HomeMarketingBuat Akun Google, Mudah dan Tidak Butuh Waktu Lama

Buat Akun Google, Mudah dan Tidak Butuh Waktu Lama

Bagaimana cara buat akun Google? Sudah pasti para pengguna internet tidak asing dengan Google. Sebuah mesin pencari yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan di dunia ini telah memberikan banyak manfaat untuk kemudahan manusia. 

Kamu bisa menggunakan Google untuk menemukan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Selain itu, Google juga menyediakan berbagai layanan yang saling terintegrasi. 

Hanya saja, untuk menikmati layanan tersebut, kamu perlu memiliki akun Gmail. Dengan kata lain, kamu harus membuat akun Gmail terlebih dahulu, sehingga bisa menikmati berbagai layanan yang tersedia, seperti Google Drive, Google Docs, dan lain-lain.

Begini Cara Buat Akun Google

Sebenarnya, membuat akun Google tidak sulit. Kamu tinggal melakukan beberapa langkah yang pastinya kamu tidak kesulitan ketika mempraktikkan langkah-langkah tersebut. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, berikut ini tutorial selengkapnya:

1. Buat Akun Google Lewat HP

Untuk membuat Gmail tidak harus berada di komputer atau laptop. Kemudahan teknologi sekarang sudah semakin terasa. Misalnya, kamu bisa membuat akun Google hanya lewat smartphone yang kamu miliki. 

Bahkan, proses ini sama mudahnya ketika kamu membuatnya melalui komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Gmail (Biasanya sudah menjadi aplikasi bawaan atau default smartphone).
  • Pilih Tambahkan akun lainnya.

Menambahkan Akun

  • Pilih Google. Pada proses ini, kamu biasanya diminta untuk memasukkan sidik jari dan proses checking info akan berlangsung. Tunggu sampai proses ini selesai dan masuk ke tampilan berikutnya.

Proses Checking Info

  • Sekarang, kamu bisa pilih Buat akun atau Create account. 

Buat Akun

  • Pada tahap ini, kamu perlu menentukan untuk siapa kamu membuat akun tersebut. Apakah untuk diri sendiri (pilih untuk diri sendiri). Jika untuk bisnis (pilih To manage my business).

Tentukan Keperluan Akun

  • Langkah berikutnya, kamu perlu mengisi data pribadi, seperti nama depan maupun nama belakang.

Mengisi Nama Depan dan Nama Belakang

  • Lanjutkan dengan mengisi tanggal lahir, bulan, tahun, dan jenis kelamin atau gender. Pastikan kamu mengisi informasi tersebut secara tepat, sehingga nanti tidak perlu menggantinya lagi.

Mengisi Data Pribadi

  • Ketika data-data tersebut sudah kamu isi, kamu akan diberikan rekomendasi alamat Gmail yang dapat kamu gunakan. Tentu kamu bisa membuat username versimu sendiri, namun untuk mempermudah serta menyingkat waktu, kamu dapat menggunakan alamat sesuai yang direkomendasikan
  • Setelah menentukan username, kamu juga perlu mengisi kata sandi atau password.

Membuat Kata Sandi

  • Kemudian, kamu juga perlu memasukkan nomor telepon. Namun, ini merupakan optional. Jadi, kamu bisa melewatinya dengan memilih “Tidak, jangan tambahkan nomor telepon saya”. Kemudian, pilih “Yes, I’m in”.

Memasukan Nomor Telepon

  • Selesai.

Baca Juga: Kenali 12 Fungsi Google Analytics untuk Tingkatkan Performa Bisnismu

2. Membuat Akun Google Lewat PC atau Laptop

Meskipun membuat akun Google lewat HP sangat mudah, terkadang orang merasa nyaman ketika membuatnya lewat PC maupun laptop. Alasannya karena tampilan yang mereka dapatkan lebih besar, sehingga lebih nyaman dan teliti dalam mengisi setiap informasi yang ada.

Adapun langkah-langkah pembuatan akun Gmail melalui PC maupun laptop, yaitu:

  • Seperti cara di atas, pertama kamu harus masuk  ke Gmail. Hanya saja, di sini kamu perlu mengaksesnya lewat browser. Mungkin kamu bisa menggunakan Firefox, Chrome, atau browser yang sering kamu gunakan.
  • Pilih Masuk dengan Akun Lain

Masuk Akun Google

  • Klik Buat Akun, seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah.

Menu Buat Akun

  • Kamu juga harus memilih tujuan pembuatan akun tersebut, apakah untuk pribadi, anak, atau bisnis.

Menentukan Tujuan Pembuatan Akun

  • Kemudian, kamu cukup mengisi nama lengkap serta username.
  • Jangan lupa memasukkan kata sandi!

Mengisi Informasi untuk Membuat Akun Google

  • Tidak jauh berbeda ketika buat akun Google di HP, kamu juga diminta memasukkan nomor HP. Namun, ini sifatnya tidak wajib, sehingga kamu dapat melewati tahap tersebut.

Memasukan Nomor Telepon (optional)

  • Selanjutnya, kamu juga harus memasukkan informasi tentang tanggal lahir, bulan, serta tahun.
  • Tidak lupa juga memasukkan informasi gender.
  • Cek persyaratan yang tertera, setelah itu klik Saya Setuju.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnisku

Tips Membuat Password Akun Google

Ketika proses pembuatan akun, pastinya kamu harus memasukkan kata sandi. Akan tetapi, dalam pembuatan kata sandi tersebut, tentu tidak boleh asal-asalan. Kamu harus memasukkan password yang unique.

Biasanya, password yang unik tersebut merupakan perpaduan antara angka dan huruf. Bisa juga untuk semakin membuat kata sandi unik, kamu dapat menambahkan karakter atau bisa memadukan antara huruf besar dan kecil. 

Pastikan bahwa kata sandi yang kamu buat tidak mudah untuk ditebak. Usahakan tidak memasukkan kata sandi menggunakan tanggal lahir, namamu, atau bahkan password tersebut menggunakan username. Ini akan membuat orang lain lebih mudah menebaknya.

Akibatnya, orang lain bisa mengakses akun milikmu kapan saja. Pada akhirnya, orang yang tidak bertanggung jawab malah mengambil alih akun media sosialmu yang terintegrasi dengan akun Google dan akan menimbulkan kerugian untuk dirimu.

Sudah Paham Cara Buat Akun Google?

Seperti itulah langkah-langkah ketika kamu ingin membuat akun Google. Kesimpulannya, pembuatan akun tersebut bisa kamu lakukan baik lewat HP atau komputer. Hanya saja, untuk proses pembuatan lewat PC memerlukan perantara berupa browser.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...