7 Tips dan Manfaat Hashtag Instagram Dalam Bisnis – Popularitas Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia memang tak perlu diragukan lagi.

Media sosial yang dirilis pada Oktober 2010 tersebut kini juga kerap digunakan untuk mendukung kelancaran bisnis. Hashtag Instagram (tanda pagar atau tagar) merupakan salah satu fitur paling penting bagi bisnis online yang tak boleh diabaikan para pebisnis modern.

Apakah selama ini kamu sudah menggunakan tagar Instagram yang tepat untuk mendukung promosi bisnismu?

Belum terlambat kok jika selama ini kamu belum memanfaatkan hashtag populer di Instagram secara maksimal. Ulasan tentang manfaat dan tips hashtag Instagram ini akan menambah wawasanmu sehingga kamu bisa menggunakan hashtag dengan cara yang tepat.


1. Yuk, Kenalan Dulu dengan Manfaat Hashtag Instagram!

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika menggunakan hashtag Instagram untuk kepentingan bisnis adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan visibilitas bisnis. Para pengguna Instagram yang melakukan pencarian dengan hashtag akan lebih mudah menemukan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Itulah sebabnya kamu mesti menggunakan hashtag populer yang sering dipakai banyak pengguna Instagram.
  • Mempermudah pengelompokan konten dan pencarian di Instagram. Kamu bisa mengelompokkan konten bisnismu di Instagram secara spesifik dengan menggunakan hashtag tertentu. Sehingga nanti kamu tinggal menggunakan tagar Instagram tersebut jika ingin mengakses kelompok konten tertentu. Misalnya, kamu bisa memakai hashtag #GamisTokoOnlineSakinah dan #SajadahTokoOnlineSakinah untuk mengelompokkan konten.
  • Mewujudkan promosi lintas media sosial. Jika kamu mengintegrasikan Instagram dengan media sosial lainnya, maka hashtag Instagram yang kamu gunakan juga akan tampil pada media sosial lain. Upaya promosi lintas media sosial pun akan berlangsung dengan baik karena bisnis online-mu memiliki hashtag unik yang menjadi ciri khas.

2. Menggunakan Hashtag yang Relevan dengan Bisnis

Promosi bisnis melalui hashtag Instagram bukan berarti membuatmu boleh menggunakan hashtag populer yang tidak relevan dengan bisnis. Kamu harus tetap memilih hashtag yang tepat sesuai bidang bisnismu. Contohnya, kamu menggunakan hashtag #KeripikSingkongPedas dan #KeripikPedas jika produk bisnismu berupa cemilan keripik singkong pedas aneka level. Tagar Instagram yang relevan akan membantumu mendapatkan followers baru sekaligus memperbesar peluang memperoleh pelanggan baru.


3. Mengikuti Tren Terbaru

Untuk memikat perhatian banyak orang, sebaiknya kamu tidak selalu mengunggah konten tentang produk atau jasa bisnismu. Sesekali kamu juga bisa mengunggah konten yang sedang populer dengan menggunakan hashtag yang menarik perhatian banyak orang. Misalnya, mengunggah konten meme tentang banjir dengan hashtag #BanjirJakarta ketika situasi ibukota sedang mengalami banjir parah. Cara sederhana ini akan membuat pengguna Instagram yang juga memakai hashtag tersebut berpeluang mampir ke akun Instagram bisnismu.


4. Jangan Menggunakan Hashtag Terlalu Banyak

Instagram memungkinkan kamu menggunakan maksimal 30 hashtag dalam setiap unggahan. Namun, sebaiknya kamu tidak menggunakan hashtag terlalu banyak, ya. Penggunaan hashtag yang berlebihan hanya akan membuatmu kesulitan mengidentifikasi hashtag yang paling efektif. Alangkah lebih baik jika kamu hanya menggunakan lima hingga sepuluh hashtag saja. Pilihlah hashtag yang paling populer dan banyak dicari supaya efektivitasnya makin bertambah.


5. Mengganti Hashtag Instagram Secara Rutin

Sejak tahun 2019, Instagram merilis fitur baru yang membuat para penggunanya bisa follow hashtag tertentu sesuai minat. Unggahan dengan hashtag tersebut akan dimunculkan pada feed secara bergantian. Fitur baru ini membuat konten yang selalu menggunakan satu hashtag tertentu dianggap sebagai spam oleh algoritma baru Instagram sehingga tingkat visibilitasnya rentan menurun drastis. Jadi, sebaiknya kamu mengganti hashtag Instagram secara rutin. Susunlah beberapa perencanaan hashtag dan gunakan secara bergantian setiap kali kamu mengunggah konten baru di Instagram.


6. Memakai Hashtag Generator Gratis

Hashtag generator adalah aplikasi untuk membantu mencari hashtag yang populer di kalangan pengguna Instagram. Penggunaan hashtag generator bisa membantumu menemukan hashtag terbaik yang patut kamu gunakan untuk mendukung bisnis online di Instagram. Beberapa rekomendasi hashtag generator gratis yang dapat kamu gunakan antara lain:

  • All Hashtag: aplikasi ini bisa membantumu mencari tagar Instagram teratas dan menganalisisnya secara sederhana.
  • Sistrix: aplikasi buatan Johannes Beus ini memuat lebih dari 15 miliar kombinasi tagar dan mengandung lebih dari 7,7 juta tagar yang diperbarui secara teratur.
  • Ingramer: aplikasi ini dapat merekomendasikan dua hashtag yang paling sering digunakan pengguna Instagram, 8 hashtag yang cukup sering digunakan, serta 10 hingga 12 hashtag yang jarang digunakan.
  • Tags Finder: aplikasi ini dapat membantu menemukan hashtag populer berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnisku


7. Melakukan Hashtag Analytics untuk Hasil Maksimal

Tingkat efektivitas penggunaanhashtag Instagram harus dianalisis secara rutin agar kamu bisa mengetahui hashtag yang paling berpengaruh bagi bisnismu. Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk melakukan analysis hashtag selain Instagram Insight, yaitu Iconosquare, Hootsuite Analytics, Keyhole, Hype Auditor, dan lainnya. Tak cuma menawarkan fitur-fitur gratis, kamu juga bisa memanfaatkan fitur berbayar pada aplikasi-aplikasi tersebut untuk mendukung analisis secara detail.


Mulai sekarang, jangan lagi meremehkan manfaat tagar Instagram untuk bisnismu, ya. Belajarlah menentukan hashtag terbaik yang dapat membantu meningkatkan popularitas bisnismu di Instagram. Bisnis yang populer di media sosial pasti bikin cuan semakin bertambah.

Jika bisnismu semakin membesar, kamu tentu membutuhkan dana untuk melakukan usaha ekspansi. Kamu bisa menggunakan KoinBisnis dari KoinWorks. Dengan KoinBisnis, dapatkan pinjaman usaha tanpa agunan hingga Rp2 Miliar dengan bunga 0,75%-1,67% per bulan.

Kamu bisa memilih pinjaman tersebut dengan tenor 6-24 bulan. Jangan khawatir, KoinWorks terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai syarat pinjaman tanpa agunan, KoinBisnis, dari KoinWorks, dan buat bisnismu makin cuan!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.