HomeManajemen BisnisEntrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Hindari 5 Kesalahan Sepele Saat Mengelola Toko Online – Mungkin Anda telah menjalankan bisnis online lebih dari setahun.

Anda membuat website toko online, namun bisnis Anda tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tanpa Anda sadari, bisa saja ada kesalahan sepele yang selama ini Anda lakukan ketika mengelola toko online Anda.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Di tengah gencarnya perkembangan internet, website toko online pun kian menjamur. Anda dituntut harus mampu bersaing dengan menghadirkan website bisnis yang profesional di mata konsumen.

Nah, berikut ada beberapa kesalahan sepele yang harus dihindari saat mengelola toko online.

5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

1. Tidak Up-to-date

Website toko online yang hanya menjadi tempat display produk, akan mengurangi minat konsumen. Jangan membiarkan website tidak up-to-date dan tanpa aktivitas. Konten di dalam situs Anda harus terus diperbaharui secara berkala.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Contohnya, dengan mengganti gambar header atau banner web, mengganti foto produk lama dengan foto terbaru, menambahkan video menarik terkait produk Anda, hingga memposting artikel blog.

2. Deskripsi Produk Tidak Lengkap

Mungkin Anda mengira bahwa dengan menuliskan deskripsi produk yang tidak lengkap, calon pembeli akan penasaran dan kemudian menghubungi Anda.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Padahal, informasi yang tidak jelas malah membuat calon pembeli ragu. Untuk itu, jangan setengah-setengah mencantumkan deskripsi produk, namun jelaskan dengan lengkap menggunakan kata-kata promosi yang menarik.

3. Foto Produk Tidak Menarik

Jangan menganggap sepele kualitas foto produk, karena ini dapat mempengaruhi minat pembeli. Jangan mengambil gambar dari internet, sebaliknya gunakan gambar Anda sendiri.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Lakukan pemotretan untuk produk dan siapkan bermacam-macam foto untuk setiap produk yang ada.

Misalnya, foto produk dari tampak samping, tampak depan, hingga foto yang menggunakan model.

Sehingga ada berbagai pilihan foto produk yang bisa Anda gunakan dalam pemasaran di website dan media lainnya.

4. Petunjuk Pembelian Tidak Jelas

Tidak semua orang mengerti cara membeli barang online, terutama bagi yang belum pernah berbelanja online sebelumnya atau yang baru pertama kali mengunjungi website toko online Anda.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Sehingga pastikan Anda mencantumkan informasi mengenai petunjuk pembelian secara jelas, mulai dari informasi cara memesan, cara mengonfirmasi pembelian, cara pembayaran, hingga proses pengiriman atau pengembalian barang.

5. Tidak Responsif

Selain itu, hindari sikap yang tidak responsif. Sekalipun website toko online Anda mempunyai tampilan yang keren dan menjual produk yang banyak diminati, namun jika Anda lambat dalam melayani konsumen, maka orang akan enggan membelinya dan beralih ke kompetitor.

Baca Juga: 10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online, Wajib Coba!

Oleh sebab itu, layani pelanggan sebaik mungkin, dengan cara secepat mungkin menjawab pertanyaan konsumen, segera memproses pemesanan hingga pengiriman barang yang telah dibayar oleh konsumen.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!