HomeMarketingDigital MarketingSearch Engine Marketing: Begini Pengertian dan Strateginya

Search Engine Marketing: Begini Pengertian dan Strateginya

Search engine marketing adalah strategi pemasaran digital yang lebih efisien dibandingkan SEO. Jika kamu menggunakan SEM, website kamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian tanpa harus menunggu berbulan-bulan. Nah, sebenarnya apakah manfaat dari SEM dan bagaimanakah cara mengaplikasikannya? 

Apa itu Search Engine Marketing?

Sebelum pembahasan lebih lanjut, dasar pengetahuan kamu bisa menjadi lebih kuat apabila mengetahui definisi strategi pemasaran ini terlebih dahulu. Search engine marketing atau SEM adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang bertujuan untuk mempromosikan website kamu di halaman pertama mesin pencarian, seperti Google. 

Berbeda dengan SEO, SEM tidak membutuhkan kamu untuk bersusah payah mengisi website dengan artikel teroptimasi SEO. Upaya strategi SEM memungkinkan kamu untuk mengurangi usaha dalam memposisikan website di halaman pertama mesin pencarian dan berkompetisi dengan website di bidang yang sama dengan bisnis kamu. 

Caranya adalah dengan mengiklankan website kamu dengan metode Pay Per Click (PPC). Jadi, setiap ada pengunjung ke website kamu melalui iklan SEM, kamu harus membayar sejumlah biaya sesuai ketentuan yang berlaku. 

Akan tetapi, strategi ini juga mengharuskan kamu meriset kata kunci terlebih dahulu sehingga iklan kamu bisa muncul ketika keyword terkait dicari oleh user.

Manfaat Search Engine Marketing

Search engine marketing ternyata memiliki banyak manfaat dan sangat efektif daripada metode pemasaran tidak berbayar lainnya. Berikut adalah lima manfaat yang kamu bisa rasakan dari penggunaan SEM.

1. Dapat Meningkatkan Conversion

Tujuan utama pemanfaatan metode pemasaran iklan berbayar ini adalah untuk meningkatkan konversi pada website kamu. SEM memungkinkan kamu untuk membawa trafik yang telah tertarget demi meningkatkan jumlah pembelian karena strategi ini mengharuskan kamu menggunakan kata kunci 

Strategi ini tentu berbeda dengan SEO yang berusaha memposisikan website ke halaman pertama pencarian kata kunci tertentu agar dianggap oleh mesin pencarian sebagai website yang baik. 

2. Peningkatan Brand Awareness yang Efisien

Brand awareness sangatlah penting. Bila audiens kamu sadar akan keberadaan website atau usaha kamu, apapun yang kamu tawarkan bisa menerima perhatian yang lebih tinggi dan cepat. Alhasil, kemungkinan produk atau jasa kamu untuk dibeli akan lebih besar. SEM adalah metode pemasaran yang dapat membantu kamu dalam hal itu.

Pihak Google pun sudah memverifikasi bahwa SEM memungkinkan kamu untuk meningkatkan brand awareness 80% lebih tinggi daripada menerapkan strategi SEO atau semacamnya.  Walaupun iklan kamu tidak mendapat klik sekalipun. 

3. Penyesuaian Pengeluaran Biaya dengan Budget 

Berbeda dengan pemasaran tradisional, contoh search engine marketing memungkinkan kamu untuk menerawang biaya yang harus dikeluarkan. Kamu pun bisa menentukan waktu, daerah, serta audiens yang akan melihat iklan kamu. Jadi, pemasaran kamu menjadi lebih terarah walaupun harus membayar. 

Akan tetapi, kamu perlu mengingat bahwa anggaran besar bisa membantu kamu dalam mengalahkan kompetitor. 

4. Lebih Mudah Menjangkau Audiens Lokal

Dibandingkan dengan audiens luas, menjangkau mereka di lingkup yang lebih kecil, terarah, serta tertarget mampu membantu meningkatkan bisnis di website kamu. SEM bisa memfokuskan iklan pada audiens di sekitar daerah bisnis kamu sehingga usaha pemasaran lebih efektif dan efisien. 

Selain itu, metode pemasaran berbayar ini sering juga dikombinasikan dengan Google My Business. Fitur dari Google ini bisa membantu website atau bisnis kamu supaya lebih mudah ditemukan oleh audiens di sekitar area bisnis-mu. Jadi, mereka akan lebih mudah untuk berkunjung. 

Kombinasi keduanya ini pun telah terbukti dapat meningkatkan konversi dan brand awareness jauh lebih tinggi. 

5. Lebih Minim Biaya 

Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan SEM karena mekanisme pembayarannya yang memudahkan. Pemasangan iklan di halaman pertama mesin pencarian tidak mengharuskan kamu untuk membayar. Pembayaran hanya terjadi jika ada pengunjung yang melakukan klik. Skema ini dinamakan sebagai Cost per Click (CPC). 

Biaya per klik ini sangat cost efficient sehingga contoh strategi pemasaran iklan search engine marketing ini tidak memberatkan kamu dengan biasa besar seperti strategi marketing digital lainnya. 

Cara Membuat Strategi Search Engine Marketing agar Berhasil

Kemudahan SEM memang menggiurkan. Banyak pebisnis yang langsung mengiklankan bisnis ataupun website tanpa persiapan yang matang. Akibatnya, strategi pemasaran ini menjadi tidak efektif sebagaimana seharusnya. Padahal, SEM adalah metode tepat dan efektif jika dilakukan dengan benar. 

Berikut adalah dasar yang harus kamu terapkan dalam pembuatan strategi SEM yang baik dan benar. 

1. Riset Audiens dengan Teliti 

Usaha kamu dalam memasarkan bisnis ataupun website dengan metode SEM memang lebih ringin. Namun, iklan yang belum mempunyai target audiens yang jelas bisa menjadi tidak efektif. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan riset audiens potensial terlebih dahulu. 

Kamu bisa mencari tahu masalah yang mereka hadapi sehingga kamu bisa menyelaraskan solusi untuk mereka dengan layanan dalam bisnis kamu. 

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu lokasi, minat, umur, serta jenis kelamin audiens. Semua variabel ini akan membantu kamu mengerucutkan target sehingga kamu bisa menetapkan solusi tepat.

Selain itu, informasi ini bisa membantu kamu untuk mengembangkan produk atau layanan pada website sehingga sesuai dan bahkan memuaskan audiens potensial. Setelah menetapkan audiens sasaran, kamu selanjutnya perlu menentukan kata kunci pencarian yang relevan dengan bisnis kamu dan juga sering dicari. 

Dalam memasang iklan menggunakan strategi SEM, kamu tetap membutuhkan kata kunci atau keyword. Jika kata kunci sering user cari relevan dengan bisnis kamu, maka kesempatan iklan kamu untuk mendapat klik akan menjadi lebih besar. Nah, bagaimana cara menentukan keyword yang tepat?

Kamu bisa memulai membuat daftar keywords yang sering dicari dan menuliskan data secara rinci. Seperti terdapatnya kompetitor dan seberapa banyak audiens yang mencari dengan kata kunci terkait. 

2. Kombinasikan SEM dan SEO

Search engine marketing memang menarik untuk dicoba. Akan tetapi, SEM bisa menjadi kurang efektif tanpa ada kombinasi dari optimasi organik atau SEO. Ini karena audiens lebih percaya pada website atau bisnis yang muncul dari hasil SEO. 

Jadi, tahap pertama sebelum menggunakan SEM adalah dengan mengoptimasi website bisnis kamu dengan metode SEO. Kamu bisa mengisi website dengan konten-konten yang informatif dan relevan dengan produk atau layanan kamu. 

Kemudian, usahakan desain dari website juga user-friendly sehingga pengunjung nyaman mengeksplorasi apapun yang kamu tawarkan di dalamnya. Lalu, kamu juga perlu memberikan informasi tentang bisnis kamu agar website kamu mempunyai kredibilitas yang tinggi seperti memberikan visi misi bisnis dan latar belakang. 

Setelah website bisnis kamu bisa di-ranking oleh mesin pencarian, kamu bisa memanfaatkan keberadaan metode SEM untuk meningkatkan traffic dan engagement ke website kamu. 

Usahakan untuk tidak menghindari riset audiens dan kata kunci terlebih dahulu agar SEM bisa bekerja dengan efektif. Itulah contoh search engine marketing yang benar.

3. Update Informasi tentang Pasar

Dunia digital selalu berkembang setiap waktunya termasuk metode pemasaran search engine marketing. Akhir-akhir ini, pencarian kata kunci di mesin pencarian mulai beralih ke salah satu fitur baru, yaitu voice search. Fitur ini memungkinkan audiens untuk mencari sesuatu dengan memerintah menggunakan suara. 

Selain itu, Google juga sedang mengadakan perubahan tentang bagaimana mesin pencarian ini mengevaluasi website-website yang ada. Strategi kamu menjadi tidak menghasilkan apapun bila kamu tidak mengikuti perubahan ini. Oleh sebab itu, kamu perlu mengikuti update perkembangannya.

4. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media sangatlah populer. Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengeksplor informasi apapun di banyak platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube. Kamu bisa memanfaatkan fenomena ini dengan membagikan konten berkualitas dan relevan kepada audiens demi mengarahkan trafik ke website.

Jika engagement pada sosial media kamu tinggi, otomatis audiens akan berinteraksi dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan secara tidak langsung. Kesempatan kamu untuk mendapatkan pembelian dari audiens pun bisa menjadi lebih tinggi. Akan tetapi, kamu harus memastikan kata kunci di sosial media sesuai dengan iklan SEM.

Sudah Siap Menerapkan Search Engine Marketing?

Kemudahan search engine marketing sangat membantu dalam meningkatkan engagement dan traffic. Namun, strategi ini akan menjadi lebih efektif jika kamu mengkombinasikannya dengan SEO.


Temukan inspirasi lainnya seputar marketing, digital marketing, manajemen bisnis dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Jenis-jenis Kewirausahaan Ini Sebelum Memulainya!

Memiliki bisnis memang impian hampir semua orang. Namun tahukah kamu bahwa ada jenis-jenis kewirausahaan yang penting untuk diketahui? Selain membutuhkan skill, jiwa pantang menyerah, dan...

Pentingkah Membuat Jurnal Penghapusan Piutang dalam Perusahaan?

Dalam menjalankan bisnis, ilmu akuntansi merupakan fundamental yang perlu kamu ketahui bahkan kuasai. Banyak aspek dari ilmu tersebut yang akan membantu kamu menjalankan bisnis...

Pentingnya Tujuan Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing telah menjadi strategi pemasaran yang terkenal di masa kini. Banyak perusahaan memanfaatkan keuntungan yang diberikan dan berlomba-lomba dengan kompetitor untuk menjangkau lebih...

Pengertian Inventaris dan Manfaatnya dalam Mengelola Bisnis

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis, termasuk ketika melakukan pendataan inventaris. Hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Kamu mungkin...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!