Maksimalkan Bisnis Online Kamu dengan WhatsApp Bisnis – Di tahun 2018, Whatsapp meluncurkan WhatsApp Bisnis yang disambut dengan baik oleh para pelaku usaha.

Tentu saja demikian karena Whatsapp Bisnis adalah suatu produk yang diciptakan untuk pemilik bisnis yang mulai merambah dunia digital untuk memudahkan mereka berkomunikasi dengan pelanggan dan bahkan calon pelanggan.


Mengenal WhatsApp Bisnis: Cara Membuat, Kelebihan dan Perbedaannya dengan WhatsApp Messenger

Melansir dari laman resmi WhatsApp sendiri, WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store dan dirancang untuk para pemilik bisnis UMKM.

Tersedianya aplikasi ini dimaksudkan untuk memudahkan para pelaku bisnis dalam berinteraksi yang lebih mudah dengan pelanggan, membuat pesan otomatis, menyortir pesan, hingga membalas pesan dengan cepat.

Baca juga : Cara Promosi Bisnis di Youtube


Cara Membuat WhatsApp Bisnis untuk Usaha Kamu

Sebenarnya sangat mudah memiliki akun WhatsApp Bisnis untuk memaksimalkan penjualan bisnis online kamu.

Hanya tinggal memiliki aplikasinya dan mengikuti beberapa langkah.

Namun, sebelum kamu mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis, penting untuk memperhatikan beberapa poin berikut ini.

  • Jika kamu menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp Messenger, kamu bisa dengan mudah memindahkan informasi termasuk history chat beserta medianya ke akun WhatsApp Bisnis nantinya.
  • Sebaliknya, setelah memiliki akun WhatsApp Bisnis, history chat kamu di akun tersebut tidak bisa dipindahkan kembali ke WhatsApp Messenger.
  • Tidak memungkinkan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger dan WhatsApp Bisnis di waktu yang bersamaan dengan menggunakan nomor handphone yang sama. Paling tidak, gunakan dua nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi.

Setelah memahami poin-poin di atas, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat akun WhatsApp Bisnis.

1. Download aplikasi WhatsApp Bisnis

Sangat mudah untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis, bisa di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

2. Verifikasi nomor handphone

Masukkan dan verifikasi nomor handphone bisnis kamu.

Ada baiknya untuk membedakan nomor yang digunakan untuk bisnis dan nomor pribadi agar memudahkan proses verifikasi dan terhindar dari chat yang tercampur.

3. Lengkapi semua informasi bisnis Anda

Setelah nomor sudah terverifikasi atur profil bisnis kamu.

Klik menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Profil.

Lengkapi semua informasi seperti nama bisnis, detail kontak, alamat, kategori, email, dan jika punya website masukkan juga.

Pastikan kamu memasukkan nama bisnis dengan benar karena nama ini tidak bisa diubah di kemudian hari.

4. Buat balasan pesan otomatis

Atur balasan otomatis untuk memudahkan kamu menjawab pertanyaan dasar saat pelanggan pertama kali mengirim pesan.

Kamu masuk ke Pengaturan > Pengaturan Bisnis > pilih Away Message atau Greeting Message atau Quick Replies.

Di pengaturan ini kamu juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan, dan ini akan membantu kamu ketika pelanggan mengirim pesan atau pertanyaan di luar jam operasional kamu.


Kelebihan WhatsApp Bisnis dan Perbedaannya dengan WhatsApp Biasa

Aplikasi WhatsApp Bisnis ini didesain dan berfungsi sama seperti WhatsApp biasa.

Semua fitur esensialnya pun sama seperti fitur chat hingga mengirim media.

Namun, ada beberapa hal berbeda yang tidak tersedia di WhatsApp Messenger seperti fitur-fitur berikut ini.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan dengan TikTok

Verifikasi centang hijau

Salah satu kelebihan utama menggunakan WhatsApp Bisnis adalah verifikasi centang hijau yang bisa menambah tingkat kepercayaan pelanggan.

Selain itu, dengan adanya verifikasi centang hijau, kamu bisa lebih mudah membangun branding bisnis online kamu sebagai bisnis yang kredibel.

Pilihan kategori bisnis

Kamu bisa memilih satu dari beberapa daftar opsi kategori bisnis di WhatsApp Bisnis.

Ini tentunya bisa memudahkan kamu membuat branding dan identitas yang nantinya akan dilihat oleh para pelanggan yang mengirim pesan ke WhatsApp Bisnis kamu.

Ada beberapa kategori bisnis yang sudah tersedia di list ini, namun jika kamu tidak menemukan kategori yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalani, kamu bisa memilih kategori “Others”.

Terdapat fitur katalog produk

Kelebihan yang satu ini memberikan kemudahan untuk menampilkan produk atau jasa yang kamu jual beserta dengan foto, deskripsi, link, dan harga yang kamu tentukan.

Dengan mengatur fitur katalog produk ini, kamu bisa mengatur waktu yang lebih efisien ketika pelanggan menanyakan daftar produk yang kamu jual.

Fitur Away Message

Fitur Away Message ini memungkinkan kamu membalas pesan pelanggan di luar jam operasional.

Jadi, pelanggan bisa selalu terhubung dan mendapatkan balasan otomatis setelah mengirimkan pesan.

Cara mengaktifkannya adalah dengan tap Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Away Message, lalu aktifkan tombol hijau dan atur pesan yang kamu ingin jadikan balasan otomatis, terakhir atur Schedule kapan pesan ini diaktifkan, tap Simpan.

Fitur Greeting Message

Fitur Greeting Message ini juga merupakan balasan otomatis untuk pelanggan.

Bedanya, pesan akan otomatis dikirimkan ke pelanggan yang sempat mengirimkan pesan dan tidak berkabar atau berkomunikasi lagi selama 14 hari.

Cara untuk mengaktifkan Greeting Message adalah dengan tap Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Greeting Message, lalu aktifkan tombol hijau dan atur pesan yang kamu inginkan, lalu tap Simpan.

Fitur Quick Replies

Fitur Quick Replies adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan atau balasan sesuai dengan kata kunci tertentu yang kamu atur.

Tujuannya adalah untuk menghemat waktu kamu tanpa harus mengetik satu paragraf setiap berbalas pesan.

Contohnya adalah ketika kamu mengetik kata kunci /Thanks di kolom pesan, maka otomatis muncul satu pesan paragraf yang kamu atur sebelumnya seperti misalnya “Terima kasih telah berbelanja di toko kami. 

Cara untuk mengaktifkan Quick Replies adalah dengan tap Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Quick Replies, lalu atur pesan dan kata kunci atau shortcut yang kamu inginkan, lalu tap Simpan.

Tinjauan statistik chat

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menilai, menganalisa, dan membuat laporan tentang statistik chat mana yang efektif, mulai dari berapa pesan yang diterima, dibaca, dan yang terkirim.

Cara untuk meninjau statistik ini adalah tap Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Statistik.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal apa itu WhatsApp Bisnis, kelebihannya, dan apa yang membedakannya dengan WhatsApp Messenger biasa.

Sudah siap untuk meningkatkan performa bisnis online kamu?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.