HomeMarketingDigital MarketingApa Itu Flash Sale? Ini Cara Menerapkannya untuk Meraih Keuntungan

Apa Itu Flash Sale? Ini Cara Menerapkannya untuk Meraih Keuntungan

Flash sale adalah sebuah istilah yang sudah sering terdengar pada berbagai marketplace dan website online shop.

Program potongan harga juga merupakan strategi promosi yang marketplace gunakan untuk mengadakan promosi kilat atas suatu produk dalam waktu tertentu. 

Gabungan diskon yang tinggi, waktu yang singkat, dan kuantitas yang sangat terbatas ini akan membuat para calon konsumen merasa semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

Strategi Flash Sale yang Sering Digunakan

Flash sale sendiri ternyata bisa membantu penjualan produk yang kamu miliki agar lebih cepat laku. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan strategi ini.

Namun, meski demikian, beberapa orang ternyata ada yang masih belum memahami istilah ini. Jadi, secara garis besarnya, flash sale ini merupakan penjualan kilat. 

Nah, pada umumnya, diskon yang ada dalam program ini sangat tinggi dan promosinya sendiri lebih signifikan daripada cara pemasaran biasanya. 

Pengaruh Penjualan Kilat dalam Menumbuhkan Bisnis

Flash sale adalah cara yang cukup efektif untuk menjual dan menurunkan jumlah produk dalam persediaan inventaris dengan lebih cepat. Dengan begitu, pebisnis pun bisa menjual produk yang dirasa memang kurang laku, sekaligus merencanakan inventarisasi kembali sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Sebuah studi dari Rice University Houston, Texas, Amerika Serikat menjelaskan bahwa akibat dari flash sale ini, penjualan sebuah bisnis bisa meningkat hingga sebesar 14%. Keuntungan yang didapatkan secara keseluruhan sebesar 30%. 

Tidak hanya itu, promosi ini ternyata juga berperan besar dalam meningkatkan brand awareness. Terlebih apabila kamu berjualan melalui marketplace online. 

Hal ini tentunya akan sangat memungkinkan produk maupun tokomu muncul pada halaman utama mesin pencarian. Nah, metode promosi ini sendiri sudah terbukti bisa menumbuhkan bisnis. 

Selain itu, program potongan harga ini juga mampu menawarkan kesempatan untuk menginformasikan kepada pelanggan mengenai produk dan proposisi nilai yang terkandung.

Manfaat Memaksimalkan Flash Sale Pada Bisnis

Flash sale adalah teknik penjualan yang menawarkan produk dengan harga yang lebih rendah dalam jangka waktu terbatas. Teknik ini biasanya diterapkan pada e-commerce. 

Alasan banyak orang menggunakan teknik ini adalah untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, masih ada beberapa keuntungan lain apabila kamu mengaplikasikan program potongan harga ini pada bisnismu, yaitu:

1. Peningkatan Jumlah Transaksi

Perlu kamu ketahui bahwa dengan adanya program potongan harga ini, maka kamu pun memiliki kesempatan untuk bisa meningkatkan jumlah transaksi penjualan. 

Hal ini akan memengaruhi status dari tokomu tersebut, sehingga kamu pun bisa memiliki predikat toko yang baik. 

Apabila kamu sudah memiliki predikat tersebut, maka kegiatan penjualan pun akan menjadi lebih mudah. 

2. Meningkatkan Omzet Penjualan

Keuntungan lain jika kamu menggunakan program flash sale adalah bisa meningkatkan omzet penjualanmu. Sebab, menjual barang dengan harga diskon tentunya akan lebih konsumen minati. 

Meskipun begitu, kamu juga harus tetap memperhatikan margin penjualan agar tidak sampai mengalami kerugian. 

3. Bisnis Semakin Terkenal

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah konsumen yang memiliki minat terhadap produk promosi kilat tentunya sangatlah tinggi. Dengan begitu, bisnismu pun akan secara otomatis meningkat, baik dari jumlah pengunjungnya maupun jumlah pembelinya. 

Hal ini tentunya akan membuat tokomu tersebut jadi semakin terkenal oleh berbagai konsumen secara luas.

Cara Melakukan Flash Sale

Setelah kamu memahami apa itu flash sale dan beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan, maka kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menjalankan program ini. 

1. Promosi Flash Sale

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam mengaplikasikan program diskon dalam bisnismu adalah mempromosikan suatu produk. 

Jadi, kamu bisa mempromosikan program flash sale yang kamu buat melalui media sosial, website e-commerce, maupun aplikasi chat yang ada. 

Namun, jangan lupa untuk mencantumkan informasi secara lengkap, mulai dari tanggal dan pada channel apa program tersebut akan kamu adakan. 

Sebaiknya, kamu melakukan program potongan harga ini secara berkala untuk meningkatkan calon pembeli. 

2. Beri Batas Waktu

Untuk meningkatkan rasa takut kehabisan barang dan memotivasi para konsumen untuk melakukan pembelian secepat mungkin, maka kamu bisa memberikan batasan waktu. 

Pada umumnya, website dari marketplace hanya akan mengadakan event ini selama kurang lebih 2 sampai 3 jam saja. 

Selain itu, kamu bisa tetap mengingatkan para pelanggan untuk menyalakan notifikasi agar tidak sampai ketinggalan program promosi kilat yang sedang kamu adakan tersebut. 

3. Tentukan Momen Paling Tepat

Cara selanjutnya dalam menerapkan program flash sale adalah dengan menentukan momen yang paling tepat. Kamu bisa menggunakan momen Harbolnas (hari belanja online nasional) atau waktu gajian tiba. 

Dengan begitu, konsumen pun akan cenderung melakukan pembelanjaan dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan program potongan harga ini dari insight media sosial.

4. Pemilihan Produk Populer

Pilihlah produk yang memiliki segmentasi pasar lebih umum dan populer, sehingga produkmu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dalam pelaksanaan program tersebut. 

Hal ini juga perlu untuk mengatasi singkatnya waktu promosi kilat yang kemudian bisa mengakibatkan berkurangnya konsumen dengan segmentasi khusus. 

5. Siapkan Produk

Apabila kamu sudah menentukan produk yang akan kamu ikutkan dalam program tersebut, maka selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan stok produknya. 

Sebelum itu, silakan kamu lakukan analisa terlebih dahulu berdasarkan pada penjualan maupun flash sale sebelumnya untuk menentukan berapa banyak jumlah pembelian atas produk tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak perkiraan jumlah stok barang yang harus kamu sediakan. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan kemasan dengan baik agar kamu bisa langsung menyelesaikan transaksi dengan cepat. 

6. Hitung Margin Keuntungan

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan dalam penerapan program potongan harga ini adalah menghitung margin keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya. 

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa setiap konsumen tentunya menginginkan barang paling murah dengan kualitas terbaik. Untuk itu, silakan kamu tetapkan harga yang paling kompetitif agar bisa bersaing dengan kompetitor lain. 

Namun, perlu kamu ingat juga untuk menghindari memasang harga yang terlalu tinggi agar konsumen tetap tertarik untuk membeli produkmu tersebut. 

Tertarik Menerapkan Flash Sale Pada Bisnismu?

Jadi, flash sale adalah sebuah kesempatan untuk para pelaku bisnis dalam memaksimalkan keuntungannya. Dengan adanya perencanaan dan strategi yang tepat, maka program ini bisa berjalan dengan lancar. 

Bahkan, program ini juga bisa membantu bisnis maupun perusahaanmu dalam menjangkau konsumen baru dengan lebih mudah dan efisien.

Dengan begitu, kamu pun bisa melakukan program ini melalui berbagai platform jualan online maupun marketplace pilihan.


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis, marketing, digital marketing dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...