Mau Centang Biru? Ini Cara Mendapatkan Verifikasi Instagram Bisnismu – Bayangkan saat bangun di pagi hari menyadari profil Instagram bisnis kamu sudah terverifikasi dengan badge atau lencana centang biru dan jumlah followers yang naik tiga kali lipat dalam waktu semalam.

Perlu untuk diketahui bahwa sekarang tidak hanya selebriti atau brand besar yang bisa mendapat verifikasi Instagram, tapi juga bisa bisnis online atau brand yang baru kamu rintis.

Di sini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan verifikasi akun Instagram bisnis kamu serta tips untuk mempertahankan reputasi brand setelah mendapat centang biru.


Cara Mendapat Centang Biru

Saat ini memang hanya beberapa akun Instagram yang sudah terverifikasi atau memiliki centang biru. Namun, tidak menutup kemungkinan akun bisnis kamu juga bisa terverifikasi.

Kamu bisa mengajukan permintaan verifikasi dengan beberapa langkah. Namun, melansir dari laman resmi Instagram, pengajuan permintaan tersebut tidak menjamin kepastian akun kamu akan bisa diverifikasi.

  • Pertama, masuk ke akun dan buka profil Instagram kamu. Lalu tap ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, tap Pengaturan (Settings) lalu tap Akun (Account), selanjutnya tap Minta Verifikasi (Request Verification).
  • Terakhir, di dalam menu tersebut lengkapi semua kolom formulir mulai dari nama lengkap, nama panggilan, pilih kategori akun, lalu lampirkan foto identitas yang diterbitkan pemerintah. Bisa itu berupa KTP, paspor, SIM, atau dokumen bisnis resmi seperti pengajuan pajak atau akta pendirian. Lalu tap Kirim (Send).

Baca juga : Tips Foto Produk Online Shop

Langkah selanjutnya setelah mengajukan permintaan verifikasi

Instagram akan memberikan notifikasi mengenai status verifikasi akun kamu baik itu ketika ditolak maupun diterima.

Jika pihak Instagram menolak permintaan verifikasi akun, kamu bisa mencoba lagi kembali 30 hari kemudian.


Syarat Akun Instagram Bisnis Bisa Terverifikasi

Sebenarnya tidak ada syarat yang terlalu baku dari Instagram untuk mendapatkan lencana verifikasi.

Selama sebuah akun banyak dicari audiens, tidak melanggar ketentuan dan peraturan dari Instagram, dan memiliki konten yang menarik, verifikasi pasti akan didapatkan dengan mudah.

Hanya saja, untuk sebuah akun Instagram bisnis yang masih dirintis rasanya memang perlu untuk berusaha agak lebih sedikit agar bisa mendapatkan verifikasi Instagram, seperti mengikuti syarat berikut ini.

1. Siapa pun berhak mengajukan permintaan verifikasi di Instagram. Baik itu selebriti, brand besar, maupun brand yang baru dirintis.

2. Untuk memperbesar kemungkinan akun Instagram bisnismu berhasil terverifikasi, patuhi ketentuan dan guideline yang berlaku di Instagram serta bisa memverifikasi keaslian data yang dilampirkan.

3. Faktor lain yang bisa menjadi poin plus sebuah akun Instagram berhasil terverifikasi adalah memiliki empat poin berikut ini:

Otentik: Tunjukkan orisinalitas profil Instagram bisnis kamu bahwa akunmu bukan imitasi orang lain atau brand lain.

Baca juga : Mengenal Fitur WhatsApp Bisnis

Unik: Salah satu yang menjadi poin penilaian saat proses verifikasi berlangsung adalah keunikan profil yang benar-benar merepresentasikan bisnis kamu.

Lengkap: Maksudnya lengkap di sini adalah kelengkapan data yang disubmit di akun Instagram bisnis yang akan diverifikasi mulai dari foto profil, bio, dan jumlah postingan.

Notable: Penilaian verifikasi Instagram lainnya adalah melalui representasi akun terhadap branding yang dibawa. Salah satu faktor penguat untuk akun Instagram bisa mendapat centang biru adalah akun yang terlihat sebagai seseorang atau brand yang sering dicari.


Pertanyaan Umum Tentang Verifikasi Instagram (Instagram Verification FAQ)

Mengapa memiliki akun yang terverifikasi penting untuk bisnis?

Memiliki centang biru di akun Instagram bisnis kamu sudah pasti akan mendatangkan kepercayaan dan loyalitas target market kamu.

Pertama, centang biru atau lencana verifikasi ini cukup sulit untuk didapat, artinya ini adalah sesuatu yang prestisius.

Kedua, verifikasi Instagram prosesnya dihandle langsung oleh staf Instagram yang mana memberikan artian bahwa reputasi Instagram bisnismu cukup atau sangat bagus.

Siapa saja yang bisa mendapatkan verifikasi Instagram?

Perlu diingat kembali bahwa siapapun bisa mengajukan permintaan verifikasi akun.

Pada Agustus tahun 2018, Instagram telah mengganti peraturannya dan sekarang siapapun diperbolehkan untuk mengajukan permintaan verifikasi akun Instagram.

Meskipun kesempatan untuk bisnis kecil bisa diverifikasi juga kecil bukan berarti ini hal yang tidak mungkin. Selama kamu bisa membuat akun Instagram bisnismu viral dan banyak dicari, maka kesempatan untuk mendapat centang biru pun masih ada.


Keuntungan Verifikasi Instagram dan Centang Biru

Sempat disebut di atas bahwa verifikasi Instagram dan tanda centang biru ini akan memberikan kesan prestisius pada akun Instagram bisnismu.

Meningkatkan kepercayaan bagi audiens

Verifikasi dan centang biru di akun Instagram bisnis kamu akan memberikan tingkat kepercayaan pada target audiens atau calon pelanggan terhadap brand yang kamu bawa.

Memberikan kesan eksklusif terhadap brand kamu

Sudah jadi rahasia umum bahwa cukup sulit untuk mendapatkan centang biru dan berstatus “verified Instagram account“.

Oleh karena itu, jika kamu berhasil untuk mendapatkan verifikasi akun Instagram, kamu akan dipandang sebagai brand yang eksklusif yang tentunya akan menarik perhatian brand eksklusif lainnya untuk berkolaborasi.

Sebagai Investasi

Coba proyeksikan akun Instagram bisnis kamu yang sudah terverifikasi di lima tahun mendatang.

Nilai kamu sebagai akun Instagram bisnis yang sudah terverifikasi akan semakin bertambah karena dianggap sebagai “pemain lama” yang konsisten.

Sama halnya jika kamu berinvestasi emas di KoinGold semakin lama, nilainya akan makin bertambah selama dikelola dengan konsistensi yang baik.

Itulah keuntungan dan cara mendapatkan verifikasi akun Instagram untuk bisnis kamu.

Selamat menerapkan dan semoga membantu!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.