HomeMarketingDigital MarketingCara Beriklan di Facebook dengan Mudah dan Efektif

Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah dan Efektif

Cara Beriklan di Facebook – Facebook telah menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia sejak tahun 2009. Hingga Maret 2021, tercatat bahwa jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta orang atau setara dengan 63,4% total populasi.

Jumlah fantastis tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak di Asia setelah India. Itulah sebabnya Facebook sering dimanfaatkan untuk mempromosikan dan meningkatkan omzet bisnis. Cara iklan di Facebook Ads sangat praktis sehingga perusahaan korporat maupun UMKM dapat menggunakannya.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan iklan di media sosial Facebook yang memungkinkan suatu iklan muncul pada beranda atau sidebar. Facebook menargetkan para penggunanya sebagai audience Facebook Ads yang diharapkan membeli produk atau jasa, mengakses website, atau menggunakan aplikasi yang dimiliki pihak pemasang iklan.


Keuntungan Beriklan di Facebook

1. Iklan Facebook Itu Efektif

Mengingat jumlah pengguna aktif harian pengguna facebook yang terus bertambah, tren ini sepertinya tidak akan segera berubah. Menurut Facebook, perusahaan terus melihat peningkatan pendapatan iklan dari tahun ke tahun, bukti bahwa bisnis yang menggunakan iklan di Facebook itu efektif. Tidak mengherankan jika bisnis berinvestasi dalam iklan Facebook, terutama ketika pengguna Facebook juga merupakan pembeli aktif. Dalam sebuah survei, 44% konsumen mengakui bahwa Facebook mempengaruhi audiens dalam mengambil keputusan belanja mereka.

2. Facebook Menyediakan Alat Penargetan Spesifik

Salah satu keuntungan utama beriklan di Facebook adalah berbagai pilihan penargetan dan penargetan ulang (remarketing) yang memungkinkan kamu menjangkau calon pelanggan kamu. Facebook memungkinkan kamu beriklan ke audiens berdasarkan lokasi, usia, perilaku, dan minat. Oleh karena itu, iklan kamu ditampilkan kepada orang-orang yang berpotensi membeli produk atau layanan kamu.

3. Facebook Memberikan Analisis Gratis

Facebook memberi kamu laporan dan analitik komprehensif tentang kinerja kampanye iklan. Laporan diperbarui secara waktu nyata, sehingga kamu dapat melihat apa yang berfungsi dan tidak berfungsi segera setelah kampanye iklan kamu berjalan.

Kamu dapat melihat metrik sosial dan rasio konversi kamu dalam Pengelola Iklan. Kamu bisa melihat berapa yang menyukai facebook page, engagement, reach, performance dan banyak lagi. Ketika kamu memiliki akses ke data tersebut, kamu dapat dengan mudah menyesuaikan iklan Facebook kamu berdasarkan apa yang diperlukan. Facebook menawarkan kamu begitu banyak fleksibilitas dalam hal melacak kemajuan kampanye iklan. Karena dapat melacak dan mengukur bahkan detail kecil, sehingga dapat merencanakan strategi iklan dengan lebih baik.

4. Facebook Menyediakan Remarketing yang Efektif

Selama beberapa tahun terakhir, Facebook telah berkembang menjadi mesin pemasaran yang tangguh, dimana bisnis apa pun dapat memperluas jangkauannya. Remarketing atau pemasaran ulang Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pengunjung yang pernah melihat produk atau layanan kamu, yang masih belum sadar terhadap produk atau jasa yang kamu miliki.

5. Facebook Menawarkan Call to Action Khusus

Keuntungan besar lainnya dari iklan Facebook adalah ajakan bertindak (CTA) khusus yang dapat membantu meningkatkan tingkat konversi. Tombol ajakan memungkinkan kamu memberikan instruksi eksplisit kepada calon pelanggan tentang apa yang sebenarnya kamu ingin mereka lakukan, seperti mendaftar untuk berlangganan, menonton video, atau menggunakan aplikasi. CTA tentu membuat perbedaan besar dalam performa iklan Anda. Menurut laporan oleh Ad Roll, menambahkan CTA ke halaman Facebook Anda dapat meningkatkan tingkat CTR hingga 285%.

Berikut daftar Call to Action yang ditawarkan Facebook Ads:

  • Pesan sekarang (Book Now)
  • Hubungi kami (Contact Us)
  • Mainkan Game (Play Game)
  • Daftar (Sign Up)
  • Unduh (Download)
  • Pelajari Lebih Lanjut (Learn More)
  • Gunakan Aplikasi (Use App)
  • Menonton video (Watch Video)

6. Iklan Facebook Terbilang Murah

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, beriklan di Facebook memiliki biaya yang lebih murah. Dengan modal 10.000 rupiah, kamu sudah bisa beriklan di Facebook Ads. Perlu diketahui Facebook Ads memiliki fitur untuk mengoptimalkan biaya iklan dan memaksimalkan jangkauan iklan dengan biaya yang terjangkau.


Setelah mengetahui apa itu facebook ads dan keuntungan beriklan di facebook ads. Berikut cara beriklan di Facebook Ads:

Cara Beriklan di Facebook Ads dengan Mudah

Jika kamu sudah memiliki halaman bisnis Facebook, kamu dapat langsung menuju ke Pengelola Iklan Facebook atau Pengelola Bisnis untuk membuat kampanye iklan Facebook kamu. Jika Anda belum memiliki halaman bisnis, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Dengan mengikuti langkah-langkah membuat facebook page disini.

Langkah-langkah membuat iklan di Facebook Ads:

1. Mengakses Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan bila ingin pasang iklan di Facebook adalah mengakses Facebook Ads Manager melalui URL https://business.facebook.com/ . Jangan lupa melakukan login terlebih dahulu supaya bisa mengakses URL tersebut.

2. Memilih Pembuatan Iklan Terpandu

Cara beriklan di Facebook

Bila sudah berhasil login, kamu bisa mengakses menu Kampanye dan klik opsi Buat Iklan. Ada dua jenis iklan yang bebas kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu Pembuatan Iklan Cepat dan Pembuatan Iklan Terpandu yang lebih spesifik.

3. Menentukan Tujuan Iklan

Cara beriklan di facebook

Langkah berikutnya yang mesti kamu lakukan adalah menentukan 1 dari 3 tujuan iklan, yaitu:

Kesadaran (awareness)

Meningkatkan brand awareness sekaligus menjangkau netizen yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnismu. Opsi ini mencakup kesadaran merek dan jangkauan.

  • Kesadaran merek (Brand Awareness): Perkenalkan merek Anda ke audiens baru.
  • Jangkauan (Reach): Pamerkan iklan Anda ke sebanyak mungkin orang di audiens Anda.

Pertimbangan (consideration)

Meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau menambah jumlah pengguna aplikasi. Opsi ini mencakup lalu lintas kunjungan, interaksi, pemasangan aplikasi, penayangan video, dan pembuatan prospek.

  • Lalu Lintas Kunjungan (Traffic): Arahkan lalu lintas ke halaman web, aplikasi, atau percakapan Facebook Messenger tertentu.
  • Interaksi (Engagement): Jangkauan khalayak luas untuk meningkatkan jumlah interaksi postingan atau pengikut Halaman, tingkatkan interaksi di event kamu yang sedang berjalan, atau dorong orang untuk mengklaim penawaran khusus mengenai produk atau jasa.
  • Pemasangan Aplikasi (App Installs): Minta orang untuk memasang aplikasi kamu.
  • Penayangan Video (Video View): Dapatkan lebih banyak orang untuk menonton video kamu.
  • Pembuatan prospek (Lead Generation): Dapatkan prospek baru ke dalam saluran penjualan kamu.
  • Pesan (Messages): Dorong orang untuk menghubungi bisnis kamu menggunakan Facebook Messenger.

Konversi (conversion)

Meningkatkan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi belanja di websitemu. Opsi ini mencakup konversi, penjualan katalog, dan kunjungan toko.

  • Konversi (Conversions): Ajak orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web kamu (seperti berlangganan, daftar atau membeli produk), dengan aplikasi kamu, atau di Facebook Messenger.
  • Penjualan Katalog (Katalog Sales): Hubungkan iklan Facebook kamu ke katalog produk untuk menampilkan iklan kepada orang-orang tentang produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli.
  • Kunjungan Toko (Store Traffic): Arahkan pelanggan terdekat ke toko fisik.

4. Beri Nama Campaign Iklan 

Cara beriklan di facebook

Ada dua jenis iklan yang bisa kamu pilih pada Facebook Ads, yaitu Uji Split  atau Uji A/B dan Pengoptimalan Anggaran. Iklan Uji Split mengharuskanmu membuat 2 konten berbeda sehingga Facebook Ads dapat membantumu menilai iklan manakah yang lebih menarik dan meraih banyak trafik.

Biaya yang dibutuhkan untuk Uji Split nilainya 2 kali lipat lebih besar daripada opsi Pengoptimalan Anggaran. Kamu harus memilih satu dari dua jenis iklan tersebut karena keduanya tidak dapat digunakan bersamaan.

5. Tentukan Anggaran dan Jadwal Iklan

Cara beriklan di Facebook

Selanjutnya, kamu memutuskan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan untuk kampanye iklan Facebook kamu. Kamu dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup. Kemudian, tetapkan tanggal mulai dan berakhir jika kamu ingin menjadwalkan iklan di masa mendatang, atau memilih untuk langsung menayangkannya.

Ingatlah bahwa menjalankan iklan berbayar Facebook kamu sesuai jadwal mungkin merupakan cara paling efisien untuk membelanjakan anggaran kamu karena hanya dapat memilih untuk menayangkan iklan saat audiens target kamu kemungkinan besar berada di Facebook. Kamu hanya dapat menetapkan jadwal jika Anda membuat anggaran seumur hidup untuk iklan Anda.

6. Menulis Nama Iklan dan Memilih Tujuan Trafik

Kamu wajib menulis nama iklan supaya bisa mengecek performa iklan pada Facebook Ads. Lalu, tentukan tujuan trafik yang bisa diarahkan ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

7. Menentukan Target Audience

Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat menentukan target audience Facebook Ads, yaitu:

  • Pemirsa khusus: menjangkau orang-orang yang pernah terhubung dengan bisnismu secara online maupun offline.
  • Lokasi: menentukan lokasi target bisnis agar peluang membeli semakin besar.
  • Umur: kamu dapat mengiklankan bisnis untuk mencapai target dengan rentang usia tertentu, misalnya 18 hingga 35 tahun.
  • Jenis kelamin: membuat target spesifik berdasarkan jenis kelamin, misalnya iklan bra hanya menargetkan kaum wanita.
  • Bahasa: kamu bisa mengosongkan opsi ini bila ingin menjangkau lokasi dengan bahasa yang sama.
  • Koneksi: menampilkan iklan untuk orang-orang yang sudah pernah terhubung dengan website atau aplikasimu.

8. Menentukan Penempatan Iklan

Jika kamu memilih penempatan iklan otomatis, iklanmu akan muncul di tempat-tempat yang performanya paling baik sehingga tujuan iklan lebih mudah dicapai. Sementara itu, opsi Edit Penempatan membuatmu lebih leluasa menentukan tempat kemunculan iklan, antara lain di Facebook News Feed, Facebook Marketplace, Facebook Stories, Messenger, atau Instagram.

9. Memilih Format Iklan dan Membuat Deskrpsi Iklan

Facebook Ads memiliki 5 format iklan yang bebas kamu pilih, yaitu:

  • Karosel: tampilan iklan dengan dua atau lebih gambar atau video yang bisa digeser.
  • Gambar tunggal: hanya terdiri dari 1 gambar.
  • Video tunggal: hanya terdiri dari 1 video.
  • Tayangan slide: iklan dengan gambar atau video yang berjumlah maksimal 10.
  • Koleksi: gabungan gambar dan video.
  • Ketahui ukuran iklan yang ideal untuk Facebook Ads disini.

Deskripsi iklan di Facebook harus terdiri dari kalimat yang jelas, singkat, sekaligus mampu menggugah keingintahuan pengguna Facebook tentang bisnismu.

Untuk membuat iklan Facebook terbaik, kamu perlu mengingat jumlah karakter yang disarankan. Apa pun di luar batas teks ini akan dipotong. Kmau juga perlu memahami jenis iklan Facebook yang bekerja dengan masing-masing tujuan kampanye iklan.

Cara Penulisan Deskripsi Iklan di Facebook yang Efektif

Gambar Tunggal (Image Ads)

  • Judul: 40 karakter
  • Deskripsi tautan: 30 karakter
  • Teks isi: 125 karakter
  • Tujuan kampanye: Semua kecuali penayangan video

Video Tunggal (Video Ads)

  • Judul: 40 karakter
  • Deskripsi tautan: 30 karakter
  • Teks isi: 125 karakter
  • Tujuan kampanye: Semua kecuali penjualan katalog

Karosel (Carousel Ads)

  • Judul: 40 karakter
  • Deskripsi tautan: 20 karakter
  • Teks isi: 125 karakter
  • Tujuan kampanye: Semua kecuali keterlibatan dan penayangan video

Tayangan Slide (Slideshow Ads)

  • Judul: 25 karakter
  • Deskripsi tautan: 30 karakter
  • Teks isi: 125 karakter
  • Tujuan kampanye: Semua

Koleksi (Collection Ads)

  • Judul: 40 karakter
  • Deskripsi tautan: N/A
  • Teks isi: 125 karakter
  • Tujuan kampanye: Lalu lintas, konversi, penjualan katalog, lalu lintas toko

10. Memilih Gambar, Memasukkan Judul, dan Menyertakan Link

Setiap format iklan Facebook membutuhkan ukuran gambar dan video yang berbeda-beda. Tak hanya harus memilih gambar yang tepat, kamu juga wajib memasukkan judul yang menarik serta link tujuan, misalnya website atau link download aplikasi.

11. Menyelesaikan Proses Pembayaran

Langkah terakhir yang mesti dilakukan saat pasang iklan Facebook adalah menyelesaikan proses pembayaran. Ada dua opsi pembayaran yang bebas kamu pilih, yaitu menggunakan kartu debit atau kartu kredit.


Setelah mengetahui cara iklan di Facebook Ads, kamu bisa segera mempraktikkannya agar bisnismu semakin populer dan omzetnya meningkat. Lonjakan omzet bisnis membuat pendapatan meningkat sehingga kamu dapat menyisihkannya untuk menambah modal usaha.

Namun, tak perlu khawatir jika keuntungan bisnis belum cukup untuk mendukung ekspansi bisnis. Ada KoinBisnis dari KoinWorks yang bisa menjadi solusinya.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis. Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%) dengan total pinjaman mencapai 2 miliar rupiah, proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin. Ekspansi bisnis akan berlangsung lancar jika kamu sudah punya tambahan modal dan melakukan pemanfaatan teknologi secara maksimal.


Temukan berbagai informasi bisnis, ide bisnis dan tips digital marketing lainnya untuk mengembangkan bisnis kamu hanya di Entrepreneurcamp.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!