8 Tema WordPress Gratis untuk Website Bisnis Kamu – WordPress merupakan platform pembuat website paling populer. Kamu bisa mengandalkan platform ini untuk membuat website bisnis kamu.

Ada ribuan tema WordPress yang dapat kamu gunakan secara gratis tetapi tidak semua cocok sebagai template website untuk bisnis.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum download tema WordPress seperti fungsi utama tema tersebut, rating dan jumlah pengguna, serta tema yang selalu update.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah kamu harus pastikan tema WordPress tersebut responsif.  Desain yang responsif dapat tampil dengan baik melalui semua jenis perangkat. Survei Statista pada Juli 2020 mencatat 70,1% masyarakat Indonesia menggunakan Smartphone.

Artinya ada banyak keuntungan jika kamu menggunakan tema WordPress yang responsif. Berikut tema WordPress gratis yang didesain responsif sehingga cocok untuk bisnis kamu.


1. Flash

Tema WordPress Gratis
Flash. (https://wordpress.org/themes/flash/)

Flash merupakan tema WordPress gratis yang responsif dan bisa kamu gunakan untuk semua jenis website.

Template ini salah satu tema terbaik untuk bisnis dan telah didownload sebanyak lebih dari 30.000 kali.

Versi gratis template ini menyediakan fitur integrasi dengan Flash Toolkit dan page builder SiteOrigin, sehingga lebih memudahkan kamu dalam membuat tampilan website yang user friendly.

Tema ini juga sudah didukung WooCommerce sehingga konten toko online kamu dapat ditampilkan dengan baik.

Baca juga: Mengenal WordPress Framework, dan Jenis Terbaiknya


2. Shapely

Shapely. (https://wordpress.org/themes/shapely/)

Shapely merupakan template yang memiliki fitur yang lengkap dan dapat kamu kustomisasi dengan mudah sesuai kebutuhan website kamu.

Kehadiran fitur widget yang beragam untuk home page bisa kamu pilih secara gratis sesuai keinginan seperti menambahkan informasi produk atau layanan, call-to-action, review dan testimoni pelanggan, dan masih banyak lagi.

Tema WordPress ini berjalan cukup baik dengan beberapa jenis plugin gratis & berbayar seperti Jetpack, WooCommerce, Contact Form 7, Yoast SEO, dan lainnya.

Baca juga: Cara Menambahkan Lokasi Usaha di Google Maps

Shapely juga dilengkapi dengan fitur responsif dan mobile-friendly sehingga sangat cocok sebagai tema website untuk toko online, landing page, maupun keperluan bisnis lainnya. Selain itu, tema WordPress gratis ini telah dioptimasi agar SEO friendly sehingga website kamu berkesempatan untuk bersaing di search engine.


3. Parallax One

Parallax. (https://wordpress.org/themes/parallax/)

Parallax cocok untuk kamu yang menyukai website dengan tampilan parallax. Kamu bisa membuat efek parallax dengan tampilan yang halus dengan teks maupun gambar dengan tema ini.

Tema WordPress gratis ini juga sudah dilengkapi fitur responsif dan mobile-friendly sehingga dapat tampil dengan baik pada semua jenis perangkat.

Pada halaman utama terdapat formulir kontak yang dapat memudahkan pengunjung website jika ingin menghubungi kamu.

Tema WordPress ini juga secara default sudah dilengkapi dengan format yang dapat kamu edit sesuai konten yang kamu inginkan. Fitur seperti menampilkan review dapat kamu tambahkan agar menambah kepercayaan pelanggan kamu.


4. Shopstore

Tema WordPress Gratis
Shopstore. (https://wordpress.org/themes/shopstore/)

Shopstore adalah tema WordPress gratis yang sangat cocok untuk kamu yang ingin membuka toko online.

Tema Shopstore sangat responsif yang membuat website kamu terlihat bagus di perangkat dan layar apapun.

Desain yang menarik dan tampilan produk yang mengesankan menjadikan template ini cocok untuk website toko online kamu.

Tema WordPress ini juga sudah terintegrasi dengan plugin WooCommerce yang merupakan platform online shop builder terbaik di dunia.

Sehingga kamu dapat membuat toko WordPress yang serbaguna dan dapat kamu sesuaikan dengan keperluan tokomu.


5. Virtue

Virtue. (https://wordpress.org/themes/virtue/)

Virtue merupakan tema WordPress yang didesain serbaguna sehingga cocok untuk bisnis, toko online, fortopolio, atau situs pribadi apapun. Tema ini telah di download oleh lebih dari 50,000 pengguna.

Kamu bisa download tema WordPress gratis ini untuk menggunakan fitur-fitur menariknya yang beragam sesuai keperluan bisnis kamu.

Virtue juga didesain sangat responsif dan ramah perangkat seluler. Tema WordPress ini memiliki panel opsi yang unggul dimana kamu dapat mengatur hal-hal seperti tata letak home, slider, font khusus, dan sepenuhnya menyesuaikan tampilan yang kamu atur tanpa harus menulis rangkaian CSS apapun.

Virtue juga memiliki integrasi Schema microdata yang sangat berguna untuk SEO kamu sehingga lebih ramah mesin pencari dan memudahkan website untuk naik peringkat.

Baca juga: Cara Upload Produk Tokopedia Pakai HP 


6. Builders Landing Page

Tema WordPress Gratis
Builders Landing Page. (https://wordpress.org/themes/builders-landing-page/)

Landing page memudahkan kamu mengumpulkan data subscriber, pelanggan, dan mendorong transaksi pada website.

Tema WordPress gratis ini membuat kamu tidak perlu memikirkan halaman baru dari awal untuk membuat landing page.

Template ini bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan subscriber atau pelanggan.

Template ini cocok untuk membuat landing page bisnis kamu. Tema ini menampilkan desain ramah seluler beserta tampilan yang menarik secara visual.

Tema WordPress gratis ini dikembangkan ramah SEO yang akan membantu peringkat website kamu tinggi pada halaman mesin pencari.


7.  Ultralight

Tema WordPress Gratis
Ultralight. (https://wordpress.org/themes/the-ultralight/)

Blog sangat penting untuk menjaring trafik pada bisnis kamu. Ultralight adalah tema WordPress gratis yang cocok untuk membuat blog dengan konten yang mengangkat bisnis kamu secara profesional.

Melalui blog kamu bisa mengajak pengunjung untuk subscribe dengan cara yang elegan.

Ultralight adalah tema WordPress yang ringan dan dioptimalkan untuk kecepatan penelusuran.

Kamu bisa download tema WordPress gratis ini jika menginginkan blog yang dioptimalkan ramah SEO agar mudah naik peringkat di hasil pencarian Google.

Template ini enak dipandang dan dibaca serta desainnya rapi dan fokus pada konten dengan font rapi dan skema warna yang halus. Selain itu, Ultralight juga kompatibel dengan ` WooCommerce.


8. Shuttle Business

Tema WordPress Gratis
Shuttle Business. (https://wordpress.org/themes/the-ultralight/)

Shuttle Business merupakan tema yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hal baik itu untuk tema blog maupun website profesional.

Tema WordPress gratis ini cocok untuk bisnis kamu, baik itu restoran, olahraga, medis, startup, perusahaan, toko online, portofolio, freelancer, agensi, dan sebagainya.

Download tema WordPress gratis ini dan gunakan untuk website bisnis kamu karena selain SEO friendly, tema WordPress ini didesain responsif, polylang, retina ready, juga sudah kompatibel dengan plugin marketplace seperti WooCommerce.


Demikianlah 8 rekomendasi tema wordpress yang cocok untuk bisnis. Adapun jika saat ini kamu terkendala modal untuk mengembangkan bisnis, KoinBisnis dari KoinWorks dapat membantu. KoinBisnis memiliki program pinjaman modal usaha tanpa agunan. Kamu dapat mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan bulanan yang kecil hanya 0,75-1,67% serta tenor cicilan antara 6-2 bulan sesuai kebutuhanmu.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.