HomeMarketingApa Itu CRM, Manfaat dan Contohnya dalam Bisnis? Ini Penjelasannya!

Apa Itu CRM, Manfaat dan Contohnya dalam Bisnis? Ini Penjelasannya!

Apa Itu CRM – Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan istilah CRM. Lantas, apa itu CRM? CRM atau Customer Relationship Management merupakan sistem yang berfungsi membuat bisnis lebih efisien dan meningkatkan loyalitas para pelanggan.

Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)?

Jadi, pengertian CRM adalah teknologi digital yang bekerja mengelola hubungan antara bisnis dengan pelanggan. Sistem ini sering dimanfaatkan untuk mempermudah proses penjualan sekaligus membangun komunikasi yang lebih baik dengan para pelanggan, sehingga keuntungan bisnis pun mengalami peningkatan.

Sistem CRM atau Customer Relationship Management bekerja dengan cara menyimpan setiap interaksi antara perusahaan bisnis dengan pelanggan dalam satu database. Ketika kamu membutuhkan, data tersebut bisa diakses kapan saja dengan sangat mudah.

Baca juga: 5 Strategi Customer Retention Marketing untuk Meningkatkan Penjualan


Apa Manfaat CRM untuk Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu CRM, pertanyaan selanjutnya adalah apa saja manfaat CRM untuk bisnis? Jadi, selain menjalin hubungan baik antara perusahaan bisnis dengan pelanggan, sistem CRM juga memiliki manfaat penting lainnya untuk bisnis, antara lain:

1. Meningkatkan Keuntungan

Tujuan utama dari sektor bisnis adalah mencari keuntungan. Untuk mewujudkannya, kamu harus menerapkan sistem Customer Relationship Management. Dengan adanya CRM, proses marketing akan berjalan lebih mudah dan kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

Bahkan sistem ini juga bisa bantu kamu menghemat pengeluaran. Sebab, kamu tidak perlu melakukan survei untuk menemukan target pasar yang sesuai dengan produk yang dikeluarkan dari bisnis milikmu.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin mendapat keuntungan yang banyak, maka tingkatkanlah sistem Customer Relationship Management dalam bisnis yang sedang kamu kelola.

2. Brand Loyalty

Selanjutnya adalah menciptakan brand loyalty atau loyalitas merek pada pelanggan. Ini merupakan salah satu strategi marketing dalam menjaga pelanggan agar terus percaya dan melakukan pembelian secara berulang.

Untuk menjaga loyalitas merek, kamu harus menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Salah satunya adalah meningkatkan sistem Customer Relationship Management. Dengan sistem ini, pelanggan merasa sangat diperhatikan dan puas karena kamu mengerti kebutuhan mereka.

Data yang telah dikumpulkan lewat sistem Customer Relationship Management tidak hanya berfungsi mencari tahu kebutuhan pelanggan semata. Data pelanggan yang sudah tersimpan juga bisa jadi acuan kamu untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

Memiliki pelanggan setia adalah sebuah keharusan. Apalagi jika bisnis milikmu memiliki banyak kompetitor, sudah pasti persaingan untuk mendapatkan hati pelanggan sangat ketat. Oleh karena itu, meningkatkan sistem Customer Relationship Management adalah pilihan yang tepat.

3. Proses Kerja Lebih Efisien

Manfaat CRM yang tidak kalah penting untuk bisnis adalah proses kerja atau workflow lebih efisien. Sebab, jika proses sistem CRM berjalan dengan baik, maka pekerjaan dari setiap divisi pada bisnis akan lebih mudah.

Contohnya divisi marketing, orang-orang yang bekerja pada divisi ini akan lebih mudah menyampaikan pemasaran kepada pelanggan. Dengan begitu, waktu yang mereka gunakan tidak terbuang sia-sia.

Baca juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online


Kenapa CRM Penting untuk Bisnis?

Sistem CRM memiliki peran penting untuk bisnis dan pelanggan. CRM akan bantu meningkatkan pekerjaan yang lebih efisien, produktivitas, dan keuntungan. Selain pelanggan, sistem CRM juga bisa mengukur kinerja pegawai maupun karyawan. Sehingga perusahaan bisa melakukan evaluasi jika diperlukan.

Tidak hanya itu, sistem Customer Relationship Management memiliki kelebihan. Salah satunya adalah memberikan kontribusi besar yang berkaitan dengan kinerja bisnis sekaligus laporan analisis data penjualan yang aktual sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil keputusan.

Customer Relationship Management akan menyajikan data pelanggan dengan lengkap, sehingga berguna untuk membentuk strategi yang berkaitan dengan pengalaman pelanggan pada bisnis milikmu. Kelebihan ini membuat Customer Relationship Management sangat penting untuk sebuah bisnis.

Baca juga: Perbedaan Remarketing dan Retargeting


Contoh Penerapan CRM dari Berbagai Industri

Tidak hanya membahas apa itu CRM dan manfaat CRM, artikel ini juga akan memberikan beberapa contoh CRM dalam bisnis yang tidak banyak orang ketahui. Apa saja? Berikut 5 contoh penerapan sistem Customer Relationship Management dari berbagai industri yang bisa menambah pengetahuan kamu:

1. Industri Kesehatan

Industri pertama yang membutuhkan CRM adalah sektor kesehatan. Sistem Customer Relationship Management pada industri ini bermanfaat untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, mulai dari data pasien, data karyawan, keuangan rumah sakit, peralatan medis, obat-obatan, hingga call center dari sebuah rumah sakit.

Lantas apa gunanya data ini? Jadi, data tersebut nantinya akan digunakan untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada para pasien atau karyawan. Dalam penerapannya, sistem CRM akan membantu industri kesehatan untuk mengelola seluruh data dari pasien serta karyawan secara efisien.

2. Industri Retail

Selanjutnya ada industri retail. Online shop merupakan bagian dari industri retail yang saat ini sudah menjamur di mana-mana. Tidak banyak yang tahu, ternyata CRM memiliki peran yang cukup penting bagi pemilik online shop lho.

Sistem Customer Relationship Management tidak hanya bisa mengenal dan memahami kebutuhan pelanggan. Ternyata, sistem ini bisa meng-handle masalah stok barang, laporan keuangan, dan proses distribusi.

Penerapan sistem Customer Relationship Management pada sektor bisnis retail juga bisa bantu kamu menghindari kesalahan yang sering terjadi saat proses penjualan dilakukan secara manual. Oleh karena itu, sistem Customer Relationship Management sangat dibutuhkan oleh sektor industri retail, khususnya yang memiliki alur penjualan yang kompleks.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tugas, dan Konsep Manajemen Pemasaran!

3. Industri Konstruksi

Industri konstruksi juga membutuhkan sistem Customer Relationship Management untuk bantu merekam informasi penting, kemudian mengelola informasi tersebut.

Contoh penerapan sistem Customer Relationship Management dalam industri konstruksi antara lain manajemen proyek, sentralisasi data, melacak pipeline, memetakan jaringan kerja, serta memudahkan akses informasi dengan Mobile CRM.

Contoh CRM dalam bisnis di sektor industri konstruksi tersebut menunjukkan bahwa sistem CRM sangat penting untuk mengelola proyek sekaligus membangun hubungan dengan para stakeholder lebih efisien. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan proyek baru terbuka lebar.

4. Industri Manufaktur

Pada industri manufaktur, sistem CRM akan mengelola segala hal yang berkaitan dengan proses produksi. Mulai dari mencari tahu jenis barang yang jadi tren di pasar, menentukan berapa jumlah barang yang akan diproduksi, mengelola tugas para karyawan produksi, dan hingga distribusi barang.

Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem customer relationship management  dalam industri manufaktur berperan sangat penting karena mengelola hampir semua proses produksi. Bayangkan bagaimana jika sebuah industri manufaktur tidak menggunakan CRM, tentu saja perusahaan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

5. Industri Perhotelan

Terakhir adalah industri perhotelan. Sektor bisnis satu ini sangat membutuhkan sistem Customer Relationship Management karena perhotelan berkaitan dengan pelayanan. Sistem ini bisa bantu meningkatkan customer experience, sehingga promosi dapat dikirim secara tepat.

Selain itu, data interaksi pelanggan yang sudah tersimpan akan memudahkan manager hotel melakukan pelayanan kepada para tamu dan memberikan customer experience yang jauh baik.

Baca juga: Mengenal Model Bisnis Ecommerce Sebelum Memulainya


Kesimpulan

CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah pendekatan atau sebuah sistem yang meng-handle hubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Secara sederhana, sistem Customer Relationship Management membantu perusahaan untuk mencari tahu seperti apa pelanggannya.

Dalam bisnis, sistem Customer Relationship Management bisa membantu mencari tahu apa saja kebutuhan para pelanggan, sehingga menciptakan loyalitas merek pada pelanggan. Jika hubungan dengan pelanggan sudah terjalin erat, maka sebuah perusahaan bisnis akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan.

Sistem ini juga memiliki manfaat penting untuk bisnis, antara lain meningkatkan keuntungan, menciptakan brand loyalty, dan proses kerja lebih efisien. Sehingga kamu tidak perlu membuang-buang waktu dan bisa menghemat pengeluaran. Inilah mengapa sistem Customer Relationship Management memiliki peran penting untuk sebuah bisnis.

Beberapa sektor industri sangat membutuhkan sistem Customer Relationship Management, contohnya industri kesehatan, industri retail, industri konstruksi, industri manufaktur, dan industri perhotelan. Sistem Customer Relationship Management akan bekerja sesuai dengan industri-industri tersebut.

Demikian penjelasan lengkap mengenai CRM atau Customer Relationship Management untuk bisnis. Jadi, kesimpulannya adalah sistem Customer Relationship Management berperan penting untuk pelaku bisnis, sebab memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience.

Dengan penjelasan di atas, semoga artikel ini membantu menjawab pertanyaan kamu seputar apa itu CRM, manfaat, dan contohnya dalam bisnis.

Baca juga: Menarik Calon Pembeli Lewat Status WA Online Shop? Bisa!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!