Kenali 7 Tanda Karyawan Akan Resign Karena Sudah Tidak Betah Bekerja – Perhatikan perubahan sikap karyawan Anda. Karyawan yang ingin resign atau mengundurkan diri, sering kali menunjukkan sikap negatif yang tidak biasa dilakukannya.

Adapun penyebab karyawan tidak betah lagi bekerja, biasanya karena kekecewaannya terhadap kebijakan perusahaan dan perlakuan atasan, masalah gaji yang kecil, konflik dengan rekan kerja, politik kantor yang kotor, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur

Anda perlu menyadari lebih awal gejala karyawan yang berencana untuk berhenti kerja dalam waktu dekat. Sehingga Anda dapat berupaya untuk mempertahankannya atau mempersiapkan karyawan baru sebagai pengganti.

Oleh sebab itu, jika karyawan Anda sering menunjukkan perubahan sikap seperti ini, maka ada kemungkinan dia akan segera mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan lain.

Baca Juga: Perhatikan Inilah 8 Tipe Karyawan yang Anda Butuhkan di Perusahaan

7 Tanda Karyawan Akan Resign dari Pekerjaan

1Datang Telat dan Pulang Kerja Lebih Awal

gambar: redbranchmedia.co

Pola absensi karyawan mulai berubah. Dia sering datang terlambat dengan berbagai alasan. Dia juga sering pulang kerja tepat waktu. Bahkan sebelum jam pulang kantor, dia sudah bersiap-siap. Sehingga jika ada kesempatan untuk pulang lebih awal, dia akan melakukannya.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama

2Sering Tidak Masuk Kerja

gambar: n-va.be

Karyawan mulai sering minta izin tidak masuk kerja. Alasannya macam-macam, mulai dari sakit, cuti karena ada urusan keluarga, bahkan terkadang tidak ada kabar sama sekali. Padahal, sebenarnya dia tidak masuk kerja karena malas atau sedang ada panggilan interview kerja di perusahaan lain.

3Produktivitas Kerja Menurun

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Saat karyawan di kantor, pikirannya berada entah ke mana. Dia sering kehilangan fokus dan tidak bersemangat lagi dalam bekerja. Produktivitasnya terus menurun, karena dia tidak lagi peduli dengan tanggung jawabnya. Padahal sebelumnya, dia sangat antusias saat merespons perintah atasan dan cepat mengerjakan tugasnya

Baca Juga: Anda Bosan di Kantor? Ini 5 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

4Sering Melakukan Kesalahan

gambar: universityhealthnews.com

Tidak hanya produktivitas kerja yang menurun, tapi juga kualitas kerjanya. Rasa jenuh dan berharap ingin cepat-cepat keluar dari perusahaan, membuat karyawan jadi sering membuat kesalahan. Dia tidak lagi berusaha menyenangkan Anda, karena pekerjaannya sudah bukan menjadi prioritas dalam hidupnya.

Baca Juga: Karyawan Anda Malas Bekerja? Ini 7 Cara Menghadapinya

5Tidak Semangat Melayani Klien atau Pelanggan

Tanda karyawan akan resign bisa dilihat dari caranya dalam melayani klien atau pelanggan. Dia malah berubah menjadi orang yang pasif. Padahal, dulunya dia selalu semangat dan penuh dengan persiapan, tapi sekarang dia cenderung cuek saat berhadapan dengan klien atau pelanggan.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini

6Sering Mengeluh Tentang Atasan

gambar: theconversation.com

Mungkin Anda tidak mengetahuinya, karena karyawan tidak akan mengeluh langsung di hadapan Anda. Namun, karyawan akan sering membicarakan hal-hal buruk tentang perusahaan dan juga atasan. Biasanya, ini terjadi karena rasa kecewa, sehingga dia ingin rekan-rekan kerjanya tahu dan mencari dukungan.

7Aktif Membuka Website Lowongan Kerja

gambar: fortune.com

Saat di rumah maupun di kantor, karyawan akan sering membuka situs yang menyediakan informasi lowongan kerja seperti JobStreet dan JobsDB. Dia juga aktif meng-update profil LinkedIn-nya, karena dia sedang berusaha mendapatkan pekerjaan lain di tempat yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan


Nah, jika Anda melihat tanda-tanda karyawan akan resign pada karyawan terbaik Anda, maka segeralah berkomunikasi dengannya. Coba pahami alasannya ingin mengundurkan diri, sehingga Anda masih berkesempatan untuk mengubah pikirannya.

Namun, jika ia tidak mau, maka Anda tak perlu memaksanya. Lebih baik Anda segera mencari karyawan baru yang pantas untuk menggantikannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here