HomeIde Bisnis7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan!

7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan!

7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan! – Wahai para pemilik bisnis, akui saja, untuk mengembangkan usaha Anda, Anda tidak bisa bekerja sendiri kan?

Anda butuh karyawan yang bisa mengerjakan berbagai tugas di dalam perusahaan. Entah itu business development, marketing, IT, finance, dan sebagainya.

Baca juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

Setiap karyawan yang Anda miliki sangatlah berharga. Karenanya, sebagai pemimpin yang baik, Anda harus bisa menghargai dan memberikan motivasi bagi karyawan-karyawan Anda.

Dengan demikian, seluruh pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Bukan hanya karyawan saja yang mendapatkan keuntungan karena bisa mengeksplorasi atau mengaktualisasikan dirinya, bisnis Anda pun ikut maju.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengucapkan 10 kata berikut karena hanya akan membuat karyawan merasa tidak percaya diri.

7 Kata yang Bikin Karyawan Tak Percaya Diri, Sebaiknya Jangan Diucapkan!

Tidak

katakan tidak

Kata negatif ini mampu memberikan dampak buruk hingga membuat karyawan jadi merasa tidak bersemangat. Sebuah penelitian menujukan bahwa cara seseorang merespon pada kata “tidak” cenderung lebih lambat dibandingkan kata “iya”.


Tidak bertanggung jawab

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Faktanya, kata ini mampu membuat karyawan Anda merasa terintimidasi. Ini sama saja seperti tidak menghargai kerja keras atau hasil usaha yang sudah dikerjakan.


Buruk

cara menghadapi karyawan nakal dan sulit diatur
gambar: bizjournals.com

Menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan perbuatan atau karakter seseorang sangat tidak disarankan.

Baca juga: 10 Akun Instagram yang Wajib Di-follow Setiap Pebisnis Profesional agar Makin Sukses

Kecuali kalau apa yang dilakukan karyawan Anda memang benar-benar buruk, lebih baik sampaikan hal tersebut dengan kritik membangun yang bisa membuat karyawan lebih termotivasi.


Tidak berkompeten

bosan di kantor, ini cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja - kurang tidur
gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Ternyata, ini merupakan kata favorit yang sering digunakan para pemimpin perusahaan untuk menjatuhkan karyawan-karyawannya.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin Dalam Bekerja

Kata ini sebenarnya digunakan untuk dua hal, supaya karyawan bisa bekerja lebih keras atau memang karena kualitas karyawan tidak sesuai ekspektasi Anda.


Membosankan

cara menghadapi orang iri hati di lingkungan bisnis
gambar: theconversation.com

Apabila ada karyawan yang terlihat membosankan untuk Anda, tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah mereka memang benar-benar membosankan? Bisa jadi, ini karena Anda belum mengenal karyawan Anda lebih jauh.


Tidak berguna

karyawan anda malas bekerja
gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Well, kata yang satu ini juga cukup menyakitkan. Mungkin, Anda akan dicap sebagai bos yang menyebalkan yang tidak disegani para karyawan.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Merekrut Karyawan

Jika Anda merasa bahwa karyawan Anda kurang bekerja keras, jangan katakan bahwa mereka tiidak berguna. Lebih baik sampaikan pada mereka bahwa apa yang dikerjakan kurang efektif. Jangan lupa, berikan saran agar mereka bisa bekerja lebih maksimal.


Kecewa

penyebab karyawan hilang semangat kerja di kantor - kesalahan dalam bisnis - takut jadi pemimpin perusahaan

Ini adalah kata selanjutnya yang sebaiknya jangan dikatakan kepada karyawan Anda. Jika memang Anda tidak puas dengan apa yang mereka lakukan, Anda tetap harus menunjukan rasa hormat. Gunakan kata-kata yang lebih positif supaya karyawan tidak down.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Seperti apa contoh konten interaktif Instagram yang cocok untuk bisnis? Saat ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjang bisnis. Jika kamu adalah salah...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...