Cara Membuat Email Bisnis Google dengan Google Workspace – Hidup di masa teknologi berkembang begitu pesat membuat kita harus memiliki alamat surat elektronik atau email. Kamu pasti sering diminta mengisi alamat surel saat mendaftarkan diri untuk mendapatkan sebuah akun.
Termasuk dalam urusan bisnis atau pekerjaan kamu akan membutuhkan email.
Saat ini Google terus mengembangkan produk untuk mendukung para pelaku bisnis salah satunya menyediakan gmail untuk bisnis.
Kalau kamu ingin bisnis kamu terlihat lebih profesional maka akun Google Bisnis adalah pilihan yang tepat. Selain itu, tentu saja memiliki email bisnis Google akan memberikan banyak manfaat untuk memudahkan bisnis kamu.
Akun Google untuk bisnis atau dikenal dengan Google Workspace memungkinkan kamu memiliki alamat email profesional menggunakan domain bisnismu sendiri.
Dibandingkan dengan menggunakan akun gmailpribadi, memiliki domain sendiri membuat bisnismu terlihat lebih profesional di mata pelanggan.
Akun kamu juga jauh lebih aman dan tentu saja dapat menikmati fitur Google Workspace untuk kelancaran bisnis.
Lalu bagaimanakah cara membuat email bisnis Google di Google Workspace? Simak penjelasan berikut ini.
Baca juga : Reseller, Ini Cara Mass Upload Tokopedia
Daftar Isi
Cara Membuat Email Bisnis Google
Ada beberapa tahap yang harus kamu selesaikan untuk membuat akun gmail untuk bisnis atau Google Workspace, yaitu:
1. Buka Google Workspace
Pertama-tama kamu harus akses Google Workspace lalu klik ‘Mulai’ untuk memulai mengisi dokumen pendaftaran.
2. Nama Bisnis, Jumlah Karyawan, dan Negara Asal
Pada halaman ini, kamu diminta mengisi nama bisnis, memilih jumlah karyawan, serta negara asal bisnismu.
3. Informasi Kontak Email
Pembuat akun akan menjadi admin akun Google bisnis atau Google Workspace. Oleh karena itu kamu diminta melengkapi beberapa informasi seperti nama depan, nama belakang, alamat emailsaat ini, dan nomor telepon bisnismu.
4. Mengisi Domain
Pada halaman ini kamu akan ditanya apakah bisnismu memiliki domain. Contoh domain seperti ‘gerakan100buku.com’.
Apabila bisnis kamu belum memiliki domain, kamu bisa membeli domain bisnis saat itu juga atau menggunakan domain yang disediakan gratis saat mendaftar akun Google bisnis yaitu ‘.page’. Kamu bisa memilih sendiri nama domain yang diinginkan.
Domain gratis ini bisa kamu gunakan selama satu tahun dan jika ingin memperpanjang domain akan dikenakan biaya. Apabila tersedia kamu akan mendapatkan informasi seperti gambar di bawah ini.
5. Memasukkan Alamat Bisnis
Langkah selanjutnya untuk mendaftarkan domain adalah kamu harus mengisi informasi mengenai alamat lengkap bisnismu.
6. Buat Akun Email bisnis Google untuk login
Kamu akan diminta memasukkan nama pengguna yang akan digunakan untuk login dan membuat alamat email bisnis.
7. Memilih Paket Akun Google Bisnis
Setelah akun kamu diverifikasi, selanjutnya kamu diminta memilih paket bisnis. Pilihan kamu ada tiga jenis, business starter 4,20 USD/pengguna, business standard 9.60 USD/pengguna, business plus 18 USD/pengguna.
Perbedaan antara ketiga pilihan ini terletak pada kapasitas maksimum rapat video dan penyimpanan cloud. Selengkapnya bisa kamu simak pada laman ini.
8. Tinjau dan Check Out
Pada tahap ini kamu diperlihatkan tinjauan akun Google bisnis yang telah kamu lengkapi. Periksa sekali lagi apakah data yang kamu masukkan sudah benar. Kemudian lengkapi metode pembayaran.
Terakhir klik ‘Setuju dan Lanjutkan’ maka akun Google Workspace untuk bisnis kamu sudah siap digunakan.
Setelah kamu menyelesaikan proses pendaftaran maka fitur layanan Google Workspace sudah dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnis kamu. Kamu juga sudah memiliki gmailuntuk bisnis yang telah memakai domain pilihanmu sendiri.
Simak hal-hal berikut untuk tahu selengkapnya apa saja yang dapat kamu manfaatkan di Google Workspace.
Baca juga : Upload Produk Shopee Pakai HP
Manfaat Akun Google Workspace untuk Bisnis
Akun Gmail Bisnis dari Google Workspace memiliki fitur sebagai berikut:
1. Kredibilitas perusahaan
Dengan email bisnis Google khusus di domain kamu pastinya membantu membangun kepercayaan pelanggan, membuat milis grup, dan lainnya. Dengan begitu, kredibilitas perusahaan kamu akan bertambah.
2. Keamanan
Google Workspace memungkinkan kamu mengontrol siapa saja yang akan ditambahkan atau dihapus dari tim kamu, serta mencegah resiko keamanan dengan praktik keamanan terbaik dari Google. Kamu bisa menjaga data perusahaan kamu agar tidak bocor dan jatuh ke tangan yang salah.
3. Manajemen
Kamu dapat menambahkan delegasi ke akun gmail untuk bisnis dan menentukan siapa yang dapat membaca, mengirim, dan menghapus pesan untuk kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengatur waktu dan tanggal tertentu untuk mengirim email di masa mendatang.
4. Komunikasi yang mudah
Dengan Google Workspace, kamu bisa meeting dengan tim kamu menggunakan Google Meet. Kamu bisa tetap berada di kotak masuk saat beralih antara email dan chat. Hal ini tentu lebih mempermudah proses komunikasi antar tim di perusahaan kamu.
5. Penyimpanan besar
Penyimpanan yang dapat kamu atur sendiri. Keuntungan lainnya kamu memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan saat menggunakan Google Workspace.
Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas di akun email gratisan. Informasi lebih detail bisa kamu akses di sini.
Demikian informasi mengenai cara membuat email bisnis Google beserta manfaat akun Google bisnis.
Jika kamu sedang mencari tambahan modal dengan bunga rendah (0,75-1,67%/bulan) untuk mengembangkan bisnis atau usaha, kamu bisa mempelajari tawaran pinjaman modal KoinBisnis dari KoinWorks.
KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk bisnis dengan proses pengajuan yang mudah dan limit pinjaman hingga 2 milyar rupiah.
Kamu juga dapat menyesuaikan tenor pinjaman mulai 6-2 bulan sesuai kondisi bisnismu.