Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara daftar GoFood untuk menjangkau lebih banyak konsumen?

Memang betul. beberapa tahun belakangan ini layanan pesan antar makanan secara online semakin populer di Indonesia.

Bahkan, layanan tersebut semakin diminati sejak pandemi melanda dunia karena mayoritas masyarakat lebih sering melakukan kegiatan #DiRumahAja.

Jika Kamu adalah seorang pebisnis kuliner, momentum ini merupakan kesempatan bagimu untuk daftar GoFood sehingga peluang peningkatan omzet semakin besar.

Tak masalah kalau Kamu belum mengetahui cara daftar GoFood karena ternyata prosesnya sangat mudah dan bisa dilakukan secara cepat.


Mengenal Beberapa Kelebihan GoFood

Cara Daftar GoFood
Sumber: Gizmology

Jika dibandingkan dengan GrabFood, GoFood terbilang lebih unggul karena beberapa hal berikut ini:

  • Pengguna aplikasi GoFood bisa melakukan eksplorasi terlebih dahulu berdasarkan jenis makanan, yang meliputi Beverages, Snack, Sweets, Rice, Chicken & Duck, Fast Food, Bakery, dan masih banyak lagi.
  • Pelanggan bisa order makanan di lebih dari satu tempat secara bersamaan. Orang-orang yang sering memesan banyak makanan dalam satu waktu biasanya lebih menyukai GoFood sehingga pebisnis kuliner turut diuntungkan dengan peluang order yang lebih besar.
  • GoFood juga kerap memberikan promo berupa potongan harga atau gratis ongkir. Sedangkan GrabFood juga memberikan diskon dengan syarat minimal pembelian tertentu.
  • Kini, GoFood mengelompokkan mitra bisnisnya berdasarkan beberapa kategori yang tidak terdapat pada GrabFood, yaitu Healthy Food, Ready to Cook, New This Week, dan Pickup (bisnis yang makanannya bisa segera diangkut pengemudi ojek karena sudah disiapkan).
  • Ada keterangan “your order might be delayed” yang bisa membuat pelanggan beralih memesan makanan lain jika tidak sabar menunggu.
  • Pebisnis kuliner berkesempatan mengikuti event offline Go-Food Festival berdasarkan domisili bisnis.

Kalau Kamu ingin segera mendaftarkan bisnis kuliner di GoFood, Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Menyiapkan Beberapa Dokumen Penting Terlebih Dahulu

Cara daftar mitra GoFood diawali dengan persiapan beberapa dokumen, yaitu:

  • Scan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Scan akta pendirian dan akta perubahan (jika ada).
  • Scan kartu identitas dan NPWP pemilik bisnis.
  • Scan informasi rekening yang akan digunakan serta identitas pemiliknya.
  • Selain itu, cara daftar GoFood juga harus dilengkapi dengan sejumlah informasi penting ini:
  • Data pribadi pemilik bisnis, meliputi nama, nomor HP, email, jenis dan nomor identitas (KTP, eKTP, atau paspor), dan scan kartu identitas.
  • Data penanggung jawab usaha dan penanggung jawab keuangan dengan rincian berupa nama penanggung jawab, nomor HP, dan email.
  • Data pembayaran, yaitu nama bank, nama pemilik rekening, dan nomor rekening.
  • Data outlet, yaitu nama outlet, kategori (restoran atau home industry), alamat lengkap dan lokasinya di peta, nomor HP outlet, dan email.

Mengakses Website GoFood

Sumber: Gojek

Jika Kamu sudah menyiapkan seluruh data dan dokumen yang dibutuhkan, selanjutnya Kamu bisa segera mengakses website GoFood dengan URL https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration

Kamu harus memilih satu dari dua pilihan yang ada, yaitu daftar akun Go-Food baru – perusahaan atau penambahan cabang baru. Proses registrasi ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi GoBiz versi 3.19 pada smartphone Android.


Mengisi Data-Data yang Dibutuhkan

Setelah mengakses website GoFood, Kamu tinggal menentukan pilihan lalu mengisi data-data yang dibutuhkan tim GoFood.

Proses ini harus dilakukan secara cermat supaya tak ada data yang keliru.

Kalau sudah mengisi semua data dengan benar, klik opsi “Saya Bukan Robot” lalu klik submit untuk mengirimkan seluruh data tersebut.


Melakukan Proses Verifikasi Email

Daftar Mitra GoFood
Sumber: Suara

Selanjutnya, Kamu tinggal menunggu email verifikasi yang dikirimkan tim GoFood. Biasanya email tersebut juga berisi panduan lengkap tentang proses registrasi GoFood yang harus kamu lengkapi jika lolos ke tahapan selanjutnya.

Kamu juga harus menyiapkan kelengkapan lainnya yang berhubungan dengan bisnis kulinermu, seperti nama menu makanan dan minuman, jam operasional bisnis, foto-foto menu, dan lainnya.


Menunggu Tahapan Verifikasi Terakhir

Cara Daftar GoFood
Sumber: Go-Bizz

Setelah memberikan semua data dan dokumen yang dibutuhkan, Kamu tinggal menunggu tahapan verifikasi terakhir dari tim GoFood.

Nantinya, Kamu harus menandatangani kontrak perjanjian elektronik dengan tim GoFood bila pendaftaran bisnis kulinermu disetujui.

Pada umumnya, cara daftar makanan di GoFood membutuhkan waktu satu hingga dua minggu sampai disetujui.

Supaya proses tersebut tidak memakan banyak waktu, pastikan semua gambar yang dilampirkan sudah benar dan berkualitas tinggi (tidak blur sehingga mudah dibaca).

Saat semua proses rampung, Kamu tinggal melakukan aktivasi akun GoBiz dan siap berbisnis bersama GoFood.

Cara daftar GoFood online yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkannya untuk meningkatkan omzet bisnis kuliner.

Selain mempelajari cara daftar Go-Food, Kamu juga harus sigap menyiapkan modal untuk mengembangkan bisnis. Masalah keterbatasan modal tak akan jadi penghalang lagi jika Kamu menggunakan layanan dari KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan persembahan KoinWorks yang bertujuan menyediakan pinjaman modal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Selain menyiapkan pinjaman untuk perusahaan, KoinBisnis juga bisa meminjamkan dana untuk perseorangan dengan syarat yang praktis.

Jumlah pembiayaan bisnis yang dapat Kamu peroleh mencapai 2 miliar rupiah dengan bunga cicilan rendah, yaitu berkisar antara 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Proses persetujuan kelayakan kredit berlangsung instan sehingga Kamu bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat.

Sistem penagihan pinjaman akan dilakukan tanpa mengganggu privasi dan keamanan datamu karena KoinBisnis telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.