HomeMarketingContent MarketingCara Membuat Akun Canva dengan Mudah Beserta Manfaatnya

Cara Membuat Akun Canva dengan Mudah Beserta Manfaatnya

Memiliki skill edit adalah suatu hal yang penting kamu miliki dewasa ini. Apalagi jika kamu mempunyai sebuah bisnis pribadi. Untuk membuat sebuah iklan produk yang berkualitas dan mampu memikat banyak orang. Tentunya kamu harus bisa untuk mendesain sebuah konsep yang cocok dengan konsep bisnismu.

Nah, untuk kamu yang belum memiliki keahlian mumpuni dalam editing, pasti kamu akan merasa kesusahan untuk melakukan semua itu. Maka dari itu, kamu bisa mencoba aplikasi Canva untuk dapat membantumu. Apa sih sebenarnya canva itu dan bagaimana cara membuat akun canva?


Apa Itu Canva?

Canva adalah sebuah aplikasi editing yang bertujuan untuk mempermudahkan kamu dalam mendesain sesuatu seperti grafis, poster, dokumentasi, presentasi atau konten-konten lainnya yang membutuhkan skill desain. 

Aplikasi ini berisi banyak sekali template-template gratis yang dapat kamu pakai, selain itu Canva juga menyediakan bentuk-bentuk editing lainnya seperti menghilangkan background secara cepat atau mengubah gambar menjadi pdf.

Hal-hal tersebut memang bisa kamu lakukan secara manual paka aplikasi edit lain namun kamu perlu waktu yang lama dalam prosesnya sedangkan canva hanya membutuhkan satu kali klik saja. 

Aplikasi yang pertama kali berdiri pada tahun 2012 lalu memiliki pengguna yang semakin bertambah setiap tahunnya. Aplikasi ini juga tersedia pada berbagai versi seperti versi web untuk dapat kamu pakai pada laptop, atau versi android dan ios yang bisa kamu unduh dari smartphone yang kamu miliki.

Baca juga: Cara Membuat Feed Instagram Dengan Canva, Dijamin Mudah!


Manfaat Membuat Akun Canva Untuk Bisnismu

Ada banyak sekali manfaat dengan membuat akun canva untuk perkembangan bisnismu, manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membantumu dalam Urusan Branding

Dalam sebuah bisnis, yang menjadi faktor yang dapat membuat bisnis berkembang adalah dengan menciptakan marketing yang baik agar masyarakat semakin mengenal bisnis yang sedang kamu kelola. Sistem marketing seperti menyebarkan brosur atau poster, atau membuat suatu katalog. 

Hal-hal tersebut memang bukan masalah besar untuk seseorang yang melek desain, namun untuk kamu yang pemula dalam urusan desain, pasti kamu akan kesusahan dalam mendesain iklan seperti itu.

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, Canva mempunyai banyak sekali pilihan template desain dengan berbagai macam bentuk tulisan yang dapat kamu coba atau hanya mengambil idenya saja.

2. Mempercepat Pekerjaan Desainmu

Selain membantumu dalam urusan desain seperti memilih warna yang cocok, penempatan grafis, ataupun sekedar memilih font tulisan yang sesuai, membuat akun canva juga bisa mempercepat pekerjaan desainmu. Hal ini karena canva memiliki banyak sekali fitur seperti fitur memasukkan foto, menghilangkan background, memasukkan shadow pada konsepmu, dll.

3. Dapat Kamu Pakai Di Semua Device

Membuat akun canva artinya kamu sudah dapat menyimpan pekerjaanmu untuk dapat kamu lanjutkan dengan memakai perangkat yang berbeda. Banyak sekali orang yang kesusahan dengan pekerjaan desainnya karena dia harus membawa satu perangkat yang sama kemanapun dia akan pergi, sementara jika kamu membuat suatu akun pada Canva. 

Canva akan dengan otomatis menyimpan semua pekerjaanmu, baik yang sudah selesai maupun yang masih kamu kerjakan di satu akun. Hal ini memungkinkan kamu mengedit desain mu dengan memakai ponselmu atau ponsel orang lain yang mempunyai aplikasi Canva.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram Ideal dan Lengkap untuk Konten Bisnis


Cara Membuat Akun Canva

Setelah kamu mempertimbangkan keuntungan-keuntungan yang dapat kamu ambil jika membuat sebuah akun Canva dan segera ingin melaksanakannya, berikut adalah cara membuat akun canva untuk bisnismu.

  1. Buka aplikasi atau web Canva pada laptop atau ponselmu. Pada bagian pojok kiri atas ada tombol “Log In” dan “Sign Up”, pilih tombol sign up untuk kamu yang ingin memulai mendaftarkan diri untuk membuat sebuah akun.Cara Membuat Akun Canva dengan Mengunjungi Website Canva
  2. Akan muncul menu pop-out yang akan menghubungkan kamu dengan cara yang akan kamu pilih untuk membuat akun mu. Ada 3 cara yang bisa kamu pakai, Kamu bisa mendaftar melalui akun google kamu, melalui akun facebook yang kamu miliki, atau cara ketiga adalah melalui akun email kamu (bisa menggunakan gmail, yahoo mail, atau email apapun yang masih aktif.)Cara Membuat Akun Canva dengan Mendaftar
  3. Jika kamu ingin masuk melalui email, berikut adalah menu tampilan yang akan kamu lihat. Kamu wajib memasukkan alamat email yang ingin kamu gunakan, namamu, dan password yang kamu inginkan. Cara Membuat Akun Canva dengan Mengisi Data RegisterTips: pastikan password yang kamu pakai adalah password yang memiliki keamanan yang kuat. (Memiliki huruf kapital dan huruf kecil, terdiri dari 8 atau lebih karakter, dan juga memiliki angka dan simbol unik seperti koma, titik, tanda seru, dll).
  4. Setelah mengisi hal-hal tersebut, kamu dapat mengetuk tombol “Get started” untuk mendaftarkan akunmu. Pihak Canva akan mengirimkan sebuah kode atau link aktivasi kepada email yang kamu pakai.

    Setelah menerima kode aktivasi tersebut, silahkan memasukkan kodenya dan akunmu sudah bisa kamu gunakan. Selain memasukkan kode, pilihan Canva juga sering hanya mengirimkan link pada emailmu. Kamu hanya perlu mengetuk link tersebut dan akunmu akan aktif secara otomatis.

  5. Berikut adalah tampilan menu daftar akun jika kamu memilih untuk menggunakan akun google. Kamu wajib memasukkan alamat akun google mail yang kamu punya dan password yang kamu pakai. Setelah itu, akun Canva mu akan otomatis terbuka.
    Cara Membuat Akun Canva Login dengan Email
  6. Selain akun google, kamu bisa juga menggunakan akun facebook yang kamu miliki. Seperti sebelumnya, canva mengharuskan kamu untuk memasukkan alamat username facebook dan password yang kamu miliki, setelah itu akun canva mu akan aktif secara otomatis.

    Berikut ini adalah tampilan menu daftar akun melalui versi facebook. Jika kamu belum mempunyai akun facebook, kamu dapat membuat akun facebook terlebih dahulu sebelum membuat akun Canva.
    Cara Membuat Akun Canva Login dengan Facebook

Baca juga: Cara Memperbesar Ukuran JPG Online dengan Mudah


Akun Canva Premium

Selain memiliki akun Canva gratis, Canva juga menyediakan berbagai fitur-fitur premium yang bisa kamu pakai jika kamu membayar harga yang mereka tetapkan. Walaupun worth it, untuk menghemat, Canva memperbolehkan kamu memiliki satu akun canva untuk banyak orang. 

Nah, sebelum kamu merubah akun Canva gratis yang kamu miliki menjadi versi premium, kamu wajib tahu dulu apa-apa saja keuntungan atau fitur-fitur khusus yang Canva miliki dalam metode premiumnya. Berikut akan kami rangkum dengan singkat. Kamu akan memiliki:

  • 100 juta lebih template foto, video, audio dan grafis yang masuk kedalam fitur premium.
  • Lebih dari 600 template premium
  • Menyimpan dan mengubah bentuk file tanpa mengulang desain
  • Menghapus latar belakang fotomu dengan mudah
  • Menyimpan desain sebagai template yang tim kamu dapat pakai
  • 100 GB penyimpanan
  • Menjadwalkan kontenmu ke 8 platform media sosial.

Baca juga: Cara Membuat Ebook, Mudah dan Cepat!


Cara Membuat Akun Canva Premium Gratis

Berikut akan penulis sampaikan bagaimana cara untuk mengaktifkan Canva premium:

  1. Masuk kedalam akun Canva kamu.

    Cara Membuat Akun Canva Premium

  2. Pada bagian kanan bawah, kamu bisa melihat tombol “Coba Canva Pro”. Klik tombol tersebut dan akan muncul menu pop up seperti berikut. Kamu dapat mencoba fitur premium gratis dari Canva selama 30 hari.
    Cara Membuat Akun Canva Premium dengan Free Trial
  3. Setelah masa coba gratis mu habis, kamu dapat membuka halaman pembelian canva premium. Pertama kamu bisa memilih berapa orang yang akan memakai akun canva mu.
    Cara Membuat Akun Canva Premium dengan Menambahkan Anggota
  4. Setelah itu, gulirkan halaman kebawah dan kamu bisa melihat ada 2 fitur akun yang Canva sediakan. (fitur ketiga adalah jasa desain khusus dan berbayar dari Canva).

    Kamu juga bisa mengaktifkan tagihan perbulan atau pertahun sesuai keinginanmu. Setelah itu tekan tombol “Beli” yang ada di bawah harga. Kamu akan otomatis menerima kiriman berisi receipt yang perlu kamu bayar.

    Daftar harga Akun Canva Premium

  5. Silahkan membayar dan kamu sudah dapat menikmati fitur premium pada akunmu.

Baca juga: Membuat Infografis Online dengan Platform Gratis Ini


Seperti itulah pengertian singkat atas kegunaan yang bisa kamu dapat dari Canva dan cara membuat akun Canva yang bisa kamu pakai untuk berbisnis. Menurut penulis sendiri, Canva adalah salah satu platform desain yang akan sangat membantu bisnis kamu. 

Akun Canva versi gratis sebenarnya sudah mempunyai banyak sekali fitur-fitur bagus, namun memiliki akun premium akan membuatmu mendapatkan lebih banyak lagi fitur-fitur berguna dan desain bagus yang tidak mungkin kamu dapat pada akun gratis. Jadi tunggu apalagi? Ayo buat akun canva mu sekarang!


Temukan berbagai tips menarik content marketing dan memulai bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pengertian Produk Digital dan Cara Menjualnya

Sejak pandemi, bisnis online semakin marak bermunculan dengan produk yang semakin variatif. Hal ini juga membuat kita menyadari bahwa tingginya peluang bisnis di ranah...

Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Pembayaran Online - Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih...

Apa itu COD? Bagaimana sistem COD bekerja dan manfaatnya?

Apa itu COD? - Pasti kamu pernah mendengar soal pemberitaan mengenai pembeli yang bersitegang dengan kurir saat menerima paket. Diketahui pembeli tersebut menggunakan sistem...

Mini Survey
Dapatkan ebook untuk meningkatkan performa toko onlinemu dengan cara isi survey ini