Kecanggihan teknologi dan kemajuan sistem moda transportasi antar negara tak hanya mempermudah urusan pekerjaan dan perjalanan bisnis. Kini, kamu juga bisa kirim paket ke luar negeri secara praktis dengan biaya terjangkau.

Fasilitas kirim barang ke luar negeri tentu mendukung ekspansi bisnismu agar bisa bersaing di kancah internasional.

Proses pengiriman barang ke luar negeri ternyata tidak serumit yang kamu bayangkan. Kalau kamu ingin mengirim paket ke luar negeri dalam waktu dekat, yuk simak dulu ulasan berikut ini:


Memilih Ekspedisi yang Melayani Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Langkah pertama yang harus kamu lakukan bila ingin kirim paket ke luar negeri adalah mencari ekspedisi yang menyediakan layanan tersebut.

Beberapa ekspedisi yang bisa kamu pilih antara lain TIKI, JNE International, DHL Express, Pos Indonesia, United Parcel Service (UPS), dan FedEx.

Masing-masing ekspedisi memiliki ketentuan khusus tentang pengiriman paket ke luar negeri. Jadi, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membandingkannya sebelum menentukan pilihan.


Mencari Info tentang Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Selanjutnya, kamu mesti mencari info tentang biaya kirim paket ke luar negeri paling murah. Tujuannya tentu saja supaya kamu bisa berhemat atau membantu meringankan ongkos kirim yang harus dibayar pelangganmu di luar negeri.

Sekarang, kamu bisa mengakses info tentang biaya kirim paket secara online sehingga tidak perlu mendatangi kantor cabang ekspedisi.

Selain biaya pokok pengiriman, total biaya yang wajib kamu bayar juga terdiri dari pajak ke luar negeri dan asuransi (bila kamu ingin menggunakan asuransi).

Perbedaan biaya kirim paket ke luar negeri biasanya diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal berikut ini:

  • Ukuran barang: semakin besar ukurannya, maka semakin mahal biaya pengirimannya.
  • Jenis barang: barang berupa dokumen berharga atau produk rentan rusak juga dikenakan biaya pengiriman yang mahal.
  • Jalur pengiriman: ada dua jenis jalur pengiriman, yaitu via udara dan via laut. Jalur udara cocok untuk pengiriman mendesak karena prosesnya mendesak tetapi biayanya mahal. Sedangkan jalur laut biayanya lebih terjangkau tetapi proses pengirimannya jauh lebih lama karena menunggu muatan kapal penuh.

Mengemas Paket dan Menulis Alamat Lengkap

Setelah menentukan ekspedisi dan mengetahui biaya yang harus kamu bayar, proses selanjutnya adalah mengemas paket dan menulis alamat lengkap.

Proses ini sangat penting bila ingin kirim paket ke luar negeri sehingga harus dilakukan secara cermat.

Jangan sampai barang kirimanmu tercecer, rusak, atau gagal tiba di tujuan karena alamat yang keliru.


Mengisi Dokumen Pengiriman

Saat hendak kirim paket ke luar negeri, kamu diwajibkan mengisi dokumen tentang proses pengiriman tersebut.

Beberapa data yang harus diisi pada formulir meliputi identitas pengirim (nama, alamat lengkap, nomor telepon, email), identitas penerima (nama, alamat lengkap, nomor telepon, email), jenis barang, dan beberapa info penting lainnya.

Proses pengisian formulir bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang ekspedisi atau secara online bila jasa ekspedisi menyediakan layanan penjemputan paket.

Baca juga: Cara Membuat Google Form


Memantau Status Pengiriman Paket

Jika semua proses pengiriman di ekspedisi sudah kamu selesaikan, maka selanjutnya kamu tinggal memantau status pengiriman paket tersebut.

Saat ini, mayoritas jasa ekspedisi menyediakan fitur tracking online yang mempermudah proses pemantauan.

Kamu bisa mengamati proses pengiriman paket tersebut hingga sampai di tujuan.


Tips Sukses Mengirim Paket ke Luar Negeri

Selain mempelajari cara kirim paket ke luar negeri, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting ini agar proses pengiriman berlangsung lancar:

  • Mengemas paket dengan baik. Jangan malas menggunakan bubble wrap, beberapa lapis pelindung, dan atau kayu palet untuk melindungi isi paket. Semakin jauh jarak pengiriman yang akan ditempuh, maka semakin besar pula risiko kerusakan paket saat tiba di tujuan. Jadi, kamu harus mengemasnya sebaik mungkin agar tetap utuh ketika diterima pelanggan.
  • Memberi label bertuliskan identitas penerima pada paket. Tulislah informasi penting tersebut secara lengkap dan benar untuk mempercepat proses verifikasi dan pengiriman paket.
  • Menggunakan fasilitas asuransi yang disiapkan jasa ekspedisi. Meskipun biaya pengiriman jadi lebih mahal, asuransi sangat penting untuk memproteksi paket dari risiko yang tidak diinginkan (misalnya paket hilang, rusak, atau kecelakaan pengiriman).
  • Mendokumentasikan paket dalam bentuk foto, video, atau duplikat dokumen sesaat sebelum dikirim sebagai bukti bahwa paket tersebut dikirim dalam keadaan baik.

Nah, ternyata cara kirim barang ke luar negeri tak jauh berbeda dengan pengiriman tingkat domestik, ya.

Kamu hanya perlu melakukannya secara teliti supaya paket tersebut tiba dalam keadaan baik sesuai estimasi waktu yang telah ditentukan.

Sekarang, mari menyiapkan tambahan modal usaha bila ingin berekspansi menjangkau pasar luar negeri.


Kamu tak perlu resah soal tambahan modal bisnis karena kamu bisa mendapatkan solusinya dari KoinWorks.

Kini, KoinWorks menghadirkan fasilitas KoinBisnis yang merupakan pinjaman tanpa agunan dengan limit pinjaman mencapai 2 miliar rupiah.

Bunga pinjaman KoinBisnis sangat rendah, berkisar antara 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Selain unggul karena menawarkan bunga rendah, KoinBisnis juga membuatmu bebas menentukan tenor sesuai kesanggupan finansial, mulai dari 6 hingga 24 bulan.

Fasilitas pinjaman dari KoinWorks ini aman karena terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.