Apa itu Inkaso? Berikut Jenis, Manfaat dan Mekanismenya

657
apa itu inkaso

Apa itu inkaso? Sebagai pelaku bisnis pemula hendaknya kita mencari tahu mengenai apa arti dari beberapa istilah-istilah tertentu. Tidak terkecuali inkaso yang mungkin belum familiar bagi banyak orang, bahkan dari ranah bisnis sekalipun.

Singkatnya, inkaso adalah salah satu istilah perbankan yang merupakan sebuah layanan dalam proses penagihan uang atau piutang yang bisa dilakukan pada individu maupun perusahaan dalam bentuk surat atau instrumen perbankan. Di sini peran pihak bank adalah menyediakan perantara jasa untuk penarikan keuangan. Agar lebih jelas lagi mengenai apa itu inkaso, kami akan membahasnya di bawah ini.


Jenis-Jenis Inkaso

Inkaso sendiri dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu berdasarkan transaksi dan aliran dananya. Berikut penjelasannya.

Berdasarkan Transaksi

Pada jenis inkaso yang berdasarkan transaksi, inkaso dibagi berdasarkan lampiran berkas. Contohnya adalah warkat yang tidak menggunakan dokumen, misalnya cek, giro dan bilyet. Ada pun warkat yang perlu menggunakan dokumen misalnya, polis asuransi, kuitansi, faktur dan surat lainnya dengan persetujuan bank.

Berdasarkan Aliran Dana

Inkaso pada jenis aliran dana dibagi menjadi dua, yaitu keluar dan masuk. Pada inkaso masuk, sejumlah tagihan ditujukan kepada nasabah. Sedangkan pada inkaso keluar tagihan ditujukan kepada pihak ketiga yang terdapat di luar kota atau bank lainnya sesuai yang diamanatkan oleh nasabah.


Manfaat Inkaso

Sama seperti layanan perbankan lainnya, tentu saja inkaso memiliki manfaat bagi para penggunanya. Salah satu manfaat inkaso dipercaya adalah dapat menghemat biaya. Terutama ketika seseorang ingin melakukan penagihan dalam jumlah besar ke luar kota. Melalui inkaso, biaya dan juga waktu akan lebih hemat jika dibandingkan dengan menagihnya sendiri.

Selain itu, inkaso juga dinilai lebih minim resiko. Mengingat tagihan yang biasa dilakukan dengan inkaso melibatkan jumlah yang besar, tentu penting untuk memahami resikonya. Salah satunya adalah resiko kehilangan. Namun, dengan melibatkan inkaso, dalam hal ini bank sebagai perantara, resiko kehilangan pembayaran dengan jumlah dana cukup besar pun dapat diminimalisir.


Bagaimana Mekanisme Inkaso?

Sudah cukup tergambar tentang apa itu inkaso? Sekarang kami akan membahas mengenai manfaatnya. Dalam hal ini terdapat tiga cara.

1. Inkaso Via Bank Sendiri

Pada mekanisme inkaso yang pertama ini proses penagihan dilakukan oleh bank sendiri. Sedangkan penagihan ini ditujukan kepada pihak ketiga yang sedang berada di luar kota. Proses ini terbilang mudah, terlebih kota bank yang dituju sama dengan bank nasabah sehingga akan lebih cepat.

2. Inkaso Via Bank Koresponden

Biasanya dilakukan pada pihak ketiga yang terdapat di luar kota. Itu sebabnya dibutuhkan bank koresponden untuk melakukan inkaso. Mekanisme inkaso via bank koresponden dinilai lebih rumit. Alasannya, beberapa bank yang ditunjuk tidak memiliki cabang. Sehingga prosesnya akan terasa lebih lama.

3. Inkaso Antar Cabang Bank Sendiri

Inkaso antar cabang bank sendiri merupakan proses termudah. Pada mekanisme ini layanan inkaso sama-sama dilakukan pada bank yang sama, hanya saja lokasi dan cabangnya yang berbeda.

Itulah sekilas mengenai apa itu inkaso. Ternyata sangat bermanfaat bukan untuk bisnis? Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang juga bermanfaat baik untuk perkembangan bisnismu, KoinWorks dapat menjadi solusinya.


Melalui KoinBisnis kamu dapat melakukan pinjaman modal usaha hingga limit Rp 2 miliar dengan bunga cicilan terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Prosesnya juga mudah, semuanya bisa kamu lakukan hanya dalam satu aplikasi tanpa harus ke bank. Tidak perlu khawatir soal keamanannya karena KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Yuk, segera kembangakan bisnismu bersama di KoinWorks!

Temukan berbagai informasi seputar tips memulai bisnis lainnya hanya di EntrepreneurCamp.

Baca juga: