HomeMarketingApa itu Kode Referral? Ketahui Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu Kode Referral? Ketahui Manfaatnya untuk Bisnis

Salah satu strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pengguna adalah dengan menggunakan kode referral. Sudahkah kamu memahami tentang apa itu kode referral?

Jika kamu belum mengulik terlalu banyak tentang kode referral, ulasan ini dapat membantu kamu untuk memahami tentang penjelasan lengkap, manfaat, dan jenis-jenis kode referral.

Apa itu Kode Referral?

Kode referral adalah kode referensi yang terdiri dari kombinasi antara angka dan huruf unik. Kombinasi ini merupakan salah satu instrumen promosi dari tim marketing untuk dapat memberikan beberapa keuntungan kepada pengguna.

Contoh Kode Referral

Rekomendasi kode referensi bisa dilakukan secara personal atau menggunakan metode word of mouth. Di dalam suatu aplikasi, jika pengguna memasukkan angka dan huruf tersebut, maka dia akan mendapatkan hadiah. 

Salah satu contoh promo ini adalah ajak teman, kode voucher diskon atau cashback, bypass untuk mengikuti acara tertentu, dan lain sebagainya.

Manfaat Kode Referral untuk Bisnis

Jika kamu adalah seorang marketer, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu menggunakan strategi promosi ini dalam bisnis.

Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Jumlah Pengguna

Manfaat kode referral yang pertama adalah meningkatkan jumlah pengguna. Hal ini penting untuk meningkatkan angka konversi dalam strategi pemasaran. Seseorang yang mendapatkan rekomendasi suatu produk atau layanan dari orang yang sudah menggunakannya tentu akan meningkatkan kepercayaan terhadap brand tersebut.

Contoh strategi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah pengguna adalah melalui program ajak teman. Jika pengguna produkmu membagikan kode tertentu kepada pengguna lain, maka pelangganmu akan mendapatkan reward atau hadiah.

Selain antar pengguna, kode referensi pengguna baru bisa kamu promosikan melalui cara bekerja sama dengan influencer. Cara ini bernama program affiliate marketing.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Tidak hanya meningkatkan jumlah pengguna baru, manfaat strategi marketing ini juga untuk meningkatkan brand awareness. Brand awareness adalah kesadaran merek dari pengguna untuk mampu mengenali produkmu. Hal ini bisa berasal dari logo, jargon, lagu, atau program promosi yang kamu jalankan.

Jika banyak pengguna kode referral mengajak pengguna lain, maka akan semakin banyak juga orang yang bisa mengenali produk yang kamu tawarkan. Sehingga, seseorang akan lebih mudah untuk menemukan produkmu.

Selain itu, program ini juga cocok untuk membangun citra brand kamu, karena akan direkomendasikan oleh orang terdekat mereka, yang mana tentu akan dipercaya oleh calon pelangganmu.

Seorang calon pelanggan tentu sangat selektif dalam memilih produk. Jika disampaikan oleh orang terdekat, tentu informasi tentang produk yang diberikan akan lebih jujur dan juga otentik.

3. Mampu Memetakan Tingkat Kepuasan Pelanggan

Manfaat penting lainnya dari kode referral adalah bisa membantumu untuk memetakan tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini penting untuk mengukur target pencapaian dalam program marketing yang kamu jalankan dan layanan apa yang bisa kamu tingkatkan untuk pelanggan.

Ketika memetakan tingkat kepuasaan pelanggan, kamu bisa melihat data seberapa berhasil program ini dijalankan. Semakin tinggi program promonya, maka akan semakin tinggi pula tingkat layanan kepuasan pelanggan dalam menggunakan produkmu.

Sebaliknya, jika program referral tidak memberikan dampak yang signifikan, maka kamu perlu mengecek kembali apakah ada kekurangan dalam program referral? Kemudian mencari tahu apa yang perlu kamu perbaiki.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Keempat, manfaat kode referral adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Karena selain membeli atau menggunakan produk yang kamu tawarkan, dengan program ini pelanggan bisa mendapatkan keuntungan, seperti cashback, saldo, hadiah, dan lain sebagainya.

Adanya keuntungan-keuntungan tersebut dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan produk kamu. Sehingga, pelanggan akan berkenan melakukan repeat order jika sudah nyaman dengan produk yang kamu tawarkan.

Tentunya, adanya program ini perlu didukung juga dengan layanan lain yang menyenangkan bagi pelanggan. Contohnya, layanan pusat bantuan yang cepat merespon, program garansi, pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan Customer Engagement

Terakhir, manfaat strategi ini adalah untuk meningkatkan customer engagement atau interaksi dengan pengguna produk. Pada strategi marketing, hal ini penting untuk dapat membuat pelangganmu berkenan kembali menggunakan produk yang kamu jual.

Kuatnya hubungan dengan pelanggan dapat menunjukkan juga bahwa kamu memiliki citra yang baik untuk konsumenmu, karena kamu hadir secara online untuk membantu kebutuhan mereka. Jika selalu tersedia untuk pelanggan, maka hal tersebut bisa membantumu meningkatkan jumlah pengguna untuk jangka panjang.

Biaya marketing untuk mencari pengguna baru daripada mempertahankan pengguna lama pun ternyata lebih mahal. Sehingga, kamu perlu memperhatikan hal ini dengan baik ya.

Jenis Kode Referral

Sudahkah kamu mengetahui tentang apa itu kode referral dan beberapa manfaatnya? Jika sudah, kamu perlu menyimak beberapa jenis kode referral menurut baldry+sanford.  Ini dia empat jenis kode referral yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan promosi kepada pelanggan:

1. Direct Referral

Jenis kode referensi yang pertama adalah direct referral. Ini adalah kode referensi secara langsung yang bisa kamu berikan kepada pelanggan. Contohnya, seperti ajak teman untuk mendaftar dan menggunakan aplikasi tertentu.

Direct referral ini tidak membutuhkan biaya yang besar, karena sistem dapat bekerja secara otomatis. Selain itu, promosi yang dilakukan melalui word of mouth kepada orang lain juga cukup efektif.

Selain ajak teman, kamu juga bisa memberikan kode tertentu untuk diskon potongan harga atau cashback. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan influencer agar semakin banyak orang yang menggunakan kupon diskon ini. Sehingga, jumlah pembelian dapat meningkat.

Agar bisa memaksimalkan strategi ini, tentu kamu perlu menghadirkan layanan kepada pelanggan yang baik dan meningkatkan kualitas produk. Supaya pelanggan yang sudah menggunakan produkmu akan memiliki persepsi yang baik tentang produk atau layanan yang mereka gunakan.

2. Implied Referral

Referensi yang kedua adalah referensi secara tersirat. Referensi ini dapat membantu kamu menyampaikan pesan dari brand kepada calon pelanggan secara tidak langsung.

Contoh dari referensi tersirat adalah dengan membuat acara untuk meluncurkan produk dan mengundang influencer serta media untuk mengekspos acara yang kamu gelar.

Dari kegiatan tersebut, orang yang menonton postingan influencer dan mendengar berita dari media, maka akan semakin banyak mengetahui bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, strategi implied referral juga bisa kamu jalankan dengan menjadi sponsor untuk acara tertentu.

Cara kerja seperti ini dapat membantu kamu untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Jika mereka tertarik, mereka akan mulai mencari tahu tentang produk yang kamu tawarkan.

3. Tangible Referral

Ketiga, cara lain untuk mempromosikan kode referral adalah dengan tangible referral. Strategi ini menempatkan pelanggan atau pihak yang kamu ajak kerja sama (misalnya influencer) memiliki posisi yang cukup penting dalam kegiatan promosi.

Contohnya, kamu bisa memberikan bypass kepada pelanggan setia atau influencer untuk mengajak beberapa orang lain dalam acara-acara yang kamu buat. Jadi, akan semakin banyak orang mengetahui produkmu. 

Contoh lainnya, kamu bisa bekerja sama dengan influencer untuk mengadakan kuis yang berhadiah, seperti voucher. Jika pemenang hadiah tersebut menggunakan voucher untuk melakukan pembelian, kamu bisa memberikan feedback kembali kepada sang influencer.

4. Community Referral

Terakhir, jenis kode referral adalah referral komunitas atau community referral. Sebuah komunitas tentu memiliki anggota yang aktif. Sehingga, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan mereka akan mengetahui bisnis yang kamu jalankan.

Contoh referral komunitas yang bisa kamu jalankan adalah dengan bekerja sama dengan yayasan atau komunitas tertentu. Misalnya, setiap pembelian satu produkmu, maka 10% akan didonasikan kepada yayasan atau komunitas tersebut. 

Tak hanya menjangkau lebih banyak pelanggan, hal tersebut juga akan memberikan citra baik pada brand yang kamu punya. Karena, secara tidak langsung kamu membantu kalangan yang membutuhkan dan juga membantu orang yang ingin beramal melalui penjualan produk kamu.

Tingkatkan Jumlah Customer dengan Kode Referral!

Setelah memahami penjelasan lengkap tentang apa itu kode referral, manfaat kode referral, dan beberapa jenisnya, apakah kamu sudah memiliki gambaran untuk memaksimalkan strategi tersebut?

Kode referral adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengajak lebih banyak orang untuk mengenal bisnismu. Ketika mendapatkan referensi dari orang lain yang sudah mencobanya, mereka akan lebih mempercayai produkmu sebelum melakukan pembelian.


Temukan inspirasi lainnya seputar marketing, manajemen bisnis dan teknologi hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...

Strategi, Proses, dan Contoh Pengembangan Produk Baru

Ada banyak strategi bisnis yang dapat kamu lakukan dalam memaksimalkan keuntungan, salah satunya adalah melakukan pengembangan produk baru. Produk baru ini dapat kamu ibaratkan...

Contoh Deskripsi Toko Online, Auto Menyihir Pelangganmu!

Membuat deskripsi toko online memang terdengar mudah. Namun, deskripsi tersebut tidak bisa berisi informasi asal-asalan, sebab berkaitan dengan kepercayaan pelanggan. Jika deskripsi yang kamu buat...

Mengenal Flywheel Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Flywheel marketing adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis, khususnya dalam hal pemasaran. Hal ini karena jenis marketing yang satu ini...