HomeMemulai BisnisApa Itu Perusahaan Startup Unicorn? Berikut Contohnya Di Indonesia!

Apa Itu Perusahaan Startup Unicorn? Berikut Contohnya Di Indonesia!

Apa Itu Perusahaan Startup Unicorn? – Bagi sebagian orang mungkin perusahaan unicorn masih terdengar asing di telinga. Bagaimana tidak? Di lain sisi ada istilah unicorn yang digunakan untuk menamai tokoh fiksi berupa kuda dengan tanduk di kepalanya. Sehingga tak jarang definisi unicorn sendiri menjadi tertukar dan salah arti.

Namun, ada pula istilah unicorn yang kerap digunakan pada bidang bisnis. Untuk membuat bisnis dinamai unicorn sendiri ada beberapa hal yang menjadi alasan dibaliknya. Beberapa bisnis di Indonesia pun sudah berhasil menduduki predikat unicorn, khususnya bisnis startup. Hal ini tak jarang menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis lainnya untuk ikut berkarya agar dapat berkembang pesat pula. Lalu, apa itu perusahaan startup unicorn? Simak ulasannya di sini.


Apa Itu Perusahaan Startup Unicorn?

Sebuah perusahaan startup bisa dikatakan unicorn ketika memiliki beberapa kriteria. Kriteria ini pun tergolong jarang ditemukan pada bisnis-bisnis startup lainnya, sehingga istilah unicorn sebagai mahluk mitologi yang jarang muncul di dongeng ini pun digunakan untuk menamainya.

Berikut beberapa kriteria yang digunakan suatu bisnis untuk tergolong menjadi unicorn.

Nilai Perusahaan

Saat akan menentukan bisnis startup menjadi unicorn, nilai perusahaan menjadi sebuah tolak ukur pertama yang paling dilihat oleh banyak pihak. Dipastikan perusahaan harus memiliki nilai US$ 1 Miliar, atau Rp 14,1 triliun dan tentu melalui proses yang tidak mudah dalam perkembangannya. Tidak heran jika perusahaan unicorn kerap menjadi inspirasi bagi para pengusaha untuk ikut mengembangkangkan bisnisnya.

Milik Swasta

Selanjutnya, sebuah bisnis startup digolongkan menjadi unicorn karena memang merupakan milik swasta. Tentu saja pada bisnis unicorn pemerintah tidak boleh ikut andil di dalamnya. Poin inilah yang menyebabkan bisnis unicorn semakin inspiratif lagi karena bisa berdiri sendiri dan sukses dengan perkembangannya.

Memudahkan Konsumen Dengan Teknologi

Ciri khas lainnya yang lekat dengan kriteria bisnis startup unicorn adalah adanya keterlibatan teknologi. Dalam hal ini biasanya teknologi yang digunakan merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat. Sebagai contoh, sebuah aplikasi perjalanan yang bisa digunakan untuk memesan ojek maupun makanan sehingga mempermudah keseharian. Atau, sebuah aplikasi untuk berbelanja sayur-mayur secara online sehingga mempermudah ibu rumah tangga agar tidak perlu jauh-jauh ke pasar di pagi buta.


Contoh Bisnis Perusahaan Startup Unicorn Di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa bisnis yang telah berhasil menjadi sebuah unicorn. Bisnis-bisnis ini tentunya sudah memiliki beberapa kriteria di atas dan juga telah berguna untuk masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa contohnya.

Gojek

Sebagai salah satu perusahaan transportasi tersukses besutan anak bangsa, Gojek juga telah menyandang predikat unicorn. Selain karena telah membantu banyak masyarakat, Gojek juga pernah menerima investasi sebesar 18 Triliun Rupiah. Dengan jumlah fantastis ini, tentu saja Gojek sudah berhasil digolongkan menjadi bisnis startup unicorn.

Traveloka

Memegang prinsip perusahaan teknologi yang memudahkan masyarakat membawa Traveloka menjadi bisnis unicorn dengan value mencapai US$ 3 Miliar. Sejumlah investor juga telah memberikan dana bahkan ditengah pandemi yang sempat membuat mereka kesulitan. Namun, predikat unicorn telah lebih dulu disandang oleh perusahaan asli Indonesia ini.

Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia? Bisnis startup asal Indonesia yang memang dikembangkan langsung oleh tangan anak bangsa ini merupakan salah satu contoh unicorn. Masyarakat pun cukup terbantu dengan adanya teknologi yang dikembangkan oleh Tokopedia, khusunya dalam bidang jual beli. Sedangkan alasan di belakang Tokopedia menjadi contoh bisnis unicorn adalah karena pernah menerima investasi sejumlah US$ 1.1 Miliar.

Bukalapak

Menjadi perusahaan jual beli di tengah hadirnya para pesaing lain tidak menggentarkan Bukalapak untuk menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia. Bagaimana tidak? Bukalapak telah menerima dana dari investor dengan jumlah cukup besar, hingga pemerintah menobatkannya sebagai unicorn ke-4 di Indonesia.


Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu perusahaan startup unicorn di Indonesia beserta contohnya. Cukup inspiratif, bukan? Kalau kamu terpacu juga untuk mengembangkan bisnismu, KoinWorks punya solusinya.

Melalui KoinBisnis, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan akses permodalan usaha hingga Rp 2 Miliar. Selain itu, bunga cicilannya pun rendah yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Pastinya, keamanannya juga sudah terjaga karena KoinWorks telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tunggu apalagi untuk mengembangkan bisnis impianmu?

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!