Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnisku – Sebelum kita beranjak membahas bagaimana cara membuat akun Google Bisnisku, mari kita mengenal terlebih dulu definisinya.

Google Bisnisku (Google My Business) adalah sebuah fitur atau tools yang diciptakan untuk mempermudah pemilik bisnis membagikan informasi lengkap mengenai bisnisnya agar bisa ditelusuri oleh para audiens atau calon pelanggan.

Dengan fitur ini, para pemilik bisnis bisa dengan mudah membagikan informasi seputar nama bisnis atau nama perusahaan, alamat kantor, jam operasional, nomor telepon, alamat email, foto dokumentasi, review pengunjung, hingga situs resmi bisnis atau perusahaan.

Lebih mudah ditemukan oleh target audiens

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, memiliki bisnis online tidak semata-mata hanya memastikan situs resmi atau media sosial kamu muncul di halaman pertama Google, tapi juga menjaring lebih banyak audiens lewat Google Bisnisku.

Ketika bisnis kamu menggunakan fitur ini, kamu akan masuk ke dalam listings Google secara gratis.

Artinya, ketika seseorang mencari bisnis lain yang serupa, bisnis kamu akan dapat muncul juga.

Baca juga: Mengenal Istilah Dalam Dunia Start Up


Cara Daftar Google Bisnisku

Untuk mendaftar di Google Bisnisku kamu harus memiliki akun Gmail dari Google.

Langkah 1

Pertama kamu perlu untuk masuk atau sign in ke akun Google kamu, lalu masuk ke halaman Google Bisnisku. Setelah masuk, klik tombol Mulai Sekarang.

Langkah 2

Isi data formulir yang ada dengan lengkap. Kolom pertama yang harus kamu isi adalah Nama Bisnis.

Langkah 3

Setelah itu lanjut ke sesi berikutnya mengisi alamat bisnis kamu. Pastikan untuk mengisi alamat dengan benar karena ini akan memengaruhi listings nantinya.

Jika alamat yang kamu gunakan bukan alamat toko, ada opsi untuk menyembunyikan alamat kamu.

Selain itu juga ada opsi untuk pengiriman barang dan jasa: “Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya”. Jika kamu memilih opsi tersebut, kamu harus mengatur Area Pengiriman.

Langkah 4

Dalam tahap pengaturan Area Pengiriman ada dua jenis pilihan:

(1) Pengiriman langsung dalam area, yang mana kamu harus memasukkan keterangan wilayah, kota, atau kode pos.

(2) Pengiriman langsung dalam jarak tertentu, yang mana kamu harus mengisi batas jarak yang kamu tentukan sendiri.

Setelah memilih salah satu dari itu, tandai lokasi bisnis kamu di Google Maps dengan memindahkan pin merah agar memudahkan pencarian nantinya.

Langkah 5

Selesai mengisi nama bisnis dan menandai lokasi bisnis, selanjutnya kamu mengisi keterangan “Bisnis apa yang Anda jalankan?“.

Nah, di bagian ini kamu perlu untuk mengisi kategori bisnis dengan tepat karena nantinya akan membantu kamu menarik pelanggan yang sedang menelusuri bisnis serupa di area kamu.

Langkah 6

Langkah berikutnya kamu isi nomor telepon bisnis dan situs web bisnis kamu. Pastikan untuk mengisi nomor telepon aktif, terlebih jika bisnis kamu bergerak di bisnis restoran.

Nomor telepon ini nantinya akan muncul di pencarian Google dan memudahkan pelanggan atau calon pelanggan kamu untuk melakukan reservasi tempat, atau bahkan sekedar konfirmasi jam operasional bisnis kamu.

Langkah 7

Selanjutnya kamu tinggal mengonfirmasi bahwa kamu dapat mengelola listingan bisnis kamu, yang mana setelah berhasil diverifikasi kamu akan dapat maksimalkan listingan di Google. Klik Lanjutkan.

Lalu kamu akan diminta untuk memilih cara verifikasi lewat Kartu pos melalui surat atau Verifikasi nanti.

Namun, perlu dicatat bahwa akun Google Bisnisku belum bisa berjalan jika kamu belum melakukan verifikasi.

Untuk beberapa kategori bisnis memang harus melewati proses verifikasi tersebut. Namun, untuk kategori bisnis lainnya akan ada pilihan verifikasi lain, melalui nonor telepon atau lewat email seperti verifikasi pada umumnya.

Langkah 8

Jika semua sudah terverifikasi, selamat kamu sudah memiliki akun Google Bisnisku sekarang.

Saatnya mengatur tampilan yang nantinya akan dilihat pertama kali oleh pengunjung Google.

Di dashboard Google Bisnisku, lengkapi semua detail bisnis kamu, seperti nama alamat, kontak atau nomor telepon, serta foto. Jangan sampai ada yang terlewat karena ini yang akan dilihat oleh pengunjung pertama kali.

Lalu lengkapi foto-foto tempat bisnis kamu. Gunakan foto dengan resolusi yang baik 250 x 250. Masukkan juga foto logo bisnis kamu. Beberapa foto ini juga akan masuk di penelusuran Google Maps.


Keuntungan dan Manfaat Google Bisnisku

Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki akun Google Bisnisku dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis kamu.

Memudahkan siapapun menemukan bisnis kamu

Ketika bisnis kamu sudah terdaftar di Google Bisnisku, maka siapapun akan dengan mudah menemukan bisnis kamu ketika mereka sedang mencari kategori bisnis serupa, atau sedang mencari sesuatu di sekitar lokasi bisnis kamu.

Muncul di Google Maps

Saat pengguna mencari sesuatu dan diiringi dengan kata kunci “terdekat” dan lokasi mereka di sekitar lokasi bisnis kamu, maka peluang bisnismu ditemukan akan sangat besar.

Menaikkan tingkat kepercayaan pelanggan lewat review

Ulasan atau review adalah salah satu indikator kesuksesan sebuah bisnis. Dengan adanya fitur ini, kamu akan dapat lebih meyakinkan pelanggan terhadap produk atau tempat bisnismu.

Pastikan kamu memberikan respons yang baik untuk setiap ulasan yang diberikan agar memberikan kesan yang baik juga.

Sekarang sudah siap membuat akun Google Bisnisku untuk bisnis kamu?

Jika saat ini masih dalam tahap perencanaan membuat bisnis, kamu bisa mulai perencanaan yang matang dengan KoinWorks yang menawarkan KoinBisnis untuk mendapat tambahan modal tanpa agunan.

Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.