Mengenal Audience Dalam Bisnis Berikut Pengertiannya

466
audience adalah

Audience adalah – Berbicara soal memulai bisnis, menentukan target audience yang tepat adalah suatu keharusan. Pasalnya, tanpa menentukan siapa audiens kita akan sulit untuk membuat strategi marketing dan juga melakukan penjualan. Alhasil produk yang kita jual malah tidak dapat laku dengan maksimal lantaran tidak disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pembeli. Itu sebabnya penting untuk mengetahui tentang apa itu audiens.

Sebenarnya secara garis besar audience merupakan sekelompok pelanggan yang berpotensi untuk menjadi pembeli dan dapat membangun hubungan menguntungkan bagi sebuah bisnis. Itu sebabnya audience adalah salah satu kunci utama sebagai tolak ukur bisnis dalam menentukan strategi pemasaran. Sebenarnya ada beberapa macam karakter yang biasa menentukan audiens dalam bisnis, namun untuk pemula perlu untuk mengelan dasarnya. Agar lebih familiar lagi, di bawah ini kami bahas beberapa hal yang dapat membuatmu mengenal audiens lebih jauh. Simak bersama, ya!

Biasanya Relevan Dengan Produk       

Salah satu karakter audiens adalah biasanya relevan dengan produk. Dalam hal ini mereka dapat dikatakan menggambarkan produk yang dijual. Hal ini tak luput dari proses riset yang sebelumnya dilakukan oleh pelaku bisnis agar produk yang dijual dapat dipromosikan sesuai dengan targetnya. Sebagai contoh, ketika perusahaan susu hamil akan membuat digital campaign perlu dibuat pendekatan yang sesuai dengan audiensnya, yaitu para calon ibu. Untuk mengetahui apa saja hal yang mereka sukai, melakukan riset melalui sosial media dapat menjadi salah satu cara agar tidak salah dalam membuat promosi.

Dapat Dipahami Dari Lingkungan Sekitar

Selain dapat dipahami dari platform digital, memahami audiens juga bisa dilakukan dari lingkungan sekitar. Namun, hal ini hanya berlaku untuk bisnis dengan skala kecil. Sebagai contoh, jika kamu baru saja tertarik untuk memulai bisnis katering kantoran untuk rekan-rekan kerjamu di ruangan. Kamu perlu melakukan survey terlebih dahulu kira-kira menu apa saja yang menarik untuk mereka. Apakah menu makan siang sehat? Atau menu makanan simpel sehingga dapat dikonsumsi lebih hemat waktu. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah lagi untuk menenutkan dan memasarkan produk secara langsung nantinya.

Bisa Diadaptasi Dari Kompetitor

Satu lagi hal penting yang pelaku bisnis harus tahu tentang audiens. Salah satu karakter dari audiens adalah dapat memberikan inspirasi melalui proses analisa kompetitor. Pasti pernah mendengar tentang competitor research, bukan? Hal penting yang bisa kita dapatkan dari kegiatan tersebut adalah mengetahui cara terbaik untuk menjangkau audiens dan juga bagaimana cara memperlakukannya. Tujuannya tentu saja agar kita bisa menemukan formula terbaik dalam membuat strategi pemasaran. Untuk memulainya biasanya dapat dimulai dari mencari kompetitor dengan bisnis dan juga audiens yang sama denganmu, kemudian adaptasi. Jika campaign yang mereka lakukan terbukti bekerja nyata dengan audiens yang ada, hal ini bisa dijadikan inspirasi untuk strategi bagi audiens kita sendiri.

Tak kenal maka tak sayang dapat menjadi alasan untuk mengenal audiens, terlebih jika baru saja ingin memulai bisnis. Itulah beberapa karakter audiens yang dapat membuatmu lebih familiar lagi dengan mereka. Jika sudah terbayang seperti apa audiens itu dan kamu tertarik untuk memulai usaha, kamu bisa mengandalakan KoinWorks sebagai solusi permodalannya.

Di sini kamu bisa melakukan pinjaman modal usaha secara online, bahkan dengan limit hingga Rp 2 miliar. Dengan KoinBisnis kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Pastinya prosesnya pun aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Yuk, segara mulai bisnis impianmu!


Baca juga: