siapa saja yang membeli produk tapi juga kompetitor yang menawarkan produk serupa. Nah, kamu bisa melakukan riset mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan produk milik kompetitor.

Setelah tahu apa saja kekurang produk milik kompetitor, maka hal tersebut bisa kamu gunakan untuk menyempurnakan produk yang akan kamu luncurkan. Hal ini akan sangat memungkinkan kamu untuk membuat terobosan terbaru. Meskipun usahamu menawarkan produk serupa, namun produkmu lebih unggul dan unik.

7. Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Manfaat analisis peluang pasar yang terakhir yaitu membuat usaha yang kamu miliki mampu bersaing dengan banyak kompetitor. Hal ini karena kamu sudah mempersiapkan produk dengan baik serta mengetahui kelemahan dan kelebihan produk dari para kompetitor.

Jika usaha yang kamu jalanan mampu bertahan, maka hal ini tentu akan memberikan dampak positif terhadap kelangsungan usaha. Oleh karena itu, kamu harus melakukan analisis secara sungguh-sungguh.

Cara Melaksanakan Kegiatan Analisis

Setelah mengetahui manfaat analisis peluang pasar, maka sekarang kamu bisa menerapkan cara melakukannya sebagai berikut:

1. Analisis SWOT

Kepanjangan dari SWOT yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threaten atau dalam bahasa Indonesia berarti Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman. SWOT bisa untuk menganalisis dua kondisi berikut:

a. Internal

Cara untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari internal bisnis yang kamu jalankan yaitu dengan memperhatikan faktor seperti:

Kekuatan (strength)
  • Apa yang unggul dari produk milikmu?
  • Apa yang membuat produk tersebut beda dari produk para kompetitor?
Kelemahan (weakness)
  • Celah atau kekurangan apa yang dialami usahamu sehingga kamu perlu mencari cara untuk memperbaikinya?
  • Kekurangan atau hal apa yang belum ada pada bisnismu namun sudah dimiliki kompetitor?

b. Eksternal

Beberapa faktor dari luar juga bisa menjadi ancaman atau kesempatan untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Nah, kamu bisa mempertimbangkan hal di bawah ini:

Ancaman (threat)
  • Kondisi perekonomian negara.
  • Jumlah kompetitor.
  • Sumber daya yang tersedia.
  • Minat konsumen.
Kesempatan (opportunity)
  • Teknologi yang mendukung.
  • Trend yang sedang berkembang.
  • Pasar yang memungkinkan untuk diadopsi demi keperluan bisnis.

2. Metode 5W + 1H

Cara menerapkan analisis peluang pasar berikutnya adalah 5W + 1H. Nama metode tersebut merupakan hasil singkatan dari kata tanya dalam bahasa Inggris yaitu what, why, who, where, when dan how. Kamu bisa membuat beberapa pertanyaan seperti contoh berikut:

  • What : Apa produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Who : Siapa yang akan mengurus produksi, marketing, dan keuangan?
  • Where : Di mana kamu memiliki lokasi pemasaran?
  • When : Kapan kamu akan meluncurkan produk atau jasa tersebut?
  • Why : Mengapa kamu membuat produk atau menawarkan jasa itu?
  • How : Bagaimana pelaksanaan dan strategi yang kamu gunakan?

Supaya bisa mendapatkan hasil analisis yang akurat dan mendalam, maka pikirkan dan pertimbangkan dengan matang setiap jawab dari pertanyaan tersebut. Kamu perlu melakukan analisis dengan detail seakan merasa harus segera meluncurkan produk atau jasa ke pasaran.

Nah, apabila kamu sudah mendapatkan semua jawaban dari semua analisis yang kamu lakukan, maka lakukan pemeriksaan ulang sebelum akhirnya meluncurkan produk. Hal ini akan membuatmu usahamu menjadi lebih siap dan matang.

3. Membuat Business Plan

Rangkaian terakhir dalam mempersiapkan bisnis baru yaitu membuat business plans atau rencana bisnis. Lantas, apa saja yang meliputi kegiatan perencanaan? 

Menyusun business plans bisa dengan menetapkan tujuan, keuangan, strategi, pemasaran, dan semua kegiatan yang memiliki kaitan dengan operasional perusahaan. Supaya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari business plans yang kamu buat, maka lakukan evaluasi. 

Kegiatan ini akan memungkinkan kamu untuk menemukan kebijakan atau strategi yang sesuai dengan usahamu. Dengan demikian, perusahaan akan mampu menghadapi kendala yang mungkin menghadang di kemudian hari.

Keberadaan business plans juga akan sangat mendukung perusahaan dalam mencapai target yang diinginkan. Elemen yang harus kamu masukkan dalam membuat business plans yaitu profil perusahaan, modal bisnis, tujuan bisnis, laporan keuangan, strategi marketing, proyeksi keuntungan, dan evaluasi.

Sudah Bisa Menerapkan Analisis Peluang Pasar?

Persiapan sebelum memulai usaha baru memang cukup rumit.

Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk kamu enggan memulai usaha. Justru dengan repot di awal akan membuat usahamu menjadi lebih siap sehingga mampu bersaing dan tetap eksis.

Semoga kamu segera bisa menerapkan analisis peluang pasar untuk bisnismu!


Temukan inspirasi lainnya seputar manajemen bisnis, ide bisnis, memulai bisnis dan lain-lain hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...