HomeMarketingPengertian Dan Manfaat Omnichannel Untuk Bisnis Ritel

Pengertian Dan Manfaat Omnichannel Untuk Bisnis Ritel

Pengertian dan Manfaat Omnichannel – Di era digital yang serba canggih ini, perkembangan teknologi pun semakin pesat. Beragam inovasi pun bermunculan, tentunya dengan kehebatannya masing-masing untuk membantu menjalani aspek kehidupan. Tak terkecual dengan dunia bisnis, beralihnya proses transaksi melalui pasar digital juga membuat para inovator di luar sana memutar otak.

Omnichannel merupakan salah satunya, yang hingga kini dapat dirasakan manfaatnya baik oleh para penjual maupun pembeli. Mungkin namanya masih kurang familiar di banyak telinga, namun jika diperjelas pengertian dan manfaat omnichannel sangat erat dengan percepatan dalam melakukan belanja online.

Baca juga: Tips dan Strategi Mengelola Operasional Bisnis Secara Efisien

Kira-kira, apa sih omnichannel itu? Supaya mengenal lebih jauh, di bawah ini kami rangkum pengertian dan manfaat omnichannel untuk semakin memperkaya insight kamu. Simak bersama, yuk!


Pengertian Omnichannel

Ada berbagai pendapat yang berbeda saat mendefinisikan pengertian omnichannel. Salah satunya adalah sebuah sistem yang memfasilitasi pembeli untuk bisa mengakses seluruh toko digital dari satu platfrom yang terintegrasi, misalnya e-commerce, mobile commerce atau media sosial.

Jadi pembeli akan lebih nyaman saat berbelanja dengan dapat melakukan akses hanya dari satu channel saja tanpa harus mengunjungi website yang berbeda-beda. Sehingga bisa dikatakan bahwa omnichannel memiliki kenyamanan dengan sistemnya yang sudah mencakup segala hal menjadi satu. Cara ini juga dinilai lebih efektif bagi penjual untuk mengamati bisnis daripada dengan sistem yang tidak terintegrasi.

Baca juga: Melihat Lebih Jauh Pengertian Manajemen Operasional


Manfaat Omnichannel

Dalam bisnis ritel, omnichannel mempunyai manfaatnya sendiri. Tentu saja sangat membantu penjualan dan juga memudahkan para pembeli. Diantarnya adalah sebagai berikut:

1. Lebih Mudah Dengan Integrasi

Omnichannel yang menggabungkan seluruh channel penjualan ke dalam satu sistem mempermudah dengan integrasinya. Sistem ini yang nantinya akan membantu para penjual untuk mengelola sambil memantau jalannya proses jual beli melalui satu channel saja.

Tentu saja, dengan adanya sistem omnichannel yang terintegrasi ini akan memudahkanmu untuk menghitung penjualan, melihatn inventori, bahkan sampai analisis. Dengan begitu evaluasi bisnis yang kamu jalankan akan lebih efisien dan efektif.

2. Data Yang Lebih Akurat

Dalam melakukan bisnis tentu saja perlu melakukan evaluasi demi mengetahui bagaimana perkembangannya. Lewat omnichannel sendiri para pelaku bisnis bisa melakukan evaluasi dengan data yang lebih akurat dan juga lengkap.

Melalu channel ini kamu bisa mengetahui target audiensmu lebih dalam lagi, mulai dari secara demografis hingga preferensi mereka. Melalui data itu kamu akan lebih mudah saat melakukan evaluasi dan menentukan strategi apa yang paling tepat untuk digunakan kepada bisnismu.

Baca juga: Contoh Aplikasi Omnichannel di Indonesia untuk Bisnis

3. Memudahkan Untuk Menentukan Strategi                                   

Karena kamu sudah menganalisa dengan data yang akurat terlebih dahulu, selanjutnya omnichannel juga memiliki manfaat untuk menentukan strategi yang tepat pada bisnismu. Misalnya, ketika kamu menemukan para pelangganmu lebih menyukai produk dengna berbagai macam pilihan.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan variasi agar para pelangganmu tetap merasa puas. Jangan lupa juga untuk melakukan diskon sesekali agar pelangganmu merasa dimanjakan.

4. Meningkatkan Penjualan

Jika dilihat dari kacamata konsumen, penggunaan omnichannel ini sendiri memudahkan mereka saat melakukan transaksi. Bagaimana tidak? Dengan omnichannel mereka dapat mengakses seluruh channel dengan nyaman dan juga memperoleh informasi dari produk-produk yang ada sekaligus, tanpa harus berpindah-pindah. Hal ini tentu saja meningkatkan kenyamanan mereka untuk berbelanja yang juga memiliki keuntungan bagi bisnis ritel untuk terus meningkat penjualannya.

Bahkan, menurut penelitian para konsumen cenderung akan lebih yakin saat mengeluarkan uang melalui omnichannel sebanyak 15-30% dibandingkan saat harus berbelanja di platform yang berbeda-beda.

Baca juga: 9 Keuntungan dan Manfaat Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui


Itulah beberapa pengertian dan manfaat omnichannel untuk bisnis ritel. Di masa-masa peralihan dari konvensional ke digital ini, tentu saja kehadirannya sangat dibutuhkan untuk membantu adaptasi dan tumbuh kembang bisnismu.

Tapi jika kamu memang baru saja mau mulai berbisnis, KoinWorks dapat menjadi solusi finansialmu. Melalui KoinBisnis, kamu akan lebih mudah mendapatkan akses permodalan dengan pinjaman dana usaha online hingga Rp 2 miliyar. Cicilan bunganya pun terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan.

Caranya juga mudah, cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu dan daftarkan toko online-mu dengan bank lalu akan terintegrasi secara otomatis tanpa harus mendaftar dengan tatap muka. Selamat mencoba!

Baca juga: 3 Rekomendasi Channel Telegram Bermanfaat untuk Bisnis

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!