Cara Buat Akun Google Tanpa Nomor HP (Beserta Gambar)

263
Cara Buat Akun Google Tanpa Nomor HP (Beserta Gambar)

Cara buat akun Google tanpa nomor HP sebenarnya sangat mudah. Selama ini, mungkin kamu kesulitan untuk membuat akun baru di Google karena harus melewati verifikasi nomor telepon. Kabar baiknya, kamu bisa melewati langkah tersebut, karena sifatnya tidak wajib alias opsional.

Google punya tujuan tersendiri mengapa mereka meminta data telepon seluler untuk verifikasi. Di artikel ini, kamu akan belajar tutorial membuat akun baru tanpa harus mengisi nomor telepon. Selain itu, kamu juga akan mengetahui alasan keamanan di balik verifikasi nomor HP.

Mengapa Google Meminta Nomor Telepon Saat Pendaftaran Akun?

Sebelum belajar cara buat akun Google tanpa nomor HP, pertama-tama kamu harus mengetahui sistem keamanan registrasi terlebih dahulu. Google mempunyai pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu, mereka harus memastikan keamanan pengguna, salah satunya dengan verifikasi seluler. Rincian teknisnya ialah:

1. Mencegah Bot

Salah satu ancaman bagi Google adalah penggunaan bot yang kerap dipakai untuk membuat akun secara massal. Google ingin setiap akun yang terdaftar di sistem mereka benar-benar dibuat oleh manusia, bukan bot. Pasalnya, pembuatan akun massal menggunakan bot kerap bertujuan untuk aktivitas ilegal.

Sedangkan sistem captcha yang berlaku saat ini sudah semakin rentan. Bot modern sudah lebih canggih dan mengetahui cara buat akun Google tanpa nomor HP. Captcha sederhana saja bisa sangat mudah mereka lewati. Oleh karena itu, Google meminta nomor telepon sebagai metode verifikasi yang belum bisa ‘diakali’ bot.

2. Mencegah Penyalahgunaan

Alasan lain Google mensyaratkan verifikasi seluler adalah untuk mencegah penyalahgunaan layanan. Idealnya, satu orang hanya memerlukan beberapa akun Google untuk kepentingan pribadi, pekerjaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Google membatasi jumlah pendaftaran untuk setiap nomor telepon.

Kalau kamu mencoba mengisi nomor telepon tetapi gagal, alasannya bisa jadi karena nomor kamu sudah terlalu banyak didaftarkan di Google. Alternatif lainnya untuk membuat akun Google tanpa nomor HP adalah melanjutkan pendaftaran dengan nomor telepon lain.

3. Mencegah Peretasan

Salah satu cara Google menangkal hacker adalah dengan mendeteksi alamat IP dan lokasi pengguna saat login. Google tentunya mempunyai riwayat lokasi yang sering kamu kunjungi. Apabila suatu hari ada aktivitas login akun kamu dari lokasi berbeda, maka Google akan menganggapnya sebagai ancaman.

Pada kasus ini, Google akan meminta pengguna untuk memasukkan nomor HP sebagai langkah verifikasi. Jika saat pendaftaran kamu tidak menginput nomor HP, maka Google akan mengajukan pertanyaan keamanan. Kamu pasti bisa melewatinya dengan mudah, tetapi hacker tidak.

4. Memperbaiki Akun yang Diretas

Pada kasus peretasan, kamu tentunya memerlukan metode untuk memulihkan akun. Google sudah menyiapkan langkah pemulihan akun, salah satunya menggunakan verifikasi telepon. Google akan mengirimkan kode rahasia via SMS yang hanya perlu kamu masukkan ke kolom pemulihan.

Akan tetapi, jika kamu membuat akun Google tanpa nomor HP, maka kamu bisa menggunakan metode pemulihan lain. Misalnya dengan verifikasi via email pemulihan atau pertanyaan keamanan. Akan lebih aman lagi jika kamu menerapkan verifikasi dua langkah (2FA) untuk mencegah peretasan.

Baca Juga: Cara Buat Akun Google di Android dengan Mudah dan Praktis

Cara Buat Akun Google Tanpa Nomor HP

Setelah memahami fungsi nomor telepon pada akun Google, sekarang kita akan masuk ke bagian tutorial. Kalau kamu ingin membuat akun baru di Google tanpa harus mengisi nomor telepon, ikuti panduan berikut ini:

1. Kunjungi Halaman Sign In Google

Cara buat akun Google tanpa nomor HP yang pertama adalah membuka halaman sign in. Gunakan Chrome atau browser lain dan kunjungi halaman sign in seperti pada tampilan berikut ini:

halaman sign in google

2. Klik Create Account

Sebenarnya, sign in adalah halaman untuk masuk ke akun Google. Sedangkan untuk membuat akun baru, maka kamu harus klik Create account di sebelah kiri tombol Next.

create akun google

3. Pilih Personal Use

Setelah klik Create account, kamu akan melihat beberapa opsi. Pilih For my personal use untuk penggunaan pribadi. Contohnya seperti ini:

pilih personal use akun

4. Isi Informasi Akun

Cara membuat akun Google tanpa nomor HP selanjutnya adalah mengisi informasi akun. Halaman pertama pendaftaran akun berisi informasi dasar, yaitu:

  • Nama depan
  • Nama belakang
  • Username (alamat email)
  • Kata sandi
  • Konfirmasi kata sandi

Setelah mengisi semua data, klik Next.

isi informasi akun yang dibutuhkan

5. Isi Data Pribadi dan Verifikasi

Halaman selanjutnya berisi data pribadi yang terdiri dari informasi berikut:

  • Nomor telepon
  • Email pemulihan
  • Tanggal, bulan, dan tahun kelahiran
  • Jenis kelamin

Pada gambar di bawah, kamu bisa melihat status nomor telepon sebagai optional alias tidak wajib.

halaman tidak harus memasukan nomor handphone

Akan tetapi, pada beberapa kasus Google memang mewajibkan pengguna mengisi nomor telepon. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu harus mengisi data tersebut sebagai bagian dari langkah keamanan Google.

6. Setujui Privasi dan Persyaratan

Langkah pendaftaran yang terakhir adalah halaman privasi dan persyaratan. Halaman ini berisi hal-hal menyangkut ketentuan layanan Google.

setujui privasi dan persyaratan

Baca semua isinya, lalu scroll ke bawah dan klik I agree.

klik setuju pada halaman

Selesai! Akun Google kamu berhasil dibuat dan siap digunakan.

Baca Juga: Cara Riset Keyword Akurat Agar Dapat Peringkat Pertama di Google

Siap Mencoba Cara Buat Akun Google Tanpa Nomor HP?

Begitulah langkah-langkah membuat akun Google tanpa melalui verifikasi telepon. Sekarang, siapkah kamu mempraktikkan cara buat akun Google tanpa nomor HP? Selamat mencoba!