10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja – Kewibawaan adalah kualitas diri yang harus ada pada setiap pebisnis. Kewibawaan membuat seorang pemimpin bisnis dihormati oleh karyawannya.

Dengan sifat  yang berwibawa, Anda dapat menguasai dan mempengaruhi orang lain. Sebab gaya kepemimpinan Anda disukai oleh karyawan dan mereka akan segan terhadap Anda yang memiliki pembawaan yang penuh daya tarik.

Baca Juga: Pemimpin yang Berkualitas di Tempat Kerja Memiliki 5 Hal Ini

Anda dapat meningkatkan kewibawaan dengan mengubah cara Anda ketika berhubungan dengan karyawan. Perhatikan cara berbicara, bersikap, dan berpenampilan agar Anda bisa dihargai dan dikagumi.

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kewibawaan di hadapan karyawan, berikut 10 hal yang bisa Anda terapkan di kantor.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Kantor

1Berpenampilan Rapi dan Menarik

Hal pertama yang dinilai oleh orang lain ialah penampilan Anda. Ubah penampilan Anda saat berada di kantor. Perhatikan penampilan Anda dari ujung kaki sampai kepala. Gunakan pakaian kerja yang bersih dan rapi, sisir rambut dengan rapi dan menarik, serta semprotkan parfum secukupnya. Niscaya, Anda akan lebih percaya diri dan meningkatkan kewibawaan Anda.

2Disiplin Terhadap Waktu

Kewibawaan dapat dilihat dari cara Anda menggunakan waktu. Atur waktu sebaik mungkin karena berpengaruh terhadap kedisiplinan dalam bekerja. Mulai dari hal kecil, seperti tidak telat ke kantor dan selalu hadir tepat waktu saat rapat. Jangan sampai Anda malah tidak menghargai waktu Anda sendiri dan merugikan waktu orang lain.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

3Tidak Membicarakan SARA

Perhatikan topik pembicaraan di Kantor. SARA adalah topik sensitif yang tidak cocok dibicarakan di lingkungan kerja yang majemuk. Hindari membahas isu SARA yang tidak berhubungan dengan urusan bisnis agar tidak terjadi ketegangan antara Anda dengan karyawan.

4Jaga Ucapan Anda

Saat bekerja maupun di waktu santai, Anda perlu menjaga ucapan. Meskipun dalam konteks bercanda, hindari penggunaan kata-kata yang tidak sopan karena dapat mengurangi kewibawaan Anda. Cara bicara Anda akan menentukan pandangan karyawan terhadap Anda.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

5Tidak Sekadar Beretorika

Kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin itu harus dibuktikan melalui perbuatan, bukan ucapan belaka. Kemampuan berkomunikasi memang penting, tapi hasil kerja yang nyata itu yang terpenting. Pemimpin yang berwibawa akan membuktikan kemampuan kerja melalui hasil, bukan hanya sekadar retorika.

6Perhatikan Aktivitas Anda di Media Sosial

Karyawan penasaran dengan aktivitas Anda di dunia maya. Meski tidak berteman dengan Anda di media sosial, karyawan akan mencari tahu postingan Anda. Sehingga Anda harus menjaga diri, jangan sampai Anda memposting hal-hal yang kurang berkenan atau mengumbar masalah pribadi yang tidak layak dikonsumsi publik.

Baca Juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan di Kantor

7Memberikan Contoh Cara Bekerja

Karyawan Anda bisa saja kebingungan saat mendapatkan tugas baru. Anda bisa memberikan arahan terlebih dahulu, bahkan mencontohkan cara yang benar dalam menjalankan tugas tersebut. Sehingga karyawan Anda dapat memahami cara kerja dengan tepat dan menyadari bahwa Anda tidak hanya pandai memerintah, tapi juga menguasai apa yang Anda perintahkan.

8Tegas Terhadap Peraturan

Anda harus menjadi contoh dalam menjalankan pekerjaan sesuai peraturan perusahaan. Sehingga karyawan dapat meneladani Anda dan Anda dapat bersikap tegas terhadap karyawan yang tidak menaati aturan. Berikan sanksi tanpa pilih kasih bagi yang melanggar aturan di kantor.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

9Dapat Mengontrol Amarah

gambar: redbranchmedia.co

Setiap orang dapat melakukan kesalahan, termasuk diri Anda sendiri. Anda boleh saja menindak tegas karyawan yang bersalah, tapi berikan sanksi secara profesional sesuai koridor kebijakan perusahaan. Jangan sampai kemarahan Anda berlebihan dan Anda tidak dapat mengontrolnya hingga melakukan kekerasan. Lebih baik Anda tegur karyawan secara baik-baik dan berikan nasihat agar karyawan dapat memperbaiki diri.

10Menghargai Kinerja Karyawan

Karyawan Anda butuh dihargai baik lewat perkataan maupun perbuatan. Anda harus menganggap setiap karyawan adalah bagian dari tim kerja yang penting. Hargai saat meraka menyampaikan pendapat dan apresiasi jika Anda yang berprestasi. Tunjukkan bahwa Anda bukan seorang bos yang cuma gila hormat, tapi rendah hati dan menghargai orang lain.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther


Setiap pebisnis dapat menjadi pemimpin yang berwibawa. Hanya saja, butuh keseriusan dalam mengembangkan kepemimpinan agar dapat memiliki karisma seorang pemimpin perusahaan yang penuh wibawa.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.