HomeManajemen BisnisKepemimpinanProfesional adalah: Kompetensi, Pengertian dan cara mencapainya

Profesional adalah: Kompetensi, Pengertian dan cara mencapainya

Profesional adalah sebuah bekal yang seharusnya dimiliki oleh para pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Tanpa menjadi profesional tentu saja akan sulit untuk mencapai target yang sebelumnya telah ditetapkan dalam pekerjaan. Alasannya, profesional akan menuntut seseorang untuk fokus kepada pekerjaan yang sedang dilaksanakan. Hal ini tentu saja dapat membawa seseorang menuju kesuksesan, mengingat profesionalitas akan menuai kinerja yang baik sehingga usaha yang sedang dijalankan pun akan ikut terbawa ke target yang sudah ditentukan.

Pengertian Profesional

Dalam segi arti, profesional adalah seseorang yang ahli dalam bidangnya, namun ada juga yang memaknai profesional sebagai seseorang yang menawarkan jasa dan juga layanan sesuai dengan bidang untuk akhirnya menerima upah. Itu sebabnya profesional selalu berkaitan dengan kompetensi karena nantinya akan digunakan agar sukses dalam mecari mata pencaharian. Lalu, bagaimana cara mencapai profesionalitas agar dapat berkompeten di dunia kerja? Simak ulasannya di bawah ini!

Biasakan Disiplin Dengan Waktu

Pertama-tama cara agar kamu bisa menjadi profesional adalah dengan membiasakan diri agar disiplin dengan waktu. Dalam hal ini kamu bisa memulainya dengan menjadi tepat waktu terhadap jam kerja maupun tenggat pekerjaan. Tepati waktu tenggat yang sudah disepakati, terlebih jika kamu bekerja dengan tim.

Jika kamu dapat memberikan pekerjaanmu sesuai waktu yang sudah ditentukan, pastinya tim dan juga atasanmu akan lebih percaya terhadap dirimu. Maka, reputasimu akan baik dan tidak dapat dipungkiri kalau kamu akan sukses di bidang yang kamu jalankan.

Junjung Tinggi Nilai Kejujuran

Berikutnya hal yang bisa kamu lakukan agar lebih profesional adalah menjunjung tinggi nilai kejujuran. Hal ini juga penting untuk kamu lakukan agar dapat membangun kepercayaan, terlebih jika sedang bekerja di suatu perusahaan.

Jika kamu tidak menjujung tinggi nilai kejujuran dan tidak segan untuk berbohong, maka tidak menutup kemungkinan kalau tim dan juga atasanmu akan kehilangan kepercayaan kepadamu. Alhasil, kamu akan mendapat citra kurang baik yang berujung kehilangan kompetensi di mata perusahaan. Kamu pun akan lebih sulit lagi untuk menuju kesuksesan di bidang yang sedang kamu lakukan.

Tetap Fokus Pada Tujuan

Selanjutnya, jika kamu ingin membangun profesionalitas maka perlu untuk tetap fokus pada tujuan. Menjadi fokus juga merupakan hal dasar jika kamu mau mencapai pada titik profesional. Karena dengan menjadi fokus maka kamu akan lebih mudah lagi untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditetapkan. Selain itu, dengan fokus pada tujuan maka kamu akan lebih mudah untuk mengatur pola pikir pada saat bekerja untuk mengesampingkan urusan pribadi.

Nantinya hal ini akan sangat berguna untuk menunjang profesionalitasmu agar lebih cepat menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Jika pekerjaanmu sudah selesai, maka tidak akan menutup kemungkinan bagimu untuk menawarkan bantuan kepada rekan kerjamu yang nantinya juga akan membuat reputasimu terlihat baik.

Terus Mengembangkan Kemampuan

Kemampuan atau skill adalah hal yang tidak kalah penting dalam profesionalitas. Alasannya apalagi kalau bukan kemampuan sebagai bekal dalam terjun ke bidang profesional. Untuk itu, penting bagimu untuk terus mengasah kemampuan. Beberapa kemampuan yang perlu kamu asah agar terus berkembang secara profesional adalah komunikasi dan interaksi.

Tujuannya adalah agar kamu dapat menjalin hubungan profesional yang baik dengan rekan-rekan kerjamu. Tanpa komunikasi dan interaksi yang baik tentu sulit untuk bekerjasama atau sekedar berdiskusi ketika ada pekerjaan yang membutuhkan interaksi dalam tim. Oleh karena itu, pastikan kamu untuk selalu melatih keduanya agar dapat menjaga kompetensimu.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar bisa menjadi profesional. Jika dilakukan secara konsisten, pastinya hal ini akan menguntungkan karirmu di dunia kerja. Jika kamu ingin mencoba peluang usaha yang tidak kalah menguntungkan, KoinWorks siap untuk mendukungmu.


Melalui KoinBisnis kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usahamu yang limitnya sampai Rp 2 miliar. Bukan hanya itu, bunga cicilannya pun rendah sekitar 0.75% sampai 1.67% per bulan.

Caranya juga mudah, cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu dan daftarkan bisnismu secara online tanpa harus datang ke bank, kamu akan terintegrasi secara otomatis. Soal keamanan, tidak perlu khawatir karena KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selamat mencoba!

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...