HomeManajemen BisnisContoh Aplikasi Omnichannel di Indonesia untuk Bisnis

Contoh Aplikasi Omnichannel di Indonesia untuk Bisnis

Contoh Omnichannel di Indonesia – Memajukan bisnis dengan strategi online saat ini memang perlu terus dilakukan. Selain untuk mengikuti tren dunia digital yang kini berkembang pesat, beradaptasi secara online dapat membantu bisnis agar terus maju. Apalagi ditengah terpaan pandemi seperti ini, peluang toko offline tidak bisa dipungkiri akan cukup terganggu.

Oleh karena itu, berintegrasi secara online merupakan solusi yang tepat. Salah satu solusi yang dipilih adalah dengan menggunakan sistem omnichannel yang dengan sinkronisasi sedemikian rupa dapat membantu bisnis untuk terintegrasi secara efisien. Bahkan menggunakan cara ini dipercaya dapat memupuk tumbuh kembang bisnis yang tadinya layu.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa omnichannel yang lahir dari tangan anak bangsa. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena kiprahnya dapat diperhitungkan di pasar digital. Jika kamu juga ingin mendorong geliat bisnismu, berikut kami rekomendasikan beberapa contoh omnichannel di Indonesia agar lebih familiar. Simak ulasannya, yuk!

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Omnichannel untuk Bisnis Ritel


Aplikasi Omnichannel di Indonesia yang Wajib Dicoba

Clodeo                         

Contoh omnichannel di Indonesia yang pertama adalah Clodeo. Omnichannel ini berasal dari Bandung dan didirikan pada tahun 2017 lalu. Walaupun merupakan omnichannel ke dua di Indonesia, kualitas Clodeo tidak kalah dari pendahulunya.

Cara bekerjanya adalah dengan penyederhanaan bisnis online, meliputi pemesanan barang oleh konsumen, pencatatan pembelian barang, pengelolaan produk, pelabelan shipping, biaya pengiriman, ekspedisi, bahkan hingga nomor resi setiap transaksi. Kamu juga bisa memantau perkembangan pada bisnismu di sini dengan laporan keuangan yang tercatat secara detail pada aplikasi. Semua terintegrasi dan dapat kamu akses melalui satu platform.

Baca juga: Cara Membuat Whatsapp Bisnis untuk Jualan online

Jubelio

Jubelio adalah contoh omnichannel di Indonesia berikutnya. Di sini kamu bisa menggabungkan seluruh kegiatan operasional dalam satu aplikasi, seperti pemesanan barang, persediaan barang, manajemen gudang, hingga proses akuntansi yang dapat memberikanmu laporan keuangan bisnis secara otomatis.

Melalui sistemnya, Jubelio juga dapat mengintegrasikan bisnismu dengan beragam marketplace ternama di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee Bukalapak dan Lazada. Tentu saja merupakan sebuah kesempatan yang layak untuk dicoba untuk meningkatkan penjualan!

Baca juga: Tips dan Strategi Mengelola Operasional Bisnis Secara Efisien

Talkabot

Satu lagi omnichannel asal Bandung. Ya, Talkabot merupakan salah satu contoh omnichannel di Indonesia yang memang buatan asli anak bangsa. Omnichannel ini memiliki pelayanan omnichannel berbasis chat yang mempermudah penjual untuk berkomunikasi dengan pembeli lewat satu aplikasi.

Sebagai contoh, jika toko online-mu punya WhatsApp, Line dan juga Website, Talkabot bisa membantumu untuk mengintegrasikannya sehingga lebih efisien. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat diakses oleh banyak admin secara bersamaan. Tentu saja itu dapat mempermudah proses penjualan dan tentu saja akan membuat interaksi dengan konsumen pun semakin responsif. Melalui Talkabot, kamu juga dapat memperoleh data konsumenmu dengan mudah melalui sistem otomatis.

Baca juga: Apa Itu CRM, Manfaat dan Contohnya dalam Bisnis? Ini Penjelasannya!

Aturtoko

Sebagai salah satu contoh omnichannel di Indonesia, Aturtoko juga memiliki pelayanan yang tidak kalah lengkap. Diantaranya adalah pengaturan toko, mulai dari proses transaksi hingga jasa pengiriman, membantu memasarkan produk dengan penampilan menarik, bahkan menghadirkan sistem budgeting untuk mendukung proses online marketing. Melalui Aturtoko, kamu dapat meningkatkan semua kinerja platform online-mu dan juga finansial dalam satu aplikasi.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Katalog Untuk Bisnismu, Gampang!

Ginee

Salah satu contoh omnichannel di Indonesia lainnya adalah Ginee. Sebelumnya, platform ini bernama Genie di mana berganti menjadi Ginee. Omnichannel ini dapat membantu bisnismu untuk lebih maksimal lagi lewat manajemen produk, manajemen pemesanan, manajemen stok, manajemen pelanggan, dan laporan data.

Semua jadi terasa mudah dan tidak membuat fokus penjualanmu terbagi karena sudah dikelola dalam satu aplikasi. Ginee sendiri sudah memiliki banyak partner ternama dalam bekerjasama, mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID, Blibli, Lada, Zalora dan masih banyak lagi.

Baca juga: Contoh E-Commerce B2C di Indonesia Populer Untuk Berbisnis

Itulah beberapa contoh omnichannel di Indonesia, cukup beragam bukan? Yang pasti semuanya akan mempermudah proses berjualanmu secara online dengan kemudahan. Mau kemudahan lainnya? Jika kamu baru saja mau memulai bisnis, KoinWorks siap menjadi solusi finansialmu.


Melalui KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan akses permodalan untuk usaha secara online. Dengan sistem integrasi otomatis yang juga mudah, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana usaha online hingga Rp 2 miliyar dengan bunga cicilan rendah, yaitu 0.75%-1.76% per bulan. Yang pasti, semua keamanannya terjaga karena KoinWorks sudah terdaftar dan dipantau oleh OJK. Yuk, kembangkan bisnis bersama!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!