Setiap bisnis, tentu memiliki faktor-faktor penting yang memengaruhi penjualan.
Ini bertujuan untuk memaksimalkan penjualan. Namun, hasil akhirnya tergantung bagaimana pemilik bisnis mengelola usaha mereka.
Oleh sebab itu, sebagai pengusaha, kamu harus bisa pintar dalam mengelola bisnis.
Daftar Isi
7 Faktor Penting yang Memengaruhi Penjualan Bisnis
Bukan hanya pintar strategi pemasaran, pemilik bisnis juga harus bisa meningkatkan penjualan secara signifikan, agar usaha tidak akan mudah gulung tikar.
Nah, berikut berbagai faktor yang bisa kamu pahami sebagai pengaruh penjualan:
1. Modal bisnis
Sebuah bisnis akan sulit berkembang jika barang yang dijual belum terlalu terkenal.
Biasanya, ini disebabkan oleh lokasi jual terlalu jauh, promosi kurang, dan brand masih baru.
Jika keadaannya seperti ini, maka pemilik harus memperkenalkannya terlebih dahulu kepada khalayak umum.
Hal pertama yang harus ada adalah sarana alat transportasi, sehingga pindahkan usaha ke tempat yang mudah dijangkau.
Lalu, lakukan promosi, baik online maupun offline. Namun, hal-hal tersebut akan berjalan, jika kamu memiliki modal yang cukup untuk mewujudkannya.
Semua bisnis tentu akan membutuhkan uang sebagai modal untuk memperlancar kegiatan dagang.
Sebagai contoh, kamu ingin membuka usaha kuliner, maka modal yang kemungkinan paling besar adalah membuka cabang restoran yang lebih besar.
2. Kualitas dan karakteristik produk
Produk penjualan harus memiliki kualitas yang baik, sehingga faktor ini akan memengaruhi pembangunan reputasi yang bagus di pasar dan di mata konsumen.
Oleh sebab itu, saat pebisnis dapat menciptakan produk yang berkualitas bagus, maka mereka harus selalu memenuhi permintaan pelanggan secara signifikan.
Bukan hanya itu saja, kualitas produk juga ikut kontribusi dalam biaya produksi, pengembalian investasi, dan peningkatan pendapatan produk.
Agar pengiriman klaim pemasaran berhasil, kamu harus melakukan investasi secara penuh pada kualitas produk.
Strategi ini akan terlibat dengan komitmen konsumen, sehingga kamu harus bisa menghilangkan kesalahan produksi. Dengan demikian, reputasi bisnis akan semakin bagus.
Selain itu, tim produksi harus memastikan dan bekerja sama dengan pemasok yang terpercaya.
Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya cacat produk, karena adanya bahan produk yang rusak.
3. Harga produk
Jual beli adalah transaksi untuk memindahkan hak milik secara komersial terhadap barang atau jasa, yakni penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.
Oleh sebab itu, sekiranya transaksi harus melibatkan dua pihak.
Pada aktivitas ini, penjual harus bisa meyakinkan pembeli untuk mencapai sasaran penjual yang sesuai harapan. Dalam industri bisnis, tekanan harga produk akan terus meningkat.
Oleh sebab itu, strategi penetapan harga sangat penting. Ini bertujuan untuk menentukan harga yang tepat dan kompetitif.
Sebagai contoh, menaikkan harga akan menurunkan volume penjualan, meskipun hanya sedikit saja. Namun, kamu bisa mengimbangi penurunan volume dari keuntungan lebih tinggi dari hasil margin.
Sementara itu, harga yang relatif rendah akan memungkinkan terjadinya peningkatan secara signifikan pada penjualan.
Dengan demikian, hal ini dapat membantu mengurangi biaya overhead dan menambah total keuntungan usaha.
Harga produk yang sudah ditetapkan akan memberikan penjelasan tentang kualitas suatu produk. Dengan begitu, konsumen bisa menilai apakah produk memang berkualitas bagus atau tidak.
Menjadi bagian dari yang memengaruhi penjualan, harga produk berdampak pada merek, posisi, dan reputasi bisnis kamu di mata konsumen.
Oleh sebab itu, jika kamu mendapatkan kinerja penjualan baru, pastikan kamu menyesuaikan pendekatan untuk menetapkan harga produk yang tepat.
4. Tenaga kerja penjualan
Faktor yang memengaruhi penjualan bisnis berikutnya adalah tenaga kerja atau SDM.
Agar bisnis berjalan sukses dan berhasil, tenaga kerja sangat dibutuhkan.
Hal ini karena kegiatan produksi tidak akan berjalan, jika tidak ada tenaga kerja yang menjalankannya. Faktor satu ini akan mengalokasikan faktor-faktor lainnya untuk menghasilkan output.
Semakin bagus sumber daya manusia yang kamu miliki, maka penggunaan faktor lainnya akan berjalan lebih efektif. Dengan demikian, hasil output akan lebih bermanfaat, berkualitas, dan proses lebih cepat.
Apalagi jika karyawan memiliki kemampuan kerja tim yang sangat baik, hal tersebut dapat mendukung bisnis semakin maju.
Oleh sebab itu, tujuan bisnis harus menjadi tujuan bersama, sehingga tujuan tersebut dapat direalisasikan secara mudah.
Hal ini karena setiap karyawan harus bergerak maju sesuai tujuan bisnis yang dibuat oleh perusahaan.
Sebagai seorang pemimpin bisnis, kamu harus mementingkan kinerja tim dan tidak egois, sehingga dapat mencapai keuntungan bersama.
5. Manajemen usaha
Menjadi salah satu fondasi kuat untuk menentukan keberhasilan sebuah bisnis, manajemen menjadi aspek penting yang harus dimasukkan ke dalam daftar faktor yang memengaruhi penjualan bisnis.
Hal ini karena manajemen memiliki cakupan yang luas.
Selain mengelola dan mengorganisasi bisnis, manajemen juga mencakup waktu dan berbagai struktur dalam proses organisasi tersebut.
Sehingga, tanpa adanya struktur yang jelas, kemungkinan bisnismu mengalami kendala akan semakin besar.
Pasalnya, sumber daya manusia di dalamnya memiliki peranan kinerja yang kurang jelas, karena mengikuti manajemen yang tersedia.
Bahkan, manajemen keuangan memiliki peranan besar dalam keberlangsungan sebuah bisnis.
Jika kamu ingin bisnismu berjalan secara optimal, maka kelola aset bisnis dengan tepat dan efisien.
Pastikan bahwa melakukan audit berkala, ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen usaha. Dengan demikian, pajak, modal, dan kas akan berjalan dengan benar.
6. Peluang pasar
Pasar menjadi pihak sasaran dalam kegiatan penjualan, sehingga memiliki pengaruh sangat besar dalam bisnis.
Namun, untuk mencari peluang pasar, kamu harus pintar-pintar dalam memilahnya.
Penemuan peluang pasar merupakan kunci utama untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan pada pendapatan bisnis.
Dalam hal ini, sebagai pebisnis kamu harus lebih pintar dalam membaca peluang pasar.
Agar peluang bisnis dapat kamu temukan secara tepat, sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dahulu.
Cara ini berfungsi untuk mencari target konsumen dan promosi yang tepat. Sehingga, kamu dapat menjangkau target konsumen dengan mudah.
Tentu saja, kegiatan riset harus dilakukan secara maksimal. Dengan begitu, kamu bisa menemukan peluang bisnis yang bagus.
Jika peluang pasar tepat, rencana bisnis milikmu akan cocok dengan peluang tersebut.
Alhasil, bisnismu memiliki pasarnya sendiri, banyak konsumen berdatangan, penjualan menjadi meningkat, dan mencapai tujuan usaha lainnya.
7. Selera konsumen
Faktor penting yang memengaruhi penjualan bisnis terakhir adalah selera konsumen.
Jika bisnismu sejauh ini berjalan baik, namun tiba-tiba terjadi penurunan, mungkin selera konsumen adalah masalah utamanya.
Hal ini karena konsumen tidak akan selamanya memiliki selera yang sama.
Ada kemungkinan besar selera konsumen saat ini akan berbeda dengan era 10 tahun mendatang. Sama seperti selera konsumen pada 10 tahun yang lalu yang berbeda dengan saat ini.
Sehingga, sebaiknya kamu lakukan riset secara berkala untuk mengenali keinginan dan kebutuhan pasar.
Agar tetap eksis, pebisnis akan dituntut untuk mengikuti perubahan pasar. Sebagai contoh, kini teknologi sedang mendominasi kehidupan, sehingga selera konsumen pastinya berkaitan dengan teknologi.
Dengan begitu, pengusaha akan membuat bisnis yang berhubungan baik dengan teknologi.
Sudah Paham Apa Saja Faktor Penting yang Memengaruhi Penjualan Bisnis?
Beberapa faktor penting yang memengaruhi penjualan di atas akan membantu kamu dalam memaksimalkan bisnis.
Sudah siapkah kamu untuk melakukannya? Semoga bermanfaat!