Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini – Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan persaingan. Karakter yang kuat dapat membuat seseorang terus berada di atas.

Kerja keras disertai dengan karakter yang baik, membuat seorang wirausahawan dapat bertahan dalam kesuksesan. Makanya, karakter itu sangat penting untuk dibentuk. Sebab faktor kesuksesan dalam berbisnis tidak hanya dipengaruhi oleh modal, pemasaran, promosi, atau kharisma sang pemilik usaha, namun juga soal bagaimana karakter dari orang yang menjalankannya.

Baca Juga: 10 Contoh Perilaku Seorang Bos Sejati yang Patut Anda Miliki

Bagi Anda para entrepreneur, sudahkan Anda memiliki karakter yang baik dan kuat? Anda bisa menilainya sendiri dengan memperhatikan 12 contoh karakter seorang wirausahawan yang sukses berikut ini.

12 Karakter Wirausahawan Sukses yang Patut Anda Contoh

1Pemberani

Wirausahawan yang pemberani siap menghadapi tantangan. Dia cepat mengambil keputusan dan siap menghadapi segala resikonya. Dia juga tidak akan menyerah sebelum berjuang. Dia tetap optimis, meski banyak rintangan yang akan dihadapinya saat menjalankan bisnis.

2Percaya Diri

Wirausahawan yang percaya diri tidak akan merasa minder saat berhadapan dengan orang lain, terutama orang yang lebih sukses darinya. Dia yakin dengan kemampuannya dan tetap menjadi diri sendiri. Bahkan ketika sedang diremehkan, dia tetap yakin untuk melangkah sesuai dengan visi dan misinya.

Baca Juga: Menjadi Pemimpin yang Selalu Percaya Diri, Bagaimana Caranya?

3Disiplin

Wirausahawan yang disiplin mempunyai prinsip yang kuat dalam bekerja. Dia patuh pada peraturan dan selalu berupaya menjalankan bisnisnya sesuai dengan target. Dia selalu menghargai waktu dan konsisten mengerjakan tugasnya sesuai rencana. Kedisiplinan adalah tanda bahwa dia bekerja secara profesional.

4Tanggung Jawab

Wirausahawan yang bertanggung jawab akan menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulainya. Dia adalah orang yang dapat diandalkan. Mulai dari hal kecil hingga hal besar, dia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk segala hal yang dipercayakannya. Jika dia melakukan kesalahan atau kegagalan, dia tidak akan menuding orang lain. Tapi dia siap menghadapi resiko yang terjadi.

Baca Juga: 6 Mental Entrepreneur Sukses yang Harus Anda Miliki

5Rajin

Wirausahawan yang rajin selalu punya semangat untuk belajar dan bekerja setiap hari. Dia selalu tekun dan berupaya semaksimal mungkin dalam pekerjaannya. Dia bersungguh-sungguh dan berkomitmen penuh dalam menjalankan bisnisnya, bahkan disaat sedang berada pada titik terendah. Dia tidak akan menyerah, meski hasilnya belum kelihatan.

6Kreatif

Wirausahawan yang kreatif dapat menemukan ide-ide yang cemerlang. Dia tidak mau menjadi follower, tapi ingin menjadi yang terdepan dan berbeda. Dia suka berinovasi dalam menjalankan bisnisnya, sehingga bisnisnya dapat terus berkembang mengikuti perubahan zaman.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

7Sportif

Wirausahawan yang sportif menunjukkan sikap yang kesatria dan tidak takut menghadapi persaingan bisnis. Dia siap bersaing secara sehat dan adil dalam bekerja. Dia juga tidak akan menjelek-jelekkan orang lain dan tidak mau melakukan hal-hal yang tidak benar demi meraih kesuksesan.

8Lapang Dada

Wirausahawan yang lapang dada dapat menerima segala hal dengan ikhlas. Terutama saat sedang mengalami masa sulit, dia bisa sabar menghadapinya. Saat orang lain memberikan kritikan, dia dengan senang hati menerima setiap masukan. Bahkan saat pendapatnya tidak diterima, dia tidak marah-marah dan mengeluarkan caci-maki pada orang lain.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

9Jujur

Wirausahawan yang jujur membuat semua orang senang bekerja sama karena orangnya dapat dipercaya. Dia tidak akan berniat untuk merugikan konsumen, karyawan, dan rekan bisnisnya. Kejujuran ini membuat reputasinya bagus, sehingga citra bisnisnya ikut terangkat. Makanya, jujur sering disebut sebagai modal utama dalam berbisnis.

10Komunikatif

Wirausahawan yang komunikatif atau bersahabat menunjukkan sikap yang terbuka untuk berhubungan dengan orang lain. Dia dapat menjalin komunikasi yang baik dengan siapa saja. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesatuan tim dalam bekerja, saat memasarkan produknya kepada konsumen, dan saat menjalin relasi bisnis dengan pihak lain.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

11Mandiri

Wirausahawan yang mandiri siap bergantung pada dirinya sendiri. Dia punya kemampuan inisiatif dalam mengambil keputusan dengan cepat dan bertindak secara bertanggung jawab. Terutama bagi yang menjalankan usaha seorang diri, kemandirian harus dimiliki agar tidak mudah bergantung pada orang lain.

12Rendah Hati

Wirausahawan yang rendah hati mau mengakui keunggulan orang lain. Dia tidak segan mengapreasi pencapaian orang lain. Bahkan saat sedang di atas, dia tidak merasa sombong dan meremehkan orang lain. Ini membuatnya disukai dan disegani karena sikapnya membuat orang nyaman saat berada di sekitarnya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.