Apa Fungsi Pokok Manajemen Persediaan Bisnis Ritel?

1554
fungsi pokok manajemen persediaan bisnis ritel

Sudah bukan rahasia lagi jika mengelola bisnis memang merupakan sebuah tantangan. Terlebih bagi mereka yang termasuk pemula dan baru saja terjun ke dalam dunianya. Pasti menjalankan bisnis terasa sangat menantang dan membutuhkan penyesuaian.

Terus belajar untuk memahami prosesnya merupakan kunci supaya semakin siap menghadapi segala tantangan yang muncul saat berbisnis. Jika sudah terasah, sangat mungkin untuk melangkah ke model bisnis yang lebih besar.

Salah satu jenis bisnis yang cukup besar lantaran banyak permintaan konsumen adalah bisnis ritel. Bisnis ini kerap menjual langsung produknya kepada konsumen untuk keperluan pribadi dan tidak ada proses jual beli kembali setelahnya.

Di dalam pengelolaan bisnis ritel sendiri terdapat istilah manajemen persediaan. Sistem ini dilakukan untuk mengatur persediaan pada perusahaan, mulai dari ketersediaan barang hingga pengelolaannya.

Lalu, apa fungsi pokok manajemen persediaan bisnis ritel yang bisa dirasakan oleh perusahaan? Di bawah ini kami akan membahas ulasannya untukmu. Simak bersama, ya!


Fungsi Pokok Manajemen Persediaan Bisnis Ritel

  • Memastikan Perusahaan Tidak Kekurangan Persediaan

Fungsi pokok manajemen persediaan pertama adalah memastikan perusahaan tidak kekurangan persediaan. Hal ini penting dilakukan, terlebih untuk menghindari hal yang tidak dapat diprediksi.

Misalnya persediaan terlambat datang dan tidak sesuai jadwal yang dikarenakan satu dan lain hal. Namun, di lain sisi permintaan dari konsumen tetap ada. Itu sebabnya perlu dilakukan manajemen persediaan yang baik agar perusahaan tidak kekurangan persediaan.

  • Mengantisipasi Pesanan Yang Tidak Sesuai

Selanjutnya fungsi pokok persediaan bisnis ritel adalah memastikan pesanan sesuai. Pada bisnis ritel, pesanan yang tidak sesuai merupakan peristiwa langka. Namun, bukan tidak mungkin untuk terjadi.

Oleh karena itu manajemen persediaan perlu dilakukan untuk mencegah hal tersebut untuk terjadi. Lewat proses pengecekan ulang, binis ritel akan memastikan bahwa persediaannya sudah sesuai dengan pesanan.

  • Mengantisipasi Ketersediaan Barang di Pasar

Fungsi pokok manajemen persediaan bisnis ritel lainnya adalah untuk mengantisipasi ketersediaan barang yang terdistribusi dengan baik di pasar. Selain memastikannya tidak kurang, perusahaan juga perlu untuk melakukan pengecekan kembali apakah barang tersebut telah tersedia di pasar.

Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya kelangkaan suatu barang yang menghilang dari pasaran. Jika tidak dapat ditemukan, dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya.

  • Memastikan Kelancaran Produksi

Manajemen persediaan juga dapat berfungsi untuk memastikan kelancaran produksi. Dalam hal ini memastikan kelancaran produksi pada bisnis ritel yang memang menyuplai barang untuk konsumennya.

Tujuannya adalah untuk menghindari kerugian, sehingga proses produksi harus dipastikan tetap lancar. Di sinilah fungsi manajemen persediaan bisnis ritel akan berperan, yaitu memastikan produksinya agar tetap lancar supaya dapat selalu memenuhi kebutuhan dari konsumen.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai fungsi pokok manajemen persediaan bisnis ritel. Ternyata cukup panjang ya proses yang dilakukan oleh perusahaan supaya barang sampai dengan manis ke tangan konsumen.


Jika kamu merasa terinspirasi dan ingin memulai bisnis pertamamu segera, kamu bisa mengandalkan KoinWorks sebagai solusi finansialmu. Melalui KoinBisnis kamu bisa melakukan pinjaman modal usaha dengan mudah hingga Rp 2 miliar. Bunga cicilannya pun terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulannya.

Semua dapat kamu lakukan dengan mudah, cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu dan daftarkan bisnismu. Kamu akan terintegrasi secara otomatis tanpa perlu datang ke bank.

Temukan berbagai tips manajemen bisnis dan kepemimpinan untuk kembangkan bisnis anda hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga: