7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis – Tidak ada pemimpin yang terlahir dengan langsung memiliki kemampuan kememimpinan. Siapa saja bisa melatih dirinya agar siap menjadi pemimpin. Kemampuan atau keterampilan menjadi seorang pemimpin yang baik itu bisa dibentuk melalui pembelajaran dan pengalaman.

Berbicara mengenai kepemimpinan, mari kita membahas cara memimpin seorang pemimpin dalam perusahaan. Bagi para pengusaha, penting sekali untuk memiliki soft skill kepemimpinan, sehingga Anda mampu mengatur sumber daya manusia di bisnis Anda dengan baik. SDM adalah aset berharga bagi kelangsungan bisnis Anda.

Baca Juga: Menjadi Pemimpin yang Selalu Percaya Diri, Bagaimana Caranya?

Untuk itu, berikut ini mari Anda perhatikan ciri-ciri pemimpin bisnis yang terampil untuk mengevaluasi kemampuan kepemimpinan Anda. Jika masih ada ciri-ciri yang belum Anda miliki, Anda bisa melatih diri Anda agar bisa menjadi sosok pemimpin teladan bagi karyawan-karyawan Anda.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

7 Keterampilan Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Pengusaha

1Memiliki Inisiatif

Apa jadinya bisnis Anda jika Anda tidak bisa mengambil inisiatif? Akibatnya, bisnis Anda dikendalikan oleh orang lain karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Anda kebingungan dan tidak dapat cepat menentukan sikap dalam segala hal. Sedangkan sosok pemimpin dituntut untuk berinisiatif, sehingga mampu mengambil keputusan dengan tepat dan cepat dalam bekerja.

2Berpikir Secara Kritis

Pemimpin harus dapat berpikir secara kritis sehingga mampu menganalisis segala hal secara logis. Anda bisa menemukan gagasan yang efektif, bukan asal-asalan. Meski terkadang butuh waktu, namun gagasan Anda dihasilkan melalui pertimbangan yang mendalam. Pengetahuan Anda luas sehingga Anda dapat mengevaluasi informasi dengan benar. Ini penting agar Anda bisa mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

3Mendengarkan dengan Baik

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu tugas seorang pemimpin. Anda akan bertemu banyak orang dan berinteraksi dengan mereka. Banyak pembicaraan bisnis yang terjadi. Anda harus mampu mendengarkan dengan baik, sehingga Anda bisa memberikan umpan balik dengan benar. Anda bisa memahami maksud orang lain dan tidak terjadi salah pengertian.

4Memotivasi Bawahan

Bawahan Anda pasti ada kalanya kehilangan semangat dalam bekerja. Pemimpin yang baik harus mengetahui masalah mereka, sehingga dapat memberikan motivasi yang tepat. Meski Anda juga menghadapi masalah, Anda tetap berusaha untuk mendorong mereka untuk kembali bersemangat.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

5Pandai Mendelegasikan Pekerjaan

Pemimpin memiliki banyak sekali tanggung jawab. Anda tidak mungkin mengerjakan dan mengawasi semua pekerjaan. Untuk itu, Anda harus pandai mendelegasikan pekerjaan dengan tepat. Anda bisa memberdayakan semua karyawan dengan baik, sehingga semua orang bekerja dengan maksimal.

6Bisa Mengatasi Masalah

Dalam bisnis pasti ada berbagai masalah yang terjadi. Masalah bisa datang dari dalam perusahaan, maupun dari luar. Pemimpin yang hebat pasti dapat mengatasi masalah dengan baik. Jika ada konflik yang terjadi, dia segera menanganginya. Masalah besar menjadi kecil dan masalah kecil tidak menjadi besar.

Baca Juga: 8 Cara Bijak Menerima Kritik Dari Orang Lain

7Selalu Disiplin

Pemimpin yang disiplin dapat menjadi teladan yang baik bagi karyawannya. Dalam mengelola perusahaan, Anda pasti menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatur cara kerja karyawan. Tentu saja bukan hanya karyawan, melainkan Anda juga harus menunjukkan kedisiplinan, sehingga bisnis Anda berjalan secara profesional.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.