HomeManajemen BisnisKeuanganApa Itu BRILink? Berikut Cara Daftar, Jenis Layanan, dan Keuntungannya

Apa Itu BRILink? Berikut Cara Daftar, Jenis Layanan, dan Keuntungannya

Apakah kamu seorang nasabah yang punya rekening di Bank BRI? Apakah kamu tahu apa itu BRILink? Kegiatan transaksi ekonomi pada masa kini telah mengadopsi sistem keuangan digital, dimana semua pelayanannya memanfaatkan jaringan internet. 

Salah satu dari transaksi berbasis online itu ialah BRILink. Bagi kamu para nasabah BRI yang ingin tahu seperti apa layanan tersebut dan keuntungannya, pelajarilah artikel berikut ini.

Jika kamu belum handai dalam urusan online banking, kamu pasti bertanya apa itu BRILink? Jasa BRILink yang dirilis oleh Bank BRI ini ialah sebuah fitur baru dalam pelayanan nasabah BRI. 

Bank BRI, melalui layanan keuangan digital tersebut, akan menciptakan partnership dengan nasabah-nasabahnya dengan cara menjadikan para nasabah tersebut sebagai Agen BRILink. Agen-Agen perbankan ini bertugas membantu melayani transaksi bagi nasabah BRI lainnya secara langsung atau real-time secara daring.

Jasa ini menyediakan sebuah fitur bernama Electronic Data Capture (EDC) untuk melakukan transaksi non-tunai supaya nasabah tak usah repot-repot datang ke kantor cabang BRI untuk bertemu langsung dengan teller atau customer service

Fitur EDC ini menggunakan ATM Mini BRI yang dapat melakukan registrasi Online dan Mobile Banking, transfer uang dari dan ke rekening BRI atau bank lain, serta isi ulang pulsa.

Kendati demikian, fitur ini tidak serta-merta berjalan dengan sendirinya. Bank BRI membutuhkan bantuan Agen BRILink untuk dapat menjalankan fungsi BRILink dengan sempurna. Agen-agen ini adalah bagian dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) yang bekerja berdampingan dengan toko pulsa atau toko kelontong.

Tujuannya cukup sederhana; memudahkan rakyat dalam mengakses layanan bank, terutama mereka yang tinggal di daerah pelosok. Agen BRILink bekerja dengan konsep sharing fee, artinya mereka boleh memungut keuntungan kecil dari setiap transaksi yang nasabah BRI lakukan.

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak aktivitas ekonomi di masyarakat yang mengalami kerugian, bahkan sampai nyaris bangkrut. Banyak dari pelaku-pelaku usaha yang mengalami kesulitan itu yang bisnisnya berupa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

BRILink dan para Agennya dapat membantu masyarakat Indonesia untuk memulihkan ekonomi mereka agar kebangkrutan bisnis tak sampai meluas.

Bank BRI membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk ikut bergabung bersama layanan ini. Dengan menjadi Agen BRILink, kamu tak lagi harus sibuk memutar otak demi mendapatkan pendapatan ekstra. Kamu juga akan mendapatkan akses bertransaksi yang mudah dan cepat di tanpa perlu jauh-jauh mendatangi kantor bank.

Adapun macam-macam keuntungan yang bisa kamu terima dengan menjadi Agen BRILink berikut ini:

  • Pendampingan khusus dari tenaga pembina yang datang langsung dari Bank BRI; mereka sanggup menyiapkan hingga puluhan ribu tenaga pembina untuk melatih Agen BRILink yang datang dari seluruh wilayah Indonesia.
  • Untuk setiap transaksi yang berhasil Agen lakukan dengan nasabah, mereka berhak menerima sharing fee / bagi hasil transaksi yang bernilai kompetitif meski jumlahnya tak terlalu banyak.
  • Menyediakan fitur-fitur pelayanan yang lengkap dan terjangkau.
  • Khusus untuk para Agen BRILink Mobile, mereka tidak usah menyiapkan peralatan tambahan untuk aktivitas transaksi.
  • Para Agen memperoleh sejumlah asuransi dari Bank BRI, yang berfungsi melindungi Agen BRILink dari hal-hal seperti kecelakaan atau kebakaran tempat usaha (hanya jika tempat usaha itu sekaligus merangkap tempat tinggal Agen).

Banyak ya rupanya keuntungan yang diterima oleh Agen-Agen tersebut. Hanya saja, semua kemudahan dan asuransi itu hanya bisa didapat oleh mereka yang secara sah bekerja sebagai Agen BRILink.

Kamu tidak hanya perlu tahu apa itu BRILink. Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis layanan yang disediakan oleh jasa ini, agar nantinya kamu tidak kelabakan ingin menggunakan layanan apa untuk keperluan apa.

Berikut ini adalah macam-macam layanan yang mereka sediakan:

  • Transfer uang dari dan ke rekening sesama BRI,
  • Bisa juga transfer uang dari rekening BRI ke rekening bank yang berbeda,
  • Atau transfer uang dari rekening bank lain ke rekening BRI,
  • Menabung dan menarik tunai tanpa harus ke kantor cabang,
  • Membayar macam-macam hal (tagihan listrik, tagihan air, tagihan BPJS, belanja daring, pulsa, telepon, dll.),
  • Membaca info saldo,
  • Membayar dan menyimpan setoran pinjaman Top up BRIZZI dan tabungan emas Pegadaian.

Ingat, jasa BRILink adalah layanan transaksi daring, jadi kamu harus memastikan jika koneksi internet kamu lancar dan cepat. Pastikan kamu membaca keterangan pada setiap layanan yang ada agar kamu tidak salah mengklik ketika kamu bertransaksi.

Layanan BRILink dan segala fasilitasnya ternyata cukup menarik bagi para nasabah BRI, bukan? Tetapi kamu harus ingat, Bank BRI tidak menerima semua orang untuk menjadi Agen BRILink. Ada sejumlah persyaratan teknis yang harus kamu penuhi seperti berikut ini:

  • Calon Agen BRILink harus berkewarganegaraan Indonesia (WNI), dan mereka hanya bisa melamar secara individu, atau mereka bekerja dibawah instansi yang tidak berbadan hukum.
  • Wajib memiliki bisnis / badan usaha sekurang-kurangnya 2 tahun.
  • Calon Agen wajib memiliki rekening simpanan di Bank BRI yang berkartu kredit / debit. Bagi yang melamar jadi EDC harus sudah menyetor uang jaminan sebesar Rp 3 juta dan bersedia memblokir saldo tersebut selama menjadi Agen.
  • Calon Agen wajib menyertakan surat keterangan usaha yang diterbitkan paling tidak oleh kantor desa.
  • Calon Agen wajib tahu cara menggunakan smartphone android, dengan spesifikasi minimalnya OS 4.4 (model Kitkat bagi yang punya Iphone). Smartphone milik Agen harus dapat mengakses internet dan printer mobile. usahakan supaya bisa log in ke jaringan Wifi.
  • Para pelamar harus belum pernah bekerja sebagai agen dari Bank BRI selaku penyelenggara jasa Laku Pandai. Yang sudah pernah bekerja sebagai Agen BRILink tidak boleh melamar lagi.

Pastikan kamu sudah membaca dan memahami semua persyaratan yang wajib kamu penuhi untuk menjadi Agen BRILink. Berikutnya, kamu harus tahu macam-macam dokumen yang akan kamu serahkan ke pihak penyedia layanan untuk bisa menjadi Agen.

  • Nama / Identitas diri yang asli, tidak boleh menggunakan nama panggilan atau samaran,
  • KTP asli beserta fotokopi KTP calon Agen dan dokumen identitas si pemilik: KTP, dan dokumen NPWP bagi calon Agen yang memiliki badan usaha,
  • Dokumen legalitas usaha jika calon Agen memiliki badan usaha,
  • Surat keterangan usaha, dapat kamu minta dari ketua RT/RW. Untuk Agen berbadan usaha bisa menggantinya dengan SIUP, SITU, dan / atau TDP,
  • Akte pendirian badan usaha bagi yang memilikinya,
  • Buku rekening tabungan nasabah BRI dan fotokopinya,
  • Dokumen dan formulir pengajuan diri menjadi Agen,
  • Perjanjian kerja sama antara Agen BRILink dan Bank BRI.

Setelah semua dokumen dan persyaratan tersebut kamu penuhi, kini saatnya kamu siap melamar menjadi Agen BRILink. Berikut adalah tata caranya:

  1. Sebelum kamu mendatangi Bank BRI, persiapkan dulu semua syarat dan dokumen yang akan kamu tunjukkan ke pihak bank,
  2. Berikutnya, kamu harus datang langsung ke kantor cabang Bank BRI, usahakan kantor cabang yang paling dekat dengan rumah.
  3. Sesampainya di bank, temui customer service dan sebutkan keinginan kamu untuk menjadi Agen BRILink.
  4. Serahkan semua dokumen dan syarat-syarat yang pihak bank minta untuk verifikasi.
  5. Jika pihak BRI memverifikasi semua dokumen kamu, kamu akan terdaftar sebagai agen BRILink resmi dan bisa mulai bekerja.

Langkah-langkah tersebut harus kamu lakukan secara berurutan. Begini, kamu tidak boleh datang ke bank untuk melamar jadi Agen BRILink tetapi tidak membawa persyaratannya (maksudnya dokumen-dokumen legalitas yang diminta petugas bank malah kamu berikan sehari setelah mengajukan diri). 

Proses verifikasi yang petugas bank lakukan juga belum tentu cepat selesai, sehingga kamu perlu menunggu selama beberapa hari sebelum pengajukan kamu mendapat persetujuan dari pihak bank..

Kesimpulan

Setelah kamu membaca penjelasan panjang lebar tentang apa itu BRILink, jenis-jenis layanannya, dan perihal Agen BRILink serta cara melamar sebagai Agen dalam layanan tersebut, mari kita rangkum artikel ini.

BRILink ialah sebuah layanan berbasis daring dan real-time besutan Bank BRI. Layanan ini bertujuan untuk membantu masyarakat negara Indonesia untuk dapat bertransaksi secara non-tunai dengan mudah. 

Karena jasa ini menggunakan jaringan internet dalam kegiatannya, para nasabah tidak perlu datang langsung ke bank dan menemui teller, asalkan mereka dapat mengakses layanan tersebut lewat komputer atau telepon pintar. 

Jenis-jenis layanan yang tersedia di BRILink bisa berupa transfer uang dari dan ke rekening sesama BRI, transfer uang dari dan ke rekening bank yang berbeda (nasabah akan terkena biaya administrasi), serta menabung dan mengambil uang secara daring. 

Nasabah bisa pula mengakses BRILink untuk membayar hal-hal semacam tagihan listrik dan air, BPJS, juga untuk urusan belanja online.

Agen BRILink yaitu para nasabah Bank BRI yang mengajukan diri mereka sebagai partner BRI dalam kegiatan transaksi BRILink. Tugas mereka sebagai perpanjangan dari Bank BRI itu sendiri ialah untuk membantu mempermudah aktivitas ekonomi para nasabah dengan menggunakan layanan ini, yang sifatnya real-time dan online

Untuk mengajukan diri sebagai seorang Agen, para calon diwajibkan untuk memenuhi sejumlah kriteria seperti sudah memiliki bisnis sendiri maupun KTP Warga Negara Indonesia. 

Ada pula dokumen-dokumen penting yang perlu diserahkan kepada petugas bank seperti NPWP, dokumen legalitas usaha, dan formulir pengajuan diri.

Jika seseorang hendak menjadi Agen BRILink, mereka harus memenuhi semua persyaratan yang ada, lalu datang ke kantor cabang BRI untuk melamar menjadi Agen, dan kemudian menyerahkan semua persyaratan itu untuk bukti verifikasi. 

Keuntungan menjadi Agen tersebut antara lain mendapat pembinaan khusus oleh tim dari BRI dan bisa menerima sharing fee dari setiap transaksi dengan nasabah lain. Agen BRILink juga akan mendapat asuransi apabila mereka mengalami kerugian akibat kecelakaan atau kebakaran pada tempat usaha.Itulah pembahasan lengkap mengenai BRILink, beserta keuntungan dan cara menjadi agen BRILink. Bagaimana, apakah kamu siap untuk bertransaksi melalui layanan online ini? Untuk tahu lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi Bank BRI. Semoga artikel ini membantu!


Temukan berbagai informasi manajemen keuangan lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Cara Belanja di Shopee dengan Lengkap!

Cara Belanja di Shopee - Siapa yang tidak kenal Shopee? Marketplace yang tengah naik daun beberapa tahun terakhir ini menghiasi dunia belanja online. Bagaimana...

Cara Menjadi Agen Sicepat, Mudah dan Tanpa Ribet!

Cara menjadi agen sicepat cukuplah mudah. Bahkan, siapa saja bisa menjadi agen Sicepat dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku.  SiCepat merupakan penyedia layanan jasa...

Profesional adalah: Kompetensi, Pengertian dan cara mencapainya

Profesional adalah sebuah bekal yang seharusnya dimiliki oleh para pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Tanpa menjadi profesional tentu saja akan sulit untuk mencapai target yang...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!