HomeMemulai BisnisApa Itu Interpersonal Skill Beserta Manfaat dan Contohnya?

Apa Itu Interpersonal Skill Beserta Manfaat dan Contohnya?

Sebagai makhluk sosial, kita akan terus terlibat di dalam suatu aktivitas wajib bernama interaksi. Demi menciptakan kegiatan interaksi yang berkualitas, setidaknya kita perlu memahami satu jenis keterampilan, yaitu interpersonal skill. Sebenarnya, apa itu interpersonal skill?

Interpersonal skill adalah kemampuan yang kita perlukan dalam menjalankan hampir seluruh aspek kehidupan masa kini, baik di dunia kerja, pertemanan, kemasyarakatan, hingga lingkup keluarga. Tanpa kemampuan tersebut, kita tidak akan bisa membangun hubungan yang baik antar sesama manusia.

Singkatnya, jika kita ingin memiliki suatu hubungan yang berkualitas, kita perlu menguasai kemampuan interpersonal dengan baik dan menyeluruh. Sebelum menguasai skill tersebut, jangan lupa pelajari dahulu maksud, manfaat, dan contoh dari kemampuan interpersonal pada artikel ini.


Apa Itu Interpersonal Skill?

Pertama-tama, kata interpersonal sendiri tergabung dari dua buah kata berbeda, yakni “inter” dan “personal”. Inter berarti  di antara dua sesuatu (objek hidup maupun non-hidup) yang memiliki suatu interaksi tertentu. Sementara kata personal berarti sifat pribadi atau perorangan. 

Jadi, keterampilan interpersonal atau interpersonal skill artinya kemampuan setiap orang untuk dapat berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Maksud dari interaksi di sini tidak hanya sebatas berbicara saja. 

Seseorang dengan kemampuan interpersonal yang mumpuni juga bisa menjadi pendengar yang baik, mampu bekerja sama dalam tim, dan menyampaikan pendapat secara jelas. Selain itu, juga dapat membangun hubungan yang sehat antar sesama dan masih banyak lagi. 

Banyak yang berujar bahwa kemampuan interpersonal menjadi salah satu kunci sukses seseorang dalam meraih suatu tujuan.

Dari sini, kita perlu sadar bahwa kemampuan interpersonal merupakan satu hal penting yang perlu orang-orang kuasai agar bisa menjalankan seluruh rangkaian kehidupan dengan baik dan normal.

Dewasa ini, orang-orang sering mengaitkan kemampuan interpersonal dengan kehidupan di dunia bisnis maupun lingkup profesional lainnya. Padahal, keterampilan ini juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan aspek kehidupan lain di luar ranah profesional.


Pengertian Interpersonal Skill Menurut Para Ahli?

Secara teori definisi, para pakar telah menyampaikan beberapa pendapat mengenai pengertian kemampuan interpersonal. Beberapa pengertian tersebut antara lain:

1. Jerving

Menurut Jerving, interpersonal skill artinya kemampuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang efektif terhadap orang lain. 

Jadi, bisa kita bisa simpulkan bahwa memulai hubungan baru dengan orang lain belum cukup menjadikan diri kamu sebagai seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik. Jika belum mampu menjaga hubungan tersebut agar tetap berlangsung secara berkelanjutan.

Berkenalan dengan orang baru mungkin menjadi suatu perkara mudah bagi beberapa kalangan. Bahkan, kita juga kerap mendapatkan suatu keasyikan tersendiri saat berhasil menjalin suatu hubungan dengan orang-orang baru. 

Namun, perlu kita ingat bahwa hubungan tersebut tidak akan bertahan lama jika tidak kita pelihara dengan baik. Sayangnya, tak semua orang mampu menjaga dan mempertahan jalinan interaksi yang pernah mereka ciptakan saat pertama kali berjumpa. 

Bagi mereka yang mampu membangun serta menjaga tali silaturahmi dengan baik, bisa jadi ia sudah memiliki kemampuan interpersonal yang baik berdasarkan pengertian dari Jerving.

2. Spitzberg dan Cupach

Pengertian interpersonal skill menurut Spitzberg dan Cupach agak sedikit berbeda dengan definisi sebelumnya. Menurut mereka, kemampuan interpersonal merupakan keterampilan menciptakan komunikasi yang efektif dengan orang lain.

Sebagian besar aspek interaksi antar manusia memang didominasi oleh kemampuan berkomunikasi. Tak bisa kita pungkiri bahwa kemampuan komunikasi merupakan sesuatu yang harus setiap orang miliki demi terciptanya hubungan yang ideal antar sesama.

Dalam dunia kerja, komunikasi yang baik akan mendukung terjalinnya hubungan yang baik antar rekan kerja serta dapat menghindari kemungkinan kesalahpahaman yang dapat berakibat fatal.

Selain di dunia kerja, kemampuan komunikasi juga penting kita terapkan dalam kehidupan sosial. Bagaimanapun juga, kita tak akan bisa hidup dengan normal tanpa bantuan orang lain.

Jika kamu mampu melakukan komunikasi dengan baik dan efektif, itu tandanya kamu memiliki kemampuan interpersonal yang mumpuni berdasarkan definisi dari Spitzberg dan Cupach.

3. Menurut Bierman dan Suchy

Bierman dan Suchy juga memiliki pendapat tersendiri dalam memaknai apa itu interpersonal skill. Menurut mereka, kemampuan interpersonal merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupan.

Kedengarannya memang terbilang sangat umum. Meski begitu, kemampuan interaksi memang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam meraih cita-citanya di masa depan.

Di sini, makna interaksi mungkin bisa jauh lebih luas, yakni merupakan gabungan antara kemampuan membangun hubungan baru dengan orang lain dan mempertahankan kualitas hubungan. Selain itu, juga kemampuan komunikasi yang luar biasa dan aspek interaksi efektif lainnya.

Selama kita mampu menyampaikan dan menerima informasi dengan baik, maka hubungan kita dengan pihak tersebut juga akan berjalan baik dan berkualitas. Jika kita berhasil memiliki suatu hubungan yang berkualitas, maka kesuksesan akan jauh lebih mudah untuk kita raih.


Contoh Interpersonal Skill

Sebelum mengasah kemampuan interpersonal yang ada dalam dirimu, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu contoh interpersonal skill untuk mencari tahu hal yang perlu kamu perbaiki. Berikut adalah contoh kemampuan interpersonal dalam kehidupan manusia yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Kemampuan Komunikasi Secara Efektif

Sebagai bagian dari kegiatan interaksi, komunikasi tergolong sebagai salah satu contoh interpersonal skill. Orang-orang dengan kemampuan interpersonal yang baik adalah mereka yang mampu mengutarakan ide, pendapat, dan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh pihak lawan bicara.

Meski begitu, komunikasi yang efektif dan berkualitas tidak selalu memutar pada aspek penyampaian informasi secara verbal saja. Pihak penyampai informasi juga perlu menunjukkan hal spesifik lain dengan jelas, seperti aspek intonasi suara, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan pemilihan kata-kata yang hendak kita ucapkan.

Keseluruhan aspek tersebut dapat mempengaruhi bagaimana kesan dan ‘suara’ pesan kita saat diterima oleh pihak lawan bicara. Informasi yang kita sampaikan melalui SMS, email, hingga kolom komentar sosial media sangat mencerminkan bagaimana kualitas komunikasi atau interpersonal skill kita dengan orang lain.

Karena itu, setiap orang perlu berlatih cara menyampaikan pesan dengan efektif, memilih kata-kata yang benar, serta menggunakan kalimat secara singkat tapi tetap jelas.

2.  Kemampuan Mendengarkan

Pada kenyataannya, komunikasi tidak akan berlangsung dengan mulus jika tidak ada pendengar yang baik. Supaya kamu bisa menjadi seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik, kamu perlu berperan sebagai pembicara sekaligus pendengar yang profesional.

Bagaimanapun juga, seorang pembicara pasti membutuhkan pihak yang bisa mendengar ucapan mereka dengan baik. Sebagaimana pendengar yang juga memerlukan sosok pembicara yang mampu menyampaikan informasi dengan baik pula.

Contoh interpersonal skill kali ini tidak sesederhana membuka telinga lebar-lebar hanya untuk mendengar kata demi kata secara auditori. 

Kalau urusan membuka telinga, orang-orang dengan indera pendengaran yang baik sudah pasti bisa mendengar apapun yang kamu katakan meski posisinya bukan sebagai lawan bicara.

Intinya, seorang pendengar yang baik perlu bisa menangkap dan mengambil intisari pesan dari sebuah percakapan dengan jelas. Sehingga, pihak pendengar akan mendapat kesimpulan informasi dengan tepat sesuai dengan fakta yang ada.

Meski kelihatannya sepele, tidak semua orang memiliki kemampuan mendengarkan informasi dengan baik. Karena ada sebagian orang dengan kemampuan mendengarkan yang rendah akan kesulitan menyimpulkan informasi dari sebuah pesan atau percakapan.

3. Kemampuan Empati dan Menguasai Informasi

Pada dasarnya, orang yang mampu menguasai informasi adalah orang yang akan menguasai sumber daya. Itulah mengapa, orang-orang yang mampu menguasai informasi cenderung memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih sebuah kesuksesan. 

Maka tak heran jika aspek ini menjadi salah satu dari contoh interpersonal skill yang perlu kamu kuasai. Sebab, aspek ini akan menjadi bekal yang penting dalam melakukan setiap kegiatan interaksi, seperti halnya komunikasi.

Pasalnya, orang-orang yang mampu menguasai informasi adalah mereka yang juga memiliki kemampuan dalam memahami suatu pesan, makna, perintah, hingga kebutuhan orang lain.

Selain itu, mereka yang mampu menganalisis informasi dengan baik juga bisa memahami intisari pesan dengan cepat agar bisa lekas bertindak dengan tepat. Semakin lihai kita mengolah suatu informasi, maka akan semakin relevan juga kesimpulan yang kita hasilkan berdasarkan keadaan yang sedang terjadi.

Memang, untuk bisa menguasai kemampuan interpersonal ini terbilang tidak mudah bagi beberapa orang. Namun, kamu tetap bisa memoles kemampuan tersebut dengan berusaha mendengar dan memahami lebih banyak informasi.

4. Memelihara Hubungan Baik dengan Orang Lain

Kemampuan menjaga jalinan hubungan yang baik dengan orang lain juga menjadi salah satu contoh interpersonal skill yang perlu kamu kuasai. 

Bisa dibilang, kemampuan ini merupakan gabungan dari tiga contoh kemampuan interpersonal sebelumnya yang sekaligus menjadi kebutuhan dasar dalam menjaga keutuhan suatu hubungan.

Memiliki hubungan yang sehat, erat, dan berkualitas menjadi suatu kebutuhan yang penting baik di dalam dunia profesional (pekerjaan dan bisnis) maupun di ranah kehidupan sosial.

Jika kamu mampu menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, secara otomatis kamu dapat membangun jaringan pertemanan secara luas dan berkualitas. Sehingga, secara tidak langsung hal ini juga akan mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam meraih suatu tujuan di segala bidang kehidupan.


Manfaat Interpersonal Skill dalam Bisnis

Orang dengan kemampuan interpersonal yang baik akan memiliki privilege atau kemudahan akses untuk memasuki dunia kesuksesan. Selain itu, kemampuan interpersonal juga dapat memberikan beberapa manfaat penting bagi keberlangsungan bisnis, seperti berikut ini:

  • Membuka peluang yang lebih luas dalam upaya pengembangan bisnis.
  • Menciptakan kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis di mata orang lain.
  • Membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, klien, maupun atasan di tempat kerja.
  • Memperluas kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin.
  • Dapat membina hubungan baik dengan segala pihak yang berhubungan dengan bisnis.

Sudah Siap Untuk Mengasah Interpersonal Skill Kamu?

Sebagaimana penjelasan di atas, interpersonal skill adalah suatu kemampuan melakukan interaksi yang efektif dengan orang lain. Aspek interaksi di sini meliputi kemampuan berbicara (komunikasi), mendengarkan, empati, menguasai informasi, hingga mempertahankan hubungan baik dengan antar sesama manusia.

Kemampuan interpersonal merupakan salah satu jenis skill yang bisa kamu pelajari. Jika kamu merasa belum mampu membangun interpersonal yang mumpuni, masih ada kesempatan untuk memperbaiki kemampuan tersebut agar bisa berubah menjadi lebih baik.


Temukan berbagai informasi seputar tips memulai bisnis lainnya hanya di EntrepreneurCamp.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!