HomeIde BisnisContoh E-Commerce B2B di Indonesia, Mana Yang Populer Digunakan?

Contoh E-Commerce B2B di Indonesia, Mana Yang Populer Digunakan?

Contoh E-Commerce B2B di Indonesia – Sektor bisnis kian berkembang pesat dari hari ke hari dengan beragam model bisnis. Kehadirannya di berbagai bidang pun semakin menyemarakkan perekonomian Indonesia. Namun, tidak semudah itu untuk mendirikan perusahan.

Tentu saja membutuhkan modal yang tidak hanya dalam segi finansial. Namun, sebuah perusahaan juga perlu mengadakan beberapa kebutuhan yang dapat mempengaruhi keberlangsungan proses produksi. Itu sebabnya dibutuhkan perlengkapan terbaik untuk mendukung berjalannya bisnis tersebut. Salah satu cara yang mudah untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan e-commerce B2B. Apakah itu?


Apa itu E-Commerce B2B?

B2B e-commerce adalah penjualan barang atau jasa antar bisnis melalui portal penjualan online. Secara garis besar, e-commerce adalah suatu platform yang digunakan untuk berbelanja online. Namun, ketika memiliki target B2B itu berarti dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Alih-alih menerima pesanan menggunakan aset manusia (perwakilan penjualan) secara manual melalui telepon atau email, pesanan dapat diterima secara digital, sehingga mengurangi biaya overhead.

Hal ini tentu saja akan menjadi solusi bagi para penggiat usaha yang ingin melengkapi kebutuhan perusahaannya. E-commerce B2B juga memudahkan perusahaan untuk memperoleh keperluan yang dibutuhkan dengan proses yang lebih singkat.

Baca juga: Contoh E-Commerce B2C di Indonesia Populer Untuk Berbisnis

Jika kamu juga salah satu penggiat bisnis yang baru saja memulai kami berikan rekomendasi contoh e-commerce B2B Indonesia yang populer dan bisa kamu gunakan untuk mempermudah proses pengadaan logistikmu. Simak bersama ya!


Contoh E-Commerce B2B di Indonesia

1. Bizzy

Contoh e-commerce B2B  Indonesia pertama adalah Bizzy. Sejak kemunculannya di tahun 2015 silam, perusahaan e-commerce B2B asal Thailand ini menjadi solusi untuk perusahaan dalam pengadaan hal-hal yang dibutuhkan. Mulai dari barang-barang kantor, elektronik, kebersihan kantor, kebutuhan pantry, furnitur kantor hingga kebutuhan karyawan.

Selain itu, ada juga Bizzy Travel yang dapat mengakomodir kebutuhan perusahaan dan karyawan jika ingin melakukan perjalanan. Keunggulan pada Bizzy adalah lebih hemat dengan diskon yang disediakan dan juga memiliki harga produk yang lebih terjangkau dari pasaran. Bizzy juga memberikan kemudahan dengan aplikasi yang bisa memudahkan kita untuk melakukan proses transaksi dari mana saja.

2. Mbiz

Jika ingin menggunakan e-commerce B2B asli Indonesia, kamu bisa mengandalkan Mbiz untuk melakukan pengadaan bisnis baik dari segi barang maupun jasa. Mbiz pun memiliki kemudahan akses tanpa instalasi software yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, sehingga lebih efisien.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan supply dengan kategori yang luas dari Mbiz, mulai dari agrikultur dan produk segar, elektronik, kesehatan, kecantikan, otomotif, sampai ke peralatan konstruksi. Melalui akses pada website langsung, kamu bisa segera memproses kebutuhan apa saja yang memang diperlukan untuk melengkapi perlengkapan perusahaanmu.

3. Ralali

Contoh e-commerce B2B Indonesia asli lainnya adalah Ralali. Dengan mengusung nama berkonsep bahasa jawa, Ralali memiliki arti “ora lali” yaitu, tidak lupa. Sejak tahun 2014, Ralali sudah melayani lebih dari 135.000 konsumennya yang juga membuatnya menjadi salah salah satu e-commerce terbaik yang bisa kamu gunakan.

Produk yang disediakan oleh Ralali juga memiliki kategori luas, mulai dari perlengkapan perusahaan, keperluan konstruksi, material pembangunan, furnitur, dekorasi, supply makanan, hingga packaging. Selain itu, Ralali juga diklaim menyediakan kebutuhan bisnis dengan harga grosir yang lebih murah dan juga pilihan produk yang banyak. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play maupun App Store atau langsung dari website-nya.

4. Monotaro

Jika bisnismu beroperasi di sektor industri, Monotaro pilihan yang baik untukmu. Monotaro adalah contoh e-commerce B2B Indonesia yang berasa dari Jepang. Platform ini menyediakan berbagai solusi untuk keperluan industri, mulai dari perawatan pabrik, produk keselamatan, peralatan, alat laboratorium, konstruksi, hingga kebutuhan kantor.

Selain itu, Monotaro memiliki warehouse yang dapat menyimpan ketersediaan produk sehingga ketersediaan akan selalu terjamin. Untuk berbelanja, kamu bisa langsung menunjungi website-nya dan melakukan transaksi yang sudah didukung oleh berbagai metode pembayaran, termasuk dengan gopay.

5. AXIQoe

AXIQoe melayani peralatan serta kebutuhan kantor semacam Electronic seperti printer, scanner, Komputer, notebook, IT peripherals, kamera, serta gadget. Axiqoe juga melayani Office Supplies seperti perlengkapan tulis kantor serta ketas, serta Office Equipment seperti projector, mesin penghancur kertas.

Bermacam- macam tipe produk yang ditawarkan, jaminan keaslian produk, serta service tingkat agreement yang terpelihara menjadikan AXIQoe selaku B2B serta B2G ecommerce terdepan yang menawarkan bermacam peralatan kebutuhan kantor.


Nah, itu dia beberapa contoh e-commerce B2B Indonesia yang bisa kamu gunakan dalam membangun bisnismu. Jika baru saja akan memulai bisnis, KoinWorks juga daat menjadi solusi finansialmu dalam akses permodalan.

Melalui KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha secara online dengan limit hingga Rp 2 miliyar. Cicilan bunganya pun terjangkau, yaitu berkisar antara 0.75% sampai 1.67% per bulan.

Tidak perlu takut, karena KoinWorks sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Untuk bergabung, cukup unduh aplikasinya pada smartphone-mu dan sambungkan toko online-mu dengan bank lalu akan terintegrasi secara otomatis. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kembangkan bisnismu mulai dengan yang terbaik!


Temukan berbagai informasi menarik lainnya seputar marketing, ide bisnis dan manajemen bisnis untuk mengembangkan bisnis kamu hanya di Entrepreneurcamp.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!