WordPress vs Blogger, mana yang lebih bagus?

Perkembangan media sosial selama beberapa tahun terakhir memang berlangsung pesat. Namun, bukan berarti blog sudah ditinggalkan oleh netizen.

Hingga saat ini, blog masih digunakan oleh individu maupun brand besar untuk menyampaikan informasi maupun memuat konten kreatif yang menarik.

Kompetisi wordpress vs blogger pun masih mewarnai dunia digital.


Yuk, Kenalan Dulu dengan WordPress dan Blogger!

WordPress adalah platform open source yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog. Layanan yang disediakan WordPress terbagi menjadi dua jenis, yaitu WordPress.com untuk membuat blog gratis dan WordPress.org untuk membuat blog berbayar dengan opsi fitur yang lebih beragam dan lebih canggih.

Sementara itu, Blogger (juga dikenal dengan sebutan blogspot) adalah platform pembuatan blog yang dikembangkan oleh Google.

Orang-orang yang sudah memiliki akun Google biasanya menggunakan blogger untuk sarana blogging karena prosesnya lebih praktis.

Blogspot atau WordPress sama-sama menyediakan layanan gratis untuk membuat blog, tetapi keduanya


Apa Saja Perbedaan WordPress dan Blogspot?

Perbedaan Blogspot dan WordPress dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut ini:

Kepemilikan

Kalau Kamu sudah memiliki akun Google yang memori penyimpanannya belum melebihi 15 GB, maka Kamu bisa menggunakan blogger secara gratis.

Namun, Kamu tidak memiliki kontrol penuh terhadap blog yang Kamu buat di Blogger. Jika Kamu melanggar syarat dan ketentuan Blogspot, maka blog-mu bisa dihapus sewaktu-waktu.

Sementara itu, WordPress menyediakan dua pilihan kepemilikan, yaitu gratis dan berbayar. Layanan WordPress gratis akan dibarengi dengan kemunculan iklan dan Kamu pun tak bisa memasang adsense di blog.

Jika ingin leluasa karena memiliki kontrol penuh untuk mengelola blog, Kamu mesti membeli layanan hosting untuk menyimpan data-data blog.


Tampilan

Opsi tampilan yang disediakan Blogger terbilang terbatas. Kamu bisa mengubah tampilan dan warna melalui opsi yang telah disiapkan.

Namun, Kamu juga dapat membeli template Blogspot premium dari pihak ketiga. Biasanya template premium memiliki tampilan yang lebih menarik dan user friendly dibandingkan template default dari Blogger.

Berbeda dengan Blogger, WordPress menyediakan ribuan template dengan tampilan menarik sehingga Kamu bebas memilih sesuai selera.

Untuk mempermudah para penggunanya, WordPress mengelompokkan template dalam beberapa kategori, misalnya template untuk website berita atau blog personal.

Dari segi tampilan, pertandingan Blogger vs WordPress tentu dimenangkan oleh WordPress.


Performa Loading

Kecepatan loading Blogger memang tidak perlu diragukan lagi karena di-support penuh oleh Google.

Performa tersebut turut didukung tampilan Blogger yang lebih sederhana sehingga tidak butuh waktu lama untuk loading.

Berbeda dengan Blogger, performa WordPress sangat bergantung pada provider hosting yang digunakan.

Kalau Kamu membuat blog dengan WordPress, Kamu wajib memilih provider hosting berkualitas untuk mendukung performa dan proses loading blog.

Jangan sampai netizen malas mengakses blogmu hanya karena proses loadingnya terlalu lama.


Celah Keamanan

Untuk urusan celah keamanan, Blogger tentu sangat unggul karena sistem pengamanan ketat dari Google. Kendati demikian, pengaturan keamanan Blogger tidak dapat diubah sesuai kebutuhan karena bersifat tertutup (closed platform).

Lantas, bagaimana dengan WordPress?

WordPress kerap menjadi incaran pelaku cyber crime (hacker) karena konsepnya yang bersifat terbuka (open source). Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan memilih provider hosting yang menyediakan sistem keamanan canggih sehingga blogmu tidak bisa diretas hacker.


Kustomisasi

Blogspot dirancang khusus untuk semua kalangan pengguna sehingga perangkat kustomisasinya lebih terbatas.

Kalau Kamu termasuk Blogger pemula, Kamu dapat menggunakan Blogspot secara praktis dengan tampilan rapi tanpa harus melakukan kustomisasi tingkat lanjut.

Lain halnya dengan Blogger, WordPress justru membebaskan penggunanya untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan.

Ada ribuan tema dan plugin gratis maupun berbayar yang bisa Kamu pilih untuk menyempurnakan blogmu.

Proses instalasi tema dan pluginnya pun sangat praktis dan jumlahnya bebas Kamu tentukan sendiri.

Bahkan, Kamu bisa mengombinasikan penggunaan plugin gratis dan berbayar pada blogmu.


Monetisasi

Bila Kamu membuat blog untuk tujuan monetisasi, maka Kamu juga harus mencermati perbedaan Blogspot dan WordPress berdasarkan hal tersebut.

Blogspot terbilang lebih mudah karena sudah menyediakan HTML Java Script yang dapat mempermudah Kamu ketika memasang kode iklan.

Di sisi lain, poses monetisasi WordPress justru agak rumit karena Kamu harus mengubah domain menjadi Top Level Domain (TLD) lalu mengikuti petunjuk pemasangan iklan dengan seksama.


Jadi, Blogspot atau WordPress yang jadi pilihanmu?

Keduanya merupakan platform blog yang berkualitas dan memiliki keunggulan masing-masing.

Kamu mesti memilih secara cermat dan mempertimbangkan rencana jangka panjang. Bisnis online pun akan berlangsung lancar jika didukung keberadaan blog yang dikelola secara profesional.

Jika Kamu sedang menghadapi kendala bisnis lainnya berupa keterbatasan modal, jangan resah dulu, ya.

Sekarang, KoinWorks berkomitmen membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat Kamu manfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Bunga cicilan yang rendah antara 0,75% sampai 1,67%, proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin.

KoinBisnis membuatmu lebih leluasa mengembangkan potensi bisnis semaksimal mungkin. Perpaduan antara inovasi, kecanggihan teknologi, dan ketersediaan modal akan membuat bisnismu berkembang pesat.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.