4 Cara Agar Konsumen Mau Membuka Email Marketing Anda – Guna mendorong kemajuan bisnis Anda, berbagai cara promosi dilakukan termasuk melalui email marketing.
Pemasaran melalui email marketing seperti newsletter, bisa menjadi cara yang efektif untuk mendorong penjualan produk di internet.
Namun, percuma saja jika konsumen Anda tidak membuka email marketing yang selalu rutin Anda kirim. Tidak akan ada tindakan lebih lanjut seperti mengklik website Anda atau melakukan pembelian.
Baca Juga: 6 Tips Mengirim Email Bisnis yang Baik dan Benar
Setidaknya, ada 4 cara agar konsumen yang telah berlangganan email Anda tertarik untuk selalu membacanya. Poin pentingnya adalah terletak pada isi atau konten emailnya. Tidak melulu harus tentang penjualan produk Anda, tapi terkadang Anda cukup memberikan informasi lain dengan cara yang kreatif.
Daftar Isi
4 Cara Agar Email Marketing Anda Selalu Dibuka Oleh Konsumen
1Email Penawaran Spesial
Siapa yang tidak senang dengan diskon? Diskon membuat orang dapat menghemat pengeluaran ketika berbelanja. Tak heran jika banyak orang mencari-cari informasi diskon setiap hari di internet.
Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil
Guna menarik minat konsumen untuk berlangganan dan terus tertarik membuka email dari Anda, caranya bisa dengan menjanjikan mereka untuk mengirimkan email tentang penawaran spesial secara berkala.
Penawaran spesial bisa berupa potongan harga/diskon, bebas ongkos kirim, beli 2 gratis 1, dan sebagainya.
Anda perlu mencari tahu jenis penawaran spesial apa yang paling disukai pelanggan Anda. Jika mereka lebih suka promosi diskon, maka Anda lebih banyak mengirimkan email tentang diskon.
Sebaliknya, jika mereka lebih suka penawaran bebas ongkos kirim, maka Anda lebih baik untuk mengutamakan pengiriman gratis untuk mereka.
2Email yang Memberikan Solusi
Ada berbagai alasan orang tertarik untuk berlangganan email marketing dari perusahaan Anda. Salah satunya karena Anda menawarkan solusi bagi sebuah masalah.
Anda meyakinkan mereka jika Anda akan mengirimkan email secara berkala yang berisi tentang hal yang bisa memecahkan masalah itu.
Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Merilis Bisnis Baru
Misalnya, Anda menjalankan sebuah website berita teknologi. Orang akan tertarik jika Anda bisa memberikan solusi bagi mereka yang suka mencari berita terkini dari dunia teknologi. Di luar sana banyak orang yang menyukai atau membutuhkan informasi terbaru seputar teknologi.
Hal pertama yang penting adalah tentu website Anda harus menghasilkan konten yang berkualitas. Kemudian orang pasti akan tertarik untuk berlangganan jika Anda menjanjikan email secara berkala yang berisi informasi yang mereka minati.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif
Misalnya, Anda bisa mengirimkan email yang berisi rangkuman berita teknologi terbaru setiap minggu. Ini akan memudahkan pelanggan email Anda untuk mendapatkan informasi apa saja yang relevan terkait teknologi.
3Email yang Membuka Wawasan
Anda bisa menjanjikan konsumen Anda untuk mengirimkan sebuah email per minggu untuk hal-hal yang dapat membuka wawasan mereka.
Banyak orang tertarik membaca hal-hal yang memberikan inspirasi dan menambah pengetahuan. Dengan membacanya, mereka ingin menjadi lebih pintar dan pikirannya semakin luas.
Baca Juga: 9 Etika Berkomunikasi Dalam Menulis Email Bisnis
Misalnya, email mingguan tentang bisnis. Anda bisa membagikan tips berbisnis, informasi relevan terkait dunia bisnis terkini, hingga kata-kata motivasi yang dapat membangkitkan semangat pembaca dalam berbisnis. Hal-hal seperti itu dapat membuat orang tertarik untuk membuka email terbaru Anda.
4Email yang Menghibur
Memasarkan bisnis tidak harus selalu dengan cara hard-selling. Terkadang, konsumen Anda hanya ingin membaca email yang menyenangkan suasana hati mereka. Anda bisa mencuri perhatian pelanggan dengan email-email yang menghibur mereka.
Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Jumlah Share Artikel Anda
Seperti dengan video atau gambar menarik. Butuh kreativitas agar Anda dapat menciptakan video atau gambar yang menghibur, namun sekaligus berisi pesan pemasaran untuk bisnis Anda. Jika Anda bisa melakukannya, orang akan tertarik untuk selalu membuka email dari Anda.