HomeMarketing5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui – Bagi Anda yang memasarkan produk, packaging atau kemasan produk adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Kemasan produk merupakan bagian dalam branding untuk mengenalkan produk Anda ke pasaran.

Namun, sejumlah pebisnis kurang memberi perhatian yang lebih pada packaging atau kemasan produk. Ada yang berpikir bahwa yang terpenting dalam pemasaran produk adalah kualitas produknya. Padahal, kemasan adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi penjualan.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Jika Anda ingin produk Anda mencuri perhatian, perhatikanlah juga tampilan pada kemasan produknya. Carilah desainer profesional dan berpengalaman untuk mendesain kemasan produk yang bagus. Sehingga produk Anda akan terlihat semakin menarik di mata konsumen.

5 Alasan Pentingnya Kemasan Produk Bagi Bisnis Anda

Melindungi Produk

gudang produk - inventori produk

Fungsi terpenting kemasan produk adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Kemasan produk memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah tergores, basah, dan cacat. Apalagi saat pendistribusian atau pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan yang baik, produk jadi lebih terjamin keamanannya.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

Membangun Kepercayaan

product packaging
gambar: prodirector.net

Kemasan produk dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi bisnis online, konsumen Anda akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Nah, kemasan pastinya akan berfungsi untuk melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen otomatis akan terbangun.

Baca Juga: Cara Menjual Produk Digital Dengan Efektif

Menambah Daya Tarik

kotak kemasan produk

Carilah desainer yang sudah berpengalaman dalam mendesain produk. Desainer akan lebih paham tentang desain, bentuk, dan material kemasan produk yang baik dan cocok untuk jenis produk Anda. Dengan rancangan desainer, tampilan produk akan terlihat menarik karena desain kemasannya yang kreatif. Kemasan bisa menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Bahkan jika desainnya unik, konsumen akan menyimpan kemasan tersebut dan tidak ingin membuangnya.

Baca Juga: 4 Tips Agar Generasi Millenial Mau Membeli Produk Anda

Mempromosikan Produk

informasi produk dalam kemasan
gambar: bluefountainmedia.com

Pada kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda. Seperti nama brand, logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial, manfaat, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, pastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan membuatnya jadi tidak menarik.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Menjadi Pelanggan Setia

Membuat Perbedaan

manfaat kemasan produk
gambar: praxispackaging.com

Jika Anda memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis Anda. Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tahu apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.

Baca Juga: 6 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Nah, itulah lima manfaat packaging atau kemasan produk dalam pemasaran. Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis, mulai siapkan desain kemasan yang terbaik. Sedangkan bagi bisnis lama yang sudah berjalan, perhatikan kembali desain kemasan produk Anda. Jika tampilannya kurang bagus, segera rancang kembali dengan desain yang lebih baik.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!