Di era serba online seperti sekarang, ada banyak komunitas dan tentunya mentor seputar bisnis yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah melalui channel Telegram.

Selama kamu terhubung dengan internet, kamu akan bisa mengakses jutaan informasi untuk membantu kamu mencari peluang bisnis yang lebih besar.

Iya, memang semudah itu untuk dapat mengakses dan belajar sesuatu di era digital seperti sekarang.

Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai channel Telegram bermanfaat untuk bisnis kamu.

Baca juga: Cara Ganti Background Foto Online dengan Mudah


Ikuti Channel Telegram Bermanfaat Berikut Ini

Channel @dewaekaprayoga – Dewa Eka Prayoga

Di antara kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan wirausaha mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.

Dewa Eka Prayoga adalah salah satu pebisnis muda yang ahli di dunia internet marketing. Ia juga merupakan penulis dari 15 buku tentang bisnsi yang diklaim sebagai best seller.

Di dalam channel Telegram Dewa Eka Prayoga, kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu penting seputar bisnis. Lebih baiknya lagi, ia sering memberikan edukasi tentang pentingnya perencanaan dan bagaimana eksekusi yang baik di dalam sebuah bisnis yang sedang dijalani.

Selain itu juga, di channel Telegram yang bermanfaat untuk bisnis ini sering dibagikan e book dari Kang Dewa sendiri dan juga rekan-rekan bisnisnya.

Baca juga: Cara Download Foto Pinterest di HP dan Dekstop


Channel @cwKMO – Copywriting KMO Indonesia

Buat kamu yang baru merintis bisnis apalagi bisnis online, akan dibutuhkan yang namanya skill content marketing untuk mempromosikan jualan kamu.

Skill content marketing ini tidak melulu soal strategi promosi dan penjualan tapi juga bagaimana kamu melakukan softselling dengan menggunakan copywriting.

Di channel KMO Indonesia, kamu akan mendapatkan kesempatan belajar penulisan dan copywriting agar bisa tepat sasaran dan membuka peluang penjualan yang lebih besar.

Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online


Channel Telegram @kelasfacebook – Kelas SEOMuda.id

Di channel ini, kamu bisa belajar hal seputar digital marketing di Facebook dan juga tentang SEO atau Search Engine Optimization.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, saat ini menjalankan ads atau iklan melalui Facebook Ads Manager adalah salah satu yang paling efektif. Namun, bagi beberapa pengguna pemula agak sulit untuk mengoptimalkan iklan yang dijalankan.

Untuk itu, channel Telegram bermanfaat ini membahas tentang beberapa kesulitan di dala Facebook Ads, cara mengatasi kesulitan tersebut, serta tips dan trik yang bisa diikuti untuk menggunakan layanan tersebut.


5 Keuntungan Mengikuti Channel Telegram Bermanfaat untuk Bisnis

Gratis tanpa iklan

Sebagai pemilik bisnis, terlebih jika sangat baru dirintis, pasti sebisa mungkin mengalokasikan dana untuk hal yang berada di urutan teratas list prioritas saja. Biasanya, hal-hal yang kurang mendesak seperti contoh belajar bisnis dari channel Telegram sebisa mungkin harus zero cost.

Untungnya aplikasi ini sepenuhnya gratis. Bahkan, jika kamu mebuat channel Telegram bisnis dengan jumlah subscriber hingga puluhan ribu, kamu akan tetap tidak dikenakan biaya.

Bisa menggunakan chat bot

Mungkin beberapa di antara kamu pernah memiliki pengalaman berinteraksi dengan bot di Telegram.

Nah, untuk kamu yang memiliki bisnis offline maupun online yang kerap kali mengalami overload dalam menghadapi pertanyaan pelanggan, bisa menggunakan chat bot di Telegram untuk memberikan informasi seperti FAQ secara otomatis.

Baca juga: Daftar Program Ekspor Shopee, Bagaimana Cara Daftarnya?

Jumlah pengguna yang berkembang pesat

Bagi kamu yang sudah memiliki akun Telegram, apakah memperhatikan setiap ada notifikasi kontak kamu yang baru join atau mengaktifkan akun Telegram? Jika iya, memang perkembangan jumlah pengguna Telegram di Indonesia saat ini sangat pesat.

Melansir dari informasi yang dibagikan Tech Crunch, pada bulan Juli 2020 saja ada pertambahan 1,5 juta pengguna setiap harinya.

Bisa login banyak akun dalam satu aplikasi

Ketika kamu menjalankan beberapa bisnis online, penting bagi kamu untuk mengelola banyak akun dengan baik.

Kabar gembiranya, jika menggunakan Telegram kamu bisa mengelola banyak akun hanya dengan satu aplikasi saja. Dan lebih baik lagi, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi kloning, sehingga apapun yang kamu lakukan semua sifatnya legal.

Fitur yang lengkap

Besar kemungkinan, berkembang pesatnya pengguna Telegram adalah karena fiturnya yang lengkap dan beberapa fitur tidak tersedia di WhatsApp maupun aplikasi pesan instan lainnya.

Mulai dari fitur secret chat, fitur grup yang bisa menampung kapasitas anggota yang besar, fitur channel Telegram yang bisa dibuat untuk bisnis, serta fitur untuk mengedit pesan bahkan menghapus pesan tanpa jejak.


Perbanyak Hal Bermanfaat agar Bisnis Berkembang Pesat

Saat kamu memulai sebuah bisnis artinya kamu telah berkomitmen di situ. Kamu diharuskan rela untuk meluangkan waktu dan tenaga bahkan harus mau mendalami berbagai ilmu seperti yang ada di deretan channel Telegram bermanfaat di atas untuk perkembangan bisnis.

Namun, perlu kamu ketahui, selain berinvestasi dengan menjalankan sebuah bisnis, sangat direkomendasikan untuk memiliki rencana lainnya agar bisa terjamin di masa depan.

Salah satunya adalah menjalankan instrumen investasi lain, seperti salah satunya mengembangkan aset melalui KoinBond .

KoinBond adalah pilihan investasi terbaru dari KoinWorks yang akan memudahkan kamu untuk membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang dijamin oleh pemerintah Indonesia.

Prosesnya tidak sulit, kamu bisa memiliki E-SBN melalui aplikasi KoinWorks dan memonitor semua asetmu dalam satu aplikasi.

Dengan memiliki KoinBond, kamu turut berkontribusi untuk negara dan mendukung perkembangannya melalui Surat Berharga Negara.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.